Indonetwork, Otomotif – Kecepatan yang dihasilkan pada kendaraan motor bukan berasal dari gas, melainkan dari gearbox. Fungsi gearbox motor ini yaitu untuk mengatur laju kendaraan ketika digunakan.

Terdapat banyak komponen yang ada di dalam gearbox untuk mendukung kinerja motor hingga berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Bisa Anda bayangkan jika pada kendaraan motor tidak ada gearbox, maka laju kendaraan tidak bisa Anda atur.

Karena peranannya sangat penting, banyak perusahaan yang jual gearbox motor di Indonesia. Apalagi gearbox ini penggunaannya tidak hanya sebatas pada motor saja, namun juga untuk mesin lain yang menghasilkan tenaga dari dinamo atau mesin diesel.

Fungsi Gearbox Motor

Gearbox Motor

Gearbox juga sering disebut dengan Speed Reducer karena komponen ini dapat kita pakai untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Pada motor, komponen gearbox ini juga sering disebut dengan istilah transmisi manual.

Keberadaan gearbox bisa menciptakan sistem pemindah tenaga dari daya mesin ke bagian mesin lainnya. Selain itu juga dapat menyesuaikan torsi dari motor ketika sedang berputar.

Lantas seperti apa fungsi gearbox motor yang lainnya? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Menyalurkan Tenaga di Mesin Kendaraan

Fungsi utama dari gearbox ini yaitu untuk memindahkan daya atau tenaga yang sudah dihasilkan mesin. Hasil dari pemindahan tersebut yaitu akan munculnya pergerakan atau pergeseran. Akibatnya sepeda motor dapat Anda pakai dan bisa bergerak.

Pemindahan tenaga dilakukan dari ruang mesin ke bagian roda yang terhubung melalui komponen rantai. Sementara pada motor matic, tenaga ini akan disalurkan melalui vanbelt. Dengan begitu kedua roda motornya akan berputar.

Ketika Anda mengoper gear, maka gearbox motor akan bekerja untuk mempercepat atau menurunkan laju kendaraannya. Jadi pada kendaraan motor, peranan gearbox ini sangat penting dan tidak bisa diremehkan begitu saja.

2. Menyesuaikan Daya yang Dihasilkan Mesin

Fungsi gearbox motor yang lainnya adalah menyesuaikan daya yang dihasilkan oleh mesin. Ketika Anda menambahkan gigi atau menurunkan gigi pada motor, maka gearbox akan menyesuaikan daya yang sudah dihasilkan oleh mesin.

Oleh sebab itulah kenapa setiap kendaraan itu mempunyai gigi yang memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Anda dapat menyesuaikan kecepatan kendaran dengan cara mengoper gigi yang diiringi dengan gas.

Kecepatan motor akan berubah sesuai dengan tingkatan gigi yang Anda masukkan. Lalu bagaimana dengan motor matic yang hanya mengandalkan gas dan rem saja, tanpa gigi?

Motor gigi juga mempunyai komponen gearbox, tapi penggunaannya tidak Anda rasakan. Anda bisa merasakan perpindahan kecepatan ini ketika mempercepat laju kendaraannya, lalu menurunkannya.

Hanya saja pada motor matic ini perpindahannya tidak begitu jelas seperti pada motor bergigi. Perpindahan gigi ini akan terjadi secara halus.

Baca juga: Perbedaan Mur Dan Baut Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

3. Mengubah Daya Motor Menjadi Besar

Selain kedua fungsi di atas, fungsi gearbox motor yang lainnya adalah mengubah daya motor menjadi daya yang lebih besar. Jadi tenaga mesin akan berubah menjadi lebih besar seiring dengan kecepatan kendaraannya. Tenaga mesin akan semakin besar jika kecepatan motor juga cepat.

Selain itu, fungsi lainnya dari gearbox ini adalah untuk mengatur kecepatan gerak dari torsi sekaligus dengan proses balik putarannya. Gearbox juga berperan untuk menyediakan rasio gigi di sepeda motor yang punya beban sesuai dengan dayanya.

Beli Gearbox Motor Di Motoren Teknik Indonesia

Untuk Anda yang ingin mendapatkan gearbox motor dengan harga yang sangat terjangkau bisa membelinya di PT. Motoren Teknik Indonesia. Tidak hanya jual gear box motor, perusahaan ini jual vibrator motor dengan kualitas terbaik.

Itulah beberapa fungsi gearbox motor yang perlu Anda ketahui. Kalau Anda adalah pengguna motor matic, fungsi dari gearbox motor ini tidak akan benar-benar terasa secara signifikan. Namun pada motor bergigi, gearbox punya peranan yang sangat besar.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks