Indonetwork, Bahan Bangunan – Penyebab septic tank cepat penuh biasanya dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya membuang benda yang tidak dapat terurai, seperti tisu basah, pembalut, plastik, dan benda lain yang tidak dapat terurai dapat menyumbat saluran septic tank dan mempercepat proses pengisian. Hal ini tentu menimbulkan berbagai masalah, salah satunya bau yang tidak sedap menguap.

Selain melakukan perawatan rutin, hal ini bisa diatasi dengan membuat septic tank anti penuh. Lantas bagaimana cara membuat septic tank anti penuh? Begini penjelasannya.

Cara membuat septic tank anti penuh

Septic Tank
Sumber: Freepik

Septic tank anti penuh adalah sistem pengolahan limbah rumah tangga yang dirancang agar tidak mudah penuh dan dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa cara membuat septic tank anti penuh:

1. Desain

  • Gunakan dua chamber: Septic tank dengan dua chamber lebih efektif dalam menguraikan limbah dan mencegah lumpur dan kotoran menumpuk di chamber pertama.
  • Buat lubang resapan: Lubang resapan dapat membantu mengalirkan air dari septic tank ke tanah, sehingga mengurangi volume air dalam septic tank.
  • Pasang filter bio: Filter bio dapat membantu menyaring dan menguraikan limbah sebelum memasuki chamber kedua.

2. Material

  • Gunakan bahan yang kuat dan tahan lama: Gunakan beton bertulang atau bata merah untuk membangun septic tank agar tahan lama dan tidak mudah bocor.
  • Pastikan sambungan pipa rapat: Pastikan semua sambungan pipa rapat untuk mencegah kebocoran.
    Tips agar septic tank tidak cepat penuh

Tips Agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh

Berikut ini beberapa tips agar septic tank tidak cepat penuh:

1. Cek septic tank secara rutin

Selalu periksa tangki septik Anda secara rutin. Jangan sampai ada masalah yang tiba-tiba muncul tanpa Anda sadari. Biasanya, dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda bisa tahu ada masalah kecil apa yang muncul dan memperbaikinya sebelum jadi masalah besar. Untuk tangki septik di rumah biasa, coba lakukan pemeriksaan setiap 3 tahun sekali.

2. Hindari Pembuangan Bahan Tidak Larut

Hal yang harus diperhatikan adalah pentingnya tidak memasukkan bahan-bahan ke dalam septic tank yang sulit diuraikan oleh bakteri yang bertanggung jawab untuk mengurai limbah di dalam tangki tersebut. Contohnya, hindari pembuangan minyak, lemak, tisu basah, dan bahan kimia berbahaya.

3. Batas Penggunaan Produk Kimia

Gunakan produk pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia keras. Bahan kimia yang terlalu kuat dapat membunuh bakteri pengurai limbah di dalam septic tank.

4. Hindari pembuangan bahan padat

Jangan buang sisa makanan ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Bahan-bahan organik ini memerlukan waktu lama untuk diurai oleh bakteri dan dapat menyebabkan penumpukan limbah di dalam septic tank.

Selain itu jangan memasukkan barang-barang non-organik atau sulit diurai, seperti plastik, kaca, atau logam ke dalam saluran pembuangan. Bahan-bahan ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai limbah dan dapat merusak sistem septik.

Baca Juga: Tips Membeli Septic Tank Biotech Ramah Lingkungan

Desain septic tank anti penuh

Desain septic tank anti penuh
Sumber: Google

Ada beberapa desain septic tank anti penuh, antara lain:

Septic tank dua chamber

Desain ini memiliki dua ruang, yaitu ruang pertama untuk pengendapan lumpur dan ruang kedua untuk pengolahan anaerobik. Lumpur yang mengendap di ruang pertama secara berkala disedot keluar, sedangkan air limbah yang telah diolah di ruang kedua dialirkan ke lubang resapan atau badan air

Septic tank biofilter

Septic tank biofilter adalah sistem pengolahan limbah yang menggabungkan fungsi septic tank dan biofilter untuk membersihkan air limbah sebelum dibuang ke lingkungan. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan penguraian limbah dan mengurangi tingkat pencemaran sebelum air limbah mencapai tanah atau sumber air yang lebih besar.

Desain ini menggunakan media filter bio untuk mengolah air limbah. Media filter bio dapat berupa batu, kerikil, atau bahan sintetis. Air limbah yang mengalir melalui media filter bio akan dibersihkan oleh bakteri yang tumbuh di permukaan media.

Septic tank dengan lubang resapan

Septic tank dengan lubang resapan adalah sistem pengolahan limbah yang terdiri dari dua komponen utama: septic tank dan lubang resapan atau sumur resapan. Sistem ini dirancang untuk mengolah limbah domestik dari rumah tangga sebelum dibuang ke tanah.

Desain ini dilengkapi dengan lubang resapan untuk mengalirkan air limbah yang telah diolah ke tanah. Lubang resapan membantu mengurangi volume air limbah yang masuk ke septic tank, sehingga memperlambat proses pengisian.

Septic tank komposting

Septic tank komposting adalah jenis sistem pengolahan limbah yang menggabungkan prinsip-prinsip dari septic tank dan komposter. Sistem ini dirancang untuk mengolah limbah domestik secara alami dan menghasilkan hasil akhir yang lebih ramah lingkungan.

Desain ini menggunakan proses komposting untuk mengolah limbah padat. Limbah padat diubah menjadi kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk.

Mirip dengan septic tank konvensional, septic tank komposting memiliki tangki penyaringan awal. Namun, perbedaannya terletak pada fokus pada penguraian limbah secara alami menggunakan proses komposting di dalam tangki.

Baca Juga: 6 Cara Memasang Septic Tank Biotech Yang Benar

Demikian uraian mengenai cara membuat septic tank anti penuh dan berbagai perawatannya. Perawatan septic tank adalah kunci untuk memastikan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang panjang.
Jadwalkan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin oleh profesional septic tank. Biasanya, pengosongan septic tank perlu dilakukan setiap 3-5 tahun, tergantung pada ukuran tangki dan jumlah penghuni rumah.

Selain itu gunakan toilet hanya untuk pembuangan air kencing dan kotoran. Hindari membuang benda-benda yang tidak dapat diurai oleh bakteri, seperti pembalut, tisu basah, dan produk lainnya.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks