Indonetwork, Peralatan Industri – Plastik mulsa adalah material plastik berbentuk lembaran yang biasa digunakan sebagai penutup lahan tanaman. Material ini memiliki beberapa jenis dengan fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Salah satu yang paling populer adalah plastik mulsa hitam perak.

Media tanam plastik mulsa banyak digunakan pada industri pertanian untuk menanam cabai, tomat, dan tanaman lainnya. Banyak digunakan pada pertanian, karena material ini dinilai ampuh untuk membantu tumbuh kembang tanaman dan mencegah adanya hama masuk.

Material ini pun bisa digunakan untuk mengontrol air hujan agar lahan pertanian tidak menjadi banjir dan becek, sehingga tanaman tidak mudah busuk dan rusak. Dengan adanya plastik mulsa, tanaman yang dibudidayakan dapat berkembang biak dengan baik.

Selain menggunakan plastik mulsa, Anda juga bisa menggunakan bahan organik lainnya seperti jerami dan serbuk kayu sebagai bahan penutup lahan. Proses pemasangannya pun tidak jauh berbeda dengan proses pemasangan plastik mulsa. Anda hanya perlu menata jerami atau serbuk kayu pada bagian atas gundukan lahan pertanian hingga semua permukaannya tertutupi.

Akan tetapi, penggunaan bahan organik ini dinilai dapat mengakibatkan tanaman mudah busuk. Jika diperhitungkan, plastik mulsa merupakan material yang lebih baik digunakan dalam jangka panjang. Menggunakan plastik mulsa untuk menutup lahan pertanian pun akan lebih menghemat biaya dan lebih efisien.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat tenaga, karena tidak perlu mengganti penutup lahan. Mengingat plastik mulsa dapat digunakan sejak proses awal Anda menanam hingga proses panen. Setelah itu, Anda perlu mengganti plastik mulsa jika ingin melakukan penanaman kembali.

Cara Menyambung Plastik Mulsa

Cara Menyambung Plastik Mulsa
Sumber: Google

Jika Anda memiliki beberapa bagian plastik mulsa sisa pakai budidaya tanaman sebelumnya, akan tetapi panjang atau lebar plastik tersebut tidak muat untuk digunakan, Anda bisa menyambung plastik mulsa tersebut dengan menggunakan setrika.

Berikut tahapan-tahapan yang bisa Anda ikuti untuk menyambung plastik mulsa.

Siapkan Peralatannya

Untuk menyambung plastik mulsa, Anda membutuhkan satu buah setrika, meja, dan selembar sampul buku atau plastik sisa semen agar bagian ujung plasti mulsa yang akan disambung bisa tergelar secara sempurna.

Anda bisa menggunakan setrika merk apa pun. Usahakan bahwa setrika yang Anda gunakan bisa menghasilkan panas dalam suhu yang tinggi. Sementara Anda juga tidak perlu menggunakan meja yang terlalu lebar, karena proses penyambungan hanya dilakukan pada bagian tepi plastik mulsa.

Perlu diketahui juga bahwa proses penyambungan ini membutuhkan kehati-hatian agar bagian plastik yang lain tidak saling menempel. Oleh karena itu, penyambungan plastik mulsa bisa dilakukan dengan bantuan beberapa orang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Letakkan Bagian Tepi Plastik Mulsa di Atas Meja

Setelah itu, cari bagian tepi dari kedua plastik mulsa yang ingin disambung. Kemudian tumpuk kedua tepi plastik mulsa tersebut dan pastikan tidak ada bagian yang terlipat sedikit pun. Anda bisa menahan kedua ujung plastik dengan cara memegang pada kedua ujung plastik mulsa.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

Letakkan Sampul Buku di Atasnya

Tahap selanjutnya adalah ambil sampul buku atau kertas semen bekas dan letakkan di atas kedua plastik mulsa yang telah tertumpuk. Pastikan untuk memilih bahan yang tidak mudah menempel dengan setrika, agar setrika dapat digerakkan dan merekatkan kedua plastik mulsa melalui panas yang dihasilkan.

Setrika Bagian Atas Sampul Buku

Kemudian setrika bagian atas sampul buku. Proses ini memungkinkan plastik mulsa tidak rusak karena panas setrika tidak langsung mengenai bagian permukaannya.

Anda hanya perlu melakukan sekali gosok untuk satu tumpukan plastik mulsa. Akan tetapi, hal ini bisa Anda ulangi sekali lagi jika memang plastik mulsa belum melekat secara sempurna.

Ulangi Menyambung Pada Bagian Lain

Apabila percobaan pertama telah berhasil, Anda bisa menyambungkan beberapa bagian lainnya. Dengan menyambungkan plastik mulsa menggunakan setrika, dapat dipastikan kedua tepi bagian ini tidak akan terlepas ketika diaplikasikan untuk dipasang dalam lahan pertanian.

Penyambungan plastik mulsa sisa budidaya tanaman sebelumnya juga akan menghemat pengeluaran Anda. Anda pun bisa menggunakan biaya tersebut untuk biaya perawatan lainnya.

Plastik Mulsa Siap digunakan

Setelah plastik mulsa telah tersambung seluruhnya, maka itu berarti plastik mulsa sudah dapat digunakan. Anda bisa langsung mengaplikasikan dan memasang plastik pada lahan pertanian yang menjadi lokasi penanaman Anda.

Baca Juga: Cara Melubangi Plastik Mulsa

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Cara Melubangi Mulsa Plastik
Sumber: Google

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang jual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks