Indonetwrok, Peralatan Industri -Air merupakan zat yang paling penting bagi kehidupan manusia. Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya tanpa bisa digantikan oleh zat atau senyawa lain. Kebutuhan akan air dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mendorong manusia untuk mencari sumber air. Awalnya sumber air didapatkan dari sungai, danau, atau sumber alam lainnya, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan dengan air dari sumber alam tersebut, manusia mulai membuat sumber air buatan.

Air dari dalam tanah ini diambil dengan pompa air agar dapat digunakan dan diakses dengan mudah, tidak heran saat ini banyak produk jual pompa air berkualitas yang dapat mendukung pasokan air. Pompa air dapat mendukung pengambilan air di lokasi yang sulit dijangkau pada tempat tertentu. 

Pentingnya Merawat Pompa Air

Saat ini manusia mengambil air dari dalam tanah menggunakan mesin yaitu dengan pompa air. Pompa air adalah alat yang digunakan untuk memindahkan cairan (fluida) dari satu tempat ke tempat lain, baik dari permukaan rendah hingga ke permukaan tinggi. Pompa air memudahkan dalam mengambil air, karena menggunakan mesin bertenaga listrik yang dapat memberikan pasokan air dalam jumlah banyak.

Pompa air sangat dibutuhkan untuk mengambil air bersih, sehingga permintaan akan pompa air meningkat. Saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis pompa air berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mencari produk jual pompa air berkualitas dengan berbagai harga, kualitas, kapasitas dan spesifikasi lainnya. 

Setelah menemukan pompa air berkualitas yang tepat, Anda wajib tahu bagaimana cara merawat pompa air agar tahan lama dan bekerja dengan baik. Simak informasi berikut ini tentang cara yang dapat dilakukan untuk merawat pompa air  Anda.

1. Letakkan Mesin Pompa Air Di Tempat Sejuk Dan Teduh

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk merawat pompa air adalah tempat meletakkan pompa air. Letakkan pompa air di tempat yang sejuk dan teduh. Hal ini bertujuan untuk melindungi pompa air dari sinar matahari langsung dan air hujan yang dapat menyebabkan konsleting listrik. 

Seperti yang diketahui bahwa pompa air merupakan mesin yang digunakan untuk mengambil air dengan tenaga listrik. Sehingga perlu diperhatikan agar mesin tetap terjaga dan aman untuk menghindari kerusakan.

Baca juga:  TIPS MEMILIH MESIN POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA

2. Jauhkan Dari Genangan Air

Jauhkan Dari Genangan Air

Mesin pompa air yang digerakkan dengan mesin sangat rawan jika berada di dekat genangan atau sumber air lainnya. Hal ini dapat menyebabkan mesin mengalami konsleting listrik yang dapat beresiko untuk lingkungan sekitarnya karena dapat menyebabkan kebakaran dan lain sebagainya.

Sehingga Anda perlu meletakkan pompa air di tempat yang lebih tinggi, untuk menghindari  genangan air ketika terjadi banjir atau kebocoran pada pipa air.

3. Tidak Mengoperasikan Dalam Kondisi Sumber Air Kering

Tidak Mengoperasikan Dalam Kondisi Sumber Air Kering

Cara untuk merawat pompa air selanjutnya adalah dengan tidak mengoperasikan pompa air dalam kondisi kering. Maksudnya adalah ketika sumber  air  mengalami kekeringan dan tidak ada air yang dapat dipompa. 

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada motor penggerak pada mesin pompa, karena harus bekerja lebih keras untuk mengambil air. Jika tetap dipaksakan, pompa air tidak akan bekerja secara maksimal dan cepat rusak. 

Baca juga: CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR SHIMIZU YANG TIDAK KELUAR AIR

4. Pengoperasian Pompa Air Di Suhu Yang Tepat

Anda perlu memastikan bahwa pompa air tidak bekerja pada suhu ekstrim seperti pada suhu diatas  40°C atau dibawah 5°C. Jika pompa air bekerja pada suhu panas maka pompa akan mengalami overheating yang dapat merusak mesin. 

Sebaiknya, letakkan pompa air pada tempat yang memiliki suhu ruangan agar pompa dapat bekerja maksimal dan tahan lama.

5. Membersihkan Mesin Pompa Secara Rutin

Membersihkan pompa air juga wajib Anda lakukan untuk merawat pompa air agar tahan lama. Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan mesin pompa adalah dengan menggunakan oli dan sikat yang dioleskan pada gigi putar atau laher. Lalu Anda juga perlu mengolesi bagian pada mesin dengan oli agar dapat bekerja dengan baik untuk memompa air secara maksimal dan tahan lama.

Informasi tersebut wajib Anda ketahui untuk merawat pompa air di rumah. Dengan perawatan yang tepat dan baik, pompa air berkualitas akan bekerja secara maksimal dan tahan lama. 

Jenis-Jenis Pompa Air Yang Perlu Diketahui

Kebutuhan jumlah air mempengaruhi kerja pompa, karena pompa air akan bekerja untuk mengambil air sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kerja pompa. Jadi, penting mengetahui jenis pompa air seperti apa yang dibutuhkan untuk keperluan di bangunan Anda. Berikut ini adalah informasi jenis pompa air yang perlu Anda ketahui.

  • Pompa Air Sumur Dangkal

Pompa ini digunakan untuk kedalaman sumur maksimal 9 meter.

  • Pompa Air Sumur Dalam

Pompa ini digunakan untuk kedalaman sumur antara 9 hingga 11 meter.

  • Pompa Air Diesel

Pompa ini sering digunakan untuk keperluan pada pertanian atau perkebunan dalam skala besar. 

  • Pompa Air Celup

Mesin pompa ini  digunakan untuk aquarium karena  memiliki fungsi  untuk menyedot dan mengalirkan air ke penyaringan.

  • Pompa Air Booster

Jenis pompa air ini adalah pompa yang hanya bekerja untuk mendorong air saja dan tidak memiliki fungsi daya hisap air.

Baca juga: 5 JENIS POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA

Informasi mengenai cara perawatan dan jenis pompa air berkualitas ini dapat Anda terapkan untuk kebutuhan pompa air yang dimiliki. Saat ini ada banyak produk jual pompa air berkualitas yang memiliki spesifikasi beragam yang dapat dipilih.

Pt. Mojopahit Mandiri Jaya Sentosa adalah pilihan tepat untuk Anda yang mencari tempat jual pompa air berkualitas dengan beragam spesifikasi. 

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks