Indonetwork, BisnisWhatsApp sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, aplikasi satu ini sering digunakan sebagai aplikasi bertukar kabar. Kini, WhatsApp telah meluncurkan versi khusus untuk bisnis yaitu WhatsApp Bisnis. Lantas, apa itu WA bisnis dan apa perbedaannya dengan WA biasa?

WhatsApp biasa yang sering digunakan banyak orang hanya dapat bertukar pesan atau melakukan panggilan video. Sedangkan WhatsApp bisnis yang digunakan dalam bisnis tentu saja memiliki fitur tambahan seperti dapat membalas pesan dengan cepat/ auto dan membuat katalog produk.

Lalu, apa saja perbedaan WhatsApp biasa dengan WA bisnis? Berikut artikel ini akan menjelaskan mengenai perbedaannya.

Tentang WhatsApp

whatsapp
Sumber: Unsplash

Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa, melainkan koneksi internet. 

Whatsapp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya berinteraksi lebih baik dengan teman, keluarga, dan kontak bisnis. WhatsApp merupakan platform sosial peringkat tiga yang paling banyak digunakan dengan dengan lebih dari 2 miliar pengguna Whatsapp aktif per bulannya.

Baca Juga: Bahan Baku: Pengertian, Faktor Mempengaruhi, Jenis, dan Contoh

Fitur

whatsapp
Sumber: Unsplash

Whatsapp dilengkapi berbagai fitur yang mendukung aktivitas penggunaannya. Berikut fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp.

  1. Pesan Sederhana dan Pribadi
    Fitur satu ini merupakan fitur yang dapat  mengirimkan pesan ke teman dan keluarga secara gratis menggunakan akses internet, bukan pulsa.
  2. Grup Chat
    WA Mesengger dapat menghubungkan Anda dengan keluarga atau rekan kerja secara kelompok. Dengan obrolan grup, Anda dapat berbagi pesan, foto, dan video dengan maksimal 256 orang sekaligus. Anda juga dapat memberi nama grup Anda dan deskripsi grup Anda.
  3. WhatsApp Web atau Desktop
    Fitur satu ini merupakan fitur yang paling berguna karena memiliki Akses WhatsApp Anda melalui web dan desktop, untuk melancarkan obrolan Anda, sehingga Anda dapat mengobrol di perangkat apa pun seperti pc, laptop, tablet dan lainya.
  4. WhatsApp Voice dan Video Calls
    Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara atau video dengan teman dan keluarga, meskipun mereka berada di negara lain. Selain itu biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal.
  5. Sistem Keamanan End to End Encryption
    Setiap aplikasi tentu saja memiliki keamanan bagi setiap penggunaan agar merasa nyaman. Tak terkecuali dengan WhatsApp yang menyediakan sistem keamanan yang dapat memastikan semua pesan dan panggilan akan diamankan sehingga hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda yang dapat membaca atau mendengarkannya.
  6. Berbagi Foto dan Video
    Selain dapat melakukan panggilan video, WhatsApp juga memiliki Fitur berbagi foto melalui kamera internal. Anda juga bisa berbagi foto dan video dengan cepat meskipun koneksi Anda lambat.
  7. Voice Messages
    Selain mengirim foto dan video, WhatsApp juga dapat melakukan voice messages. Anda dapat merekam pesan suara untuk cerita yang lebih panjang ke keluarga atau rekan.
  8. Membagikan Dokumen
    Yang terakhir adalah fitur berbagi  dokumen. Anda dapat berbagi dokumen dengan rekan atau teman Anda dalam bentuk PDF, dokumen, spreadsheet, tayangan slide, dan lainnya tanpa perlu repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file hingga 100 MB.

WhatsApp Bisnis

Whatsapp bisnis
Sumber: IDNTimes

WhatsApp merilis WhatsApp Business (WA Bisnis) pada tahun 2018. Apa itu WA bisnis? WhatsApp Business adalah aplikasi pesan instan yang dibuat untuk pemilik usaha kecil.

Kelebihan dari aplikasi pesan instan ini memungkinkan Anda membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan yang akan Anda tawarkan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Anda untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat. 

Baca Juga: Semua Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Proses Produksi

Fitur

Pada dasarnya, WhatsApp biasa WhatsApp bisnis juga memiliki fitur yang sama yaitu berkirim pesan. Akan tetapi ada beberapa fitur tambahan yang dimiliki WhatsApp bisnis, yaitu: 

  1. Katalog
    Fitur pertama adalah katalog yang dapat membantu Anda untuk menampilkan dan memberikan informasi produk serta layanan Anda. Dimana dalam setiap gambar anda dapat sisipkan nama produk, deskripsi, harga, dan link terkait produk, sehingga pembeli akan merasa yakin akan produk Anda. Katalog akan muncul di profil Anda.

 

 

2. Autoresponder
autorseponder WAFitur selanjutnya adalah autoresponder. Fitur ini dapat secara otomatis mengirimkan pesan balasan ke pelanggan, bahkan di luar jam operasional Anda. Fitur ini dapat membuat pelanggan Anda tidak merasa terabaikan.

 

 

3. Profil Bisnis
profil WA bisnis
Fitur ini berfungsi sebagai informasi penjual seperti  nama, nomor, alamat, email, website dan lainnya pada akun WhatsApp Anda. Dengan begitu Informasi tersebut dapat diakses oleh pelanggan untuk dapat mengenal bisnis Anda.

 

 

4. Statistik Pesan
Fitur Statistik aplikasi WA Business dapat membantu Anda memahami interaksi dan pengalaman pelanggan. Fitur ini mampu menampilkan berapa banyak pesan yang dikirimkan, tersampaikan, dibaca, dan diterima sehingga sehingga dapat mempermudah Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif.

5. Label
Fitur yang terakhir adalah label, fitur ini mungkin cukup asing bagi beberapa orang, Fitur label sendiri merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis yaitu prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut juga dapat dihapus atau ditambahkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membuat WA Bisnis dan WA Biasa Dalam Satu HP

WA bisnis
Sumber: Meta

Seperti yang kita tahu, pada dasarnya WhatsApp bisnis dan biasa sama. Namun ada beberapa perbedaan, selain itu WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa dapat di install dalam satu hp. Berikut langkah-langkah membuat WA biasa dan WA bisnis dalam satu HP.

  • Pastikan hp Anda dapat menampung dua aplikasi whatsapp sekaligus yaitu WhatsApp bisnis dan WhatsApp biasa.
  • Jika WhatsApp biasa sudah terinstall Anda tidak perlu melakukan apa apa.
  • Kemudian Masukkan sim card yang baru untuk wa bisnis yang akan Anda gunakan 
  • Pergi ke playstore.
  • Carilah aplikasi whatsapp business dengan di tengah logo terdapat huruf B.
  • Jika sudah selesai, maka bukalah app wa bisnis kemudian instal WhatsApp seperti biasanya.
  • Masukkan nomor yang baru ke dalamnya.
  • Verifikasi terlebih dahulu dengan kode sms.
  • Masuk ke dalam wa bisnis lalu aturlah kontak.
  • Simpan kontak untuk wa bisnis di penyimpanan eksternal, sedangkan untuk wa biasa di penyimpanan internal agar tidak tercampur. Sehingga dapat mempermudah Anda dalam membedakan mana kontak pribadi dan kontak bisnis.

Baca Juga: Mengenal Usaha Franchise: Tips, Keuntungan dan Kerugian


Itulah ringkasan mengenai apa itu WA bisnis, pengertian WhatsApp dan perbedaan WhatsApp biasa dengan WhatsApp bisnis, semoga dapat membantu dan menambah wawasan Anda. Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks