Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Salah satu masalah pada pompa air Shimizu adalah airnya tidak keluar. Padahal merek pompa air ini sangat populer di Indonesia karena kualitasnya sangat bagus. Lalu seperti apa cara memperbaiki pompa air Shimizu yang tidak keluar air?

Pompa air bisa membantu kita untuk mempermudah dan mempercepat kinerja untuk menyalurkan air. Dengan adanya pompa air, kita tidak harus mengayuh rol ke sumur untuk mengambil air yang jernih.

Kita hanya perlu menekan tombol on pada saklar pompa air, maka air akan keluar ke dalam bak dengan cepat dan mudah. Karena perannya sangat penting, banyak perusahaan yang jual pompa industri yang berasal dari berbagai merk, salah satunya Shimizu.

Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Tidak Keluar Air

Berikut ini kami berikan tips cara memperbaiki pompa air Shimizu yang tidak keluar air.

1. Periksa Volume Air Di Sumber Mata Air

Pipa Sumber Mata Air
Sumber: pompair.com

Jika pompa air Shimizu tidak keluar air, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah cek terlebih dahulu apakah air di dalam sumber air itu surut atau tidak. Pasalnya pompa air tidak akan menghisap air jika tidak ada air di dalam sumber air tersebut.

Jika memang volume airnya surut, Anda bisa memperpanjang pipa hisapnya hingga benar-benar sampai ke posisi air. Atau Anda juga dapat memindahkan posisi pompa air supaya dekat dengan sumber airnya.

Jika memang air di dalam sumber air tidak ada, Anda tidak dapat menggunakan pompa air. Pastikan untuk memakai pompa air di tempat yang memang ada airnya.

Baca Juga: Cara Merawat Pompa Air agar Tahan Lama

2. Pancing Dengan Air dan Cek Tusen Klep

Tusen Klep
Sumber: pompair.com

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memancingnya terlebih dahulu dengan air. Jika memang air keluar dengan normal, maka tusen klep bermasalah.

Tusen klep ini berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam sumber air. Dengan begitu di dalam mesin pompa itu tidak ada dan penyedotan bisa dengan mudah dilakukan tanpa harus dipancing terlebih dahulu.

Silahkan untuk membuka tusen klep terlebih dahulu. Cek apakah di dalamnya ada batu atau benda lain yang mengganjal. Jika ada, pastikan untuk mengeluarkan benda itu karena bisa membuat air tidak keluar.

3. Periksa Pipa Hisap

Penyebab air tidak keluar dari pompa air bisa juga disebabkan oleh pipa hisapnya yang mengalami kebocoran. Jadi sebaiknya lepas terlebih dahulu pipa hisap dari dalam sumber air.

Kemudian tip pipa hisap tersebut apakah ada udara atau malah tersendat. Jika ketika ditiup terasa ada udara yang keluar, maka pipa mengalami kebocoran.

Setelah itu cari sumber kebocorannya dan tutup dengan memakai karet. Sebelum meniup pipa hisap tersebut, pastikan tusen klep telah terpasang dengan baik.

4. Periksa Karet Penghubung Antara Plenes dan Pompa Air

Pada bagian penghubung antara plenes dan pompa air akan terdapat karet penghubung. Fungsi karet itu yaitu untuk mencegah kebocoran. Jika memang karet ini sudah rusak, maka bisa saja air tidak akan keluar dari dalam pompa mesin.

Anda bisa cek pompa air tanpa menggunakan plenes terlebih dahulu. Tutup saja lubang penghisap air dengan telapak tangan dan beri air pancingan air sedikit, lalu nyalakan pompa air.

Jika terjadi hisapan pada tangan, berarti pompa air bekerja dengan baik. Anda tidak perlu mengganti karet penghubung tersebut. Tapi jika tidak ada hisapan pada tangan, berarti karet penghubung itu bermasalah dan Anda harus menggantinya.

5. Perhatikan Impelernya

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat memperbaiki pompa air Shimizu tidak bisa keluar air yatu penutup impellernya. Sebab impeler adalah bagian paling penting dalam pompa air sumur dangkal.

Gantilah karet penutup impeler ini dengan ukuran yang lebih besar. Atau Anda juga bisa menggulung karet ini dengan menggunakan selotip supaya lebih tebal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Mesin Pompa Air Berkualitas Terbaik

6. Seal Pompa

Jika Seal pompa bermasalah, maka akan ada air yang keluar pada bagian leher pompa air. Bagian ini terletak pada bagian penghubung antara dinamo motor listrik pompa air dengan impeller penghisap air.

Itulah beberapa cara memperbaiki pompa air Shimizu yang tidak keluar air yang dapat Anda lakukan. Semoga cara di atas ada yang berhasil dan lakuan cara di atas dengan runtun.

Editor: Langgeng Irma S. dan Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks