Dalam membangun sebuah rumah, langkah awal yang diperlukan adalah menyusun pondasi. Pondasi sebuah rumah, perlu direncanakan untuk membuatnya tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh umur bangunan dan pelapukan yang konstan. Oleh karena itu, perlu untuk menggunakan bahan konstruksi yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Besi Beton untuk Bangunan Rumah

Besi Beton
Sumber: Pexels

Pemilihan konstruksi dalam membangun sebuah rumah sangat penting, terutama pemilihan besi beton untuk memperkuat struktur bangunan. Banyaknya variasi yang disediakan oleh produsen, penting untuk mengetahui besi terbaik yang digunakan dalam konstruksi rumah. Berikut beberapa faktor yang harus diperiksa saat mencari besi terbaik untuk konstruksi rumah.

Jenis Terbaru

Dalam dunia manufaktur, konstruksi bangunan akan selalu mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. Oleh karena itu, akan ada jenis atau varian terbaru dengan membawa berbagai keuntungan untuk bangunan rumah Anda. Maka perlu untuk menanyakan atau berdiskusi langsung dengan produsen mengenai varian besi beton. Hal ini juga akan membuat Anda merasa lebih yakin telah memilih bahan konstruksi yang terbaik untuk rumah Anda.

Periksa Sertifikasi

Setiap bahan konstruksi bangunan akan memiliki label sertifikasi atau standar untuk mematuhi protokol manufaktur dan keselamatan. Sertifikasi inilah yang akan menjamin bahwa konstruksi yang Anda beli telah melewati serangkaian uji sesuai standar dan aman untuk digunakan. Jika Anda tidak menemukan label sertifikasi dalam bahan konstruksi yang Anda beli, maka Anda dapat menanyakan sertifikasi atau keamanan bahan tersebut kepada produsen.

Baca juga: Besi dalam Elemen Interior Bergaya Industrial

Varian Besi Beton

Berbagai varian besi beton tentunya disediakan oleh setiap produsen dengan kekuatan dan harga yang berbeda. Maka dalam hal ini, Anda harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan rumah yang akan Anda bangun. Hal ini harus disesuaikan untuk menjaga keamanan bangunan agar berdiri kokoh dan tidak runtuh.

Ketahanan Korosi dan Karat

Kondisi iklim yang tidak bisa ditebak, membuat Anda harus cermat untuk memilih besi beton yang tahan terhadap korosi melalui panas, kelembapan, dan karat. Ketahanan ini meningkatkan daya tahan besi beton yang diperlukan untuk setiap struktur beton.

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Pemilihan bahan bangunan sesuai kebutuhan adalah hal yang harus diutamakan untuk menjaga keselamatan dan kekuatan bangunan. Maka dari itu, perlu untuk memilih besi beton yang tepat dalam jenis, ukuran, dan fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan bahan bangunan yang tepat, juga dapat Anda wujudkan dengan berkonsultasi kepada insinyur atau arsitek sebelum membeli.

Baca juga: Daftar Harga Besi Beton Polos Per kg Terbaru

Konstruksi Baja dan Beton, Mana yang Lebih Baik?

Besi Beton
Sumber: Pexels

Konstruksi baja dan beton, sangat mendominasi dalam dunia pembangunan. Banyak orang saling membandingkan dua bahan bangunan ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Secara global, keduanya sama-sama memberikan banyak kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Konstruksi beton adalah bahan kedua yang paling banyak digunakan dalam konstruksi setelah air. Bahan bangunan ini menawarkan keserbagunaan, daya tahan, dan fabrikasi yang mudah, serta dapat dicetak dalam bentuk apapun. Struktur beton sangat tahan terhadap kompresi, tetapi tidak dapat menangani tegangan secara efektif. Sebagian besar struktur beton diperkuat dengan batang baja untuk memberi kekuatan tambahan sebagai beban tarik.
Adapun konstruksi baja adalah paduan besi, karbon, dan elemen lainnya. Tergantung pada komposisi kimianya, diklasifikasikan sebagai baja ringan, baja karbon sedang, baja karbon tinggi, baja paduan rendah, atau baja paduan tinggi. Bentuk baja yang paling umum adalah balok-I, yang sangat kaku terhadap luas penampang. Baja bentuk ini dapat menopang beban tinggi tanpa deformasi.

Berikut beberapa perbedaan antara struktur beton dan struktur baja.

Besi Beton

Baca juga: Daftar Merk Besi Beton SNI Terbaik dan Terkenal di Indonesia

Jual Besi Beton SNI

Apabila Anda sedang mencari besi beton polos yang berstandar Nasional Indonesia, Anda bisa mendapatkannya di PT. Wira Baja Makmur Mandiri. PT. Wira Baja Makmur Mandiri adalah perusahaan supplier besi dengan kualitas terbaik di Indonesia. Mereka menyediakan berbagai macam konstruksi bangunan seperti besi beton, plat stainless, pipa besi, besi WF, CNP, UNP, besi hollow, besi wire mesh, atap spandek, dan juga sebagai kontraktor. Bagaimana, banyak bukan? Tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan PT. Wira Baja Makmur Mandiri.


Author

%d bloggers like this: