Indonetwork, BisnisTidak asing dengan WhatsApp Bisnis? Ya benar, WhatsApp Bisnis pada dasarnya merupakan aplikasi pesan singkat (chat) WhatsApp yang memiliki fungsi tambahan bagi para pebisnis. WhatsApp Bisnis ini dirilis pada tahun 2018 oleh WhatsApp dan cara menggunakannya pun cukup mudah.

Aplikasi wa bisnis sangat membantu para pebisnis maupun pembeli untuk memudahkan komunikasi saat ingin bertransaksi. Lalu bagaimana dengan cara membuatnya? Apa saja fitur-fitur WhatsApp Bisnis yang bisa dimanfaatkan? 

Nah, pada artikel ini kami akan membahasnya satu-persatu mengenai WhatsApp Bisnis. Simak hingga akhir!

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

cara buat WA bisnis
Sumber: CNN Indonesia

WhatsApp Bisnis adalah sebuah aplikasi gratis yang ditujukan bagi para pebisnis kecil, pengusaha, atau seperti pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

WA bisnis banyak menyediakan fitur-fitur tambahan yang bisa memudahkan para pebisnis untuk bisa berkomunikasi dan bertransaksi dengan pelanggan. Sebagai pebisnis, Anda bisa membalas pesan dari pelanggan secara otomatis, sortir pesan dan membalas pertanyaan pelanggan dengan sangat cepat.

Cara buat Akun WhatsApp WA Bisnis

cara buat WA bisnis
Sumber: Liputan6

WhatsApp Bisnis tentunya berbeda dengan WhatsApp biasa. Perbedaannya dapat dilihat dari fitur-fitur yang disediakan. WhatsApp Bisnis memiliki lebih banyak untuk fitur-fitur tambahan yang dapat memudahkan para pebisnis.

Lalu, bagaimana cara buat WA bisnis? Berikut adalah cara untuk membuat akun bisnis WA.

  1. Langkah pertama, Anda perlu mendownload aplikasi WhatsApp Bisnis terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya Anda bisa melalui Google Play Store maupun App Store. WhatsApp business memiliki logo “B” di tengah-tengah ikon WhatsApp.
  2. Jika aplikasi WhatsApp Bisnis sudah diunduh, bacalah ketentuan dari layanan WhatsApp Bisnis hingga akhir, setelah itu klik Setuju dan Lanjutkan.
  3. Mulai lakukan pendaftaran dengan memilih negara untuk menambahkan kode nomor telepon negara. Lalu, masukkanlah nomor telepon Anda dan klik Selesai lalu klik Ok.
  4. Jika sudah mendaftarkan nomor telepon, Anda akan mendapatkan kode pendaftaran berjumlah 6 digit melewati SMS. Lalu masukkanlah Kode pendaftaran tersebut.
  5. Anda akan diminta untuk memberi izin akses ke kontak dan foto agar Anda dapat mengirim foto, video, ataupun file dari telepon Anda.
  6. Buatlah akun WhatsApp Bisnis Anda dengan memasukkan Nama Bisnis dan masukan Kategori Bisnis yang ingin Anda jalankan. Jangan lupa untuk memasang foto profil di WhatsApp Bisnis Anda dengan logo bisnis yang Anda miliki.
  7. Untuk membuat profil bisnis, lakukan dengan klik Jelajahi dan setelah itu klik  Profil Bisnis. Di bagian profil bisnis ini Anda bisa menambahkan deskripsi bisnis lebih lengkap agar terlihat lebih menarik. mulai dari cantumkan alamat, profil bisnis hingga sampai jam kerja yang Anda inginkan.
  8. Anda juga dapat menambahkan produk-produk terkait pada katalog. Pastikan mengisi katalog dengan lengkap untuk memudahkan pelanggan melihat produk Anda.
  9. Jika sudah Anda lakukan semua, Anda sudah mulai bisa menggunakan WhatsApp Bisnis tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Wa Bisnis? Ini Perbedaannya Dengan Whatsapp Biasa

Fitur – Fitur WhatsApp Bisnis

wa bisnis pesan terjadwal
Sumber: Meta

Meski kegunaanya sama-sama berupa aplikasi chat, WhatsApp bisnis dan WhatsApp messenger tidaklah sama persis. Ada sejumlah fitur yang membedakannya dan bertujuan untuk membuat profil bisnis Anda jauh lebih menarik. 

Inilah fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp Bisnis!

1. Fitur Pesan Otomatis

Menyediakan 3 jenis fitur balas otomatis, yaitu:

  • Away Message
    Sebuah fitur balas pesan secara otomatis jika ada pesan masuk tepat diluar jam kerja. Nah, Anda bisa membuat balasan pesan otomatis sesuai pada preferensi Anda.
  • Greeting Message
    Greeting Message ini digunakan untuk fitur pesan otomatis yang dapat Anda kirim jika pelanggan pertama kali menghubungi bisnis Anda.
  • Quick Replies
    Anda dapat membuat beberapa pesan balasan yang Anda inginkan berdasarkan FAQ atau hal yang banyak ditanyakan oleh pelanggan. Ketika mendapatkan pesan baru, Anda hanya perlu mengetikkan simbol “/”, maka secara otomatis akan muncul pesan otomatis yang sudah Anda buat.

2. Fitur Katalog

Fitur katalog ini berfungsi untuk menampilkan daftar-daftar produk yang Anda masukkan dalam profil Anda. Berfungsi sebagai etalase produk – produk yang bisa dilihat oleh pelanggan saat mengunjungi profil Anda. 

Tidak hanya melihat tampilan foto produk saja, pelanggan juga dapat melihat detail deskripsi dan harga pada produk.

Cara menggunakan fitur katalog WA bisnis adalah dengan membuka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

Setelah itu Anda hanya perlu menambahkan foto produk, keterangan atau deskripsi, dan mencantumkan harga. Anda juga bisa menambahkan link yang terkait dengan produk. Fitur katalog ini dapat menampilkan foto produk hingga 500 foto.

3. Statistik Pesan 

Pada WhatsApp Bisnis, Anda dapat melihat statistik pesan yang sudah terkirim, diterima, dan sudah dibaca. Fitur ini sangat membantu sekali bagi Anda untuk melihat dan mengevaluasi pesan mana saja yang terbilang efektif.

Cara untuk dapat memeriksa statistik Anda, yaitu dapat membuka menu Tampilan menu >  Setelan > Setelan Bisnis > Statistik.

4. Kategori Bisnis

Dengan adanya kategori bisnis ini akan dapat mempermudah bagi pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalani saat ini. Dan pastinya fitur Kategori bisnis ini tidak akan anda temukan di WhatsApp Messenger.

5. Label pesan

Fitur lain dari WA bisnis adalah fitur label pesan yang berfungsi untuk mengelompokan chat berdasarkan dengan kriteria tertentu. Misalnya, pengelompokan pesan berdasarkan prospek, pesan baru, menunggu pembayaran dan pesan selesai. 

Dengan adanya fitur ini, Anda bisa membedakan mana chat yang sudah atau belum melakukan pembayaran dan melihat sejauh mana proses transaksi dengan para pelanggan.

Berikut ini adalah cara bagaimana mengoperasikan fitur dari label tersebut.

  • Menerapkan label
    Ketuk lalu menahan Chat  > pilihlah label.
    Setelah itu Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau menambahkan label baru.
  • Konten Berlabel
    Cara untuk menemukan konten yang sudah dibeli adalah dengan membuka layar Chat > Menu > Table > klik salah satu label mana yang Anda inginkan.
  • Mengelola Label
    Chat > Menu > Label.
    Di bagian menu ini Anda bisa melakukan beberapa pengaturan yaitu seperti mengedit, menghapus label, lalu menambahkan warna – warna pada label, dan juga dapat membuat sebuah pesan broadcast label tertentu.

Baca Juga: Jualan Lebih Untung Dengan Facebook Marketing

Tanda Centang Pada Akun Bisnis

WhatsApp Bisnis dapat melakukan verifikasi pada akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang sudah didaftarkan. Setelah terkonfirmasi, pihak WhatsApp Bisnis pun akan memberikan sebuah centang berwarna hijau.

Jika akun WA bisnis Anda belum terverifikasi sebagai akun bisnis yang resmi, pelanggan bisnis Anda dapat melihat tanda centang hijau pada bagian profil atau di samping judul chat.

Nah, dengan adanya fitur-fitur ini, akan memudahkan Anda dalam mengontrol bisnis yang sedang Anda jalankan, menjaga komunikasi dengan pelanggan menggunakan fitur pesan otomatis, meninju statistik pesan, mengelompokkan sebuah pesan sesuai dengan kriteria tertentu, dan juga dapat mempromosikan produk – produk.


Itulah informasi mengenai cara buat WA bisnis, semoga dapat membantu bisnis yang Anda jalani. Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Najmia Chaerunnisa
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks