Indonetwork, ElektronikCara memperbaki head printer Epson yang rusak ternyata dapat dilakukan secara mandiri. Namun sebelum mengatasinya, adakalanya Anda mengetahui penyebab head printer Epson yang rusak.

Berikut ini beberapa langkah bisa dicoba untuk memperbaiki head printer yang rusak. Sebelum melangkah ke beberapa tutorialnya, adakalnya untuk mengulas secara ringkas apa itu head printer.

Apa itu head printer?

Head printer adalah salah satu komponen utama dalam printer. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan tinta saat proses mencetak. Bisa dibilang head printer cukup sensitfif. Maka dari itu tak jarang komponen ini rentan rusak dan membutuhkan perlakukan khusus.

Penyebab dan cara mengatasi head printer epson yang rusak

printer a3 epson terbaik
Sumber: Epson Indonesia

Sebelum mencari tahu solusi mengatasinya, adapun terdapat beberapa kemungkinan head printer Epson Anda rusak. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Printer jarang digunakan

Dilansir dari Fast Print Indonesia, printer yang jarang digunakan justru akan membuat head printer mudah rusak. Hal tersebut dikarenakan tinta pada komponen akan mengendap cukup lama.

Tinta mengendap tersebut akan menghambat proses pencetakan. Sehingga head printer pun mudah rusak. Solusinya adalah Anda dapat menggunakan printer atau mencetak setidaknya satu kali dalam satu hari.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Printer A3 Epson Terbaik dan Berkualitas

2. Proses cetak terus menerus

Selain bisa rusak karena head printer jarang digunakan, beberapa penyebab lain adalah proses mencetak tanpa jeda alias terus menerus. Hindari untuk mencetak lembar banyak dalam satu kali proses. Usahakan memberi jeda cetak setiap 25 lembar.

3. Proses mematikan printer yang salah

Hindari untuk langsung mencabut colokan printer setelah mencetak. Sebaiknya lakukan penonaktifan mesin printer sesuai prosedur dan langkah-langkah yang benar. Diamkan printer beberapa saat usai mencetak setelah itu mulai dari mematikan tombol power agar head printer terlindungi dari kekeringan atau kebuntuan.

4. Kerusakan pada nozzle

Kerusakan pada komponen ini umumnya akan menghasilkan hasil cetak yang tidak teratur. Maka dari itu, jaga head printer jangan sampai mengalami overheat. Pasalnya untuk bagian kerusakan kali ini cara memperbaiki head printer Epson tersebut tak dapat dilakukan mandiri namun harus menuju service center yang berpengalaman.

5. Pemilihan tinta yang salah

Pemilihan tinta salah dapat menyebabkan head printer mengalami kebuntuan. Hal tersebut karena setiap jenis tinta memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Maka dari itu pastikan Anda menggunakan jenis tinta printer yang sesuai dengan model dan jenis printer khusus Epson.

Ciri-ciri kerusakan head printer Epson

cara memperbaiki head printer yang rusak
Sumber: Printer Ink Cartdrige

Berikut ini ciri-ciri yang harus diperhatikan ketika head printer mulai error, meliputi:

Kerusakan pada head printer Epson biasanya akan menghasilkan cetak yang tidak maksimal. Biasanya hasil cetak akan buram, bergaris, dan putus-putus. Hal tersebut diakibatkan karena aliran tinta yang tersumbat di head printer. Untuk mengatasinya biasanya dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan head printer.

Cara memperbaiki head printer Epson yang rusak

Apabila Anda mencoba memperbaikinnya maka dapat menggunakan beberapa rekomendasi cairan khusus untuk mengatasi printer yang buntu tersebut. Namun ada baiknya jika Anda langsung mengunjungi service center khusus printer. Hal tersebut dikhawatirkan apabila memperbaiki sendiri maka printer akan rusak.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer Bluetooth Error Mudah dan Cepat

Tips membeli printer Epson

Agar membantu Anda dapat memilih beragam printer Epson terbaik maka perhatikan beberapa tips berikut ini sebelum membeli.

1. Cari toko terpercaya

Carilah toko terpercaya khsusu printer Epson. Jika memungkinkan Anda dapat membelinya di situs resmi atau distributor resmi Epson. Hal ini untuk menghindari berbagai hal yang tidak dinginkan khususnya beberapa komponen yang rentan rusak. Salah satunya head printer.

Apabila Anda membeli di toko resmi, garansi dan informasi service center akan tersedia dengan mudah. Anda juga akan diberikan pengarahan dalam penggunaan serta klaim garansi apabila printer mengalami permasalahan,

2. Cek spesifikasi lengkap

Sebelum membeli printer Epson sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Terlebih lagi bagi Anda yang sangat awam pada perangkat elektronik printer. Agar penggunaannya lebih baik Anda bisa melakukan riset dan mempelajari komponen-komponen dalam printer. Tak hanya itu, jangan sungkan juga untuk menanyakan beragam komponen dan spesfikasi detail pada vendor printer.

3. Review dan testimoni

Untuk mendapatkan printer berkualitas dan sesuai kebutuhan, Anda dapat melakukan menanyakan berbagai testimoni pada teman atau kerabat yang menggunakan printer dengan merek tertentu. Umumnya cara ini sangat ampuh untuk menemukan produk elektronik yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan pengguna.

3 Rekomendasi printer Epson terbaik

Epson dikenal dengan produk elektronik dan printer yang memiliki kualitas terbaik. Produk ini juga memiliki beragam jenis dengan model dan spesifikasi yang beragam. Pengguna bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa model printer Epson yang populer dan terlaris yang dirangkum dari situs resminya.

1. Printer Epson L1800 A3

Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer Printer A3
Sumber: Epson Indonesia
  • Hasilkan hingga 1.500 foto 4R
  • Kecepatan cetak hingga 15ppm
  • Botol tinta hasil tinggi
  • Garansi 1 tahun atau 9.000 cetakan

2. Printer Epson L805

Printer Epson L805 Wi-Fi Photo Ink Tank Printer
Sumber: Epson Indonesia
  • Hasilkan hingga 1.800 foto 4R
  • Biaya Cetak Terendah
  • Wi-Fi & Epson iPrint
  • Kemampuan Pencetakan CD/DVD
  • Garansi 1 tahun atau 3.000 cetakan

3. EcoTank L121

Printer Epson EcoTank L121 A4 Ink Tank Printer
Sumber: Epson Indonesia
  • Kecepatan cetak hingga 9,0 ipm (hitam) dan 4,8 ipm (warna)
  • Hasil halaman sangat tinggi 4.500 halaman (hitam) dan 7.500 halaman (berwarna)
  • Garansi 2 tahun atau 20.000 halaman, mana yang lebih dulu
  • Didukung oleh Teknologi Bebas Panas Epson

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet P1102 Hasil Print Kotor

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki head printer Epson yang rusak. Apabila Anda ingin menelusuri lebih lanjut aneka printer Epson dapat mengunjungi situs resminya maupun tautan berikut ini.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks