Indonetwork, Peralatan IndustriCara memasang mulsa plastik pada bedengan terbilang tidak terlalu rumit. Akan tetapi, tahapan-tahapan ketika memasang mulsa plastik harus dilakukan secara berurutan. Hal ini dilakukan untuk membuat media tanam yang sukses dan menghindarkan Anda dari kerugian yang mengeluarkan biaya tambahan akibat kesalahan pada saat pemasangan.

Untuk memasang mulsa plastik pada lahan bedengan yang cukup luas, Anda bisa mempekerjakan orang atau bekerja secara tim. Tentunya pekerjaan Anda dapat cepat selesai dan mendapatkan hasil yang baik untuk lahan pertanian Anda.

Cara Memasang Mulsa Plastik Pada Bedengan

Cara Memasang Plastik Mulsa
Sumber: Pinterest

Sebelum memasang mulsa plastik pada bedengan, siapkan peralatan-peralatan yang Anda butuhkan untuk menunjang pemasangan media tanam tersebut. Selain itu, Anda juga perlu melihat kondisi cuaca. Pemasangan mulsa plastik umumnya dipasang saat siang hari, karena saat siang hari plastik dapat memuai dan menghasilkan pemasangan yang pas.

1. Siapkan Tanah Bedengan

Dalam mempersiapkan tanah, Anda perlu melakukannya dengan cermat, karena hal ini akan mempengaruhi aliran air yang jatuh di atas plastik mulsa. Oleh karena itu, Anda perlu membentuk tanda bedengan menjadi rata.

Pastikan bahwa bedengan yang Anda buat tidak memiliki cekungan atau lubang maupun gundukan. Setiap cekungan pada lahan bedengan, akan menahan air (air tidak bisa mengalir) dan menyebabkan jamur.

2. Berikan Pupuk

Sebelum plastik mulsa dipasang, Anda perlu memberikan pupuk terlebih dahulu ke dalam tanah bedengan yang telah dipersiapkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih merata, Anda bisa menggunakan pengeruk tanah kecil.

Baca juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

3. Siapkan Parit

Pada kedua sisi lahan bedengan, perlu dibuat parit sedalam 6 inci. Hal ini bertujuan agar mulsa tidak lepas ketika terkena angin.

4. Pemasangan Mulsa Plastik

Saat memasang mulsa plastik, Anda dapat menggunakan tenaga manusia maupun menggunakan mesin. Jika Anda menggunakan tenaga manusia, maka Anda memerlukan beberapa orang untuk memangkas waktu yang ada dan membuat hasil pemasangan mulsa menjadi sempurna.

Pemasangan plastik mulsa menggunakan bantuan mesin hanya dapat digunakan pada lahan berukuran besar. Jenis mesin pemasang plastik mulsa memiliki beberapa variasi. Mulai dari model dorong ringan hingga model yang ditarik di belakang traktor.

Selain itu, setiap mesin juga memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri. Mulai dari kecepatan pemasangan, kekencangan, kedalaman, dan tingkat mulsa saat disebarkan pada lahan.

5. Menyirami Mulsa

Tahap terakhir dari pemasangan mulsa adalah menyirami mulsa dengan air secara merata. Anda hanya perlu menyirami air sedikit saja untuk memastikan bahwa mulsa menempel dengan tanah lahan bedengan di bawahnya.
Selain itu, hal ini juga membantu Anda memastikan bahwa tidak ada genangan air yang terhambat pada bedengan.

Baca juga: Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Tips Menggunakan Mulsa Pada Bedengan

mulsa plastik pertanian

Untuk menghasilkan pemasangan mulsa plastik pada lahan bedengan, terdapat beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika proses pemasangan. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi perhatian Anda sebelum memasang mulsa plastik pada lahan bedengan milik Anda.

1. Lakukan Segala Hal Sebelum Menanam Bibit

Sebelum memasang mulsa plastik, Anda harus mempersiapkan tanah secara matang. Persiapan yang bisa dilakukan pada tanah yakni membentuk lahan menjadi bedengan memanjang yang sejajar hingga menyebarkan pupuk secara merata dalam setiap tanah.

Hal ini tentunya akan memudahkan Anda usai pemasangan mulsa plastik. Dengan begitu, Anda tidak perlu membongkarnya, karena lupa belum menyebarkan pupuk ke dalam tanah.

2. Lakukan Pemasangan Mulsa Pada Hari yang Tenang

Faktor cuaca juga perlu diperhatikan ketika Anda memasang mulsa. Pastikan bahwa ketika Anda melakukan pemasangan, angin tidak sedang berhembus dengan kencang, terlebih sedang dalam keadaan hujan.

Angin yang berhembus sangat kencang dan kuat, dapat merusak plastik dan membuat pekerjaan Anda semakin kacau. Begitu juga dengan pemasangan di saat hujan turun malah akan membuat lahan bedengan Anda menjadi becek dan memperparah keadaan.

3. Gunakan Plastik Khusus untuk Pertanian

Plastik yang digunakan untuk media tanam pada lahan bedengan merupakan plastik khusus yang disebut mulsa. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari panjang, lebar, hingga ketebalan plastik yang akan Anda beli sesuai dengan tanaman yang akan Anda tanam.

Semakin tebal plastik, semakin tahan lama dan tidak rentan robek. Secara harga pun terdapat beberapa varian yang bisa Anda pilih dan sesuaikan.

Baca juga: Fungsi Mulsa Plastik Hitam Perak

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Cara Memasang Mulsa Plastik
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: