Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya Epson adalah salah satu merek printer yang memiliki kualitas terbaik yang tidak usah diragukan lagi. Fitur-fitur dan kelengkapan yang dimilikinya selalu membuat banyak orang ingin memilikinya. Apalagi bagi Anda yang sangat suka sekali mencetak foto-foto Anda sendiri di rumah.

Jenis printer Epson menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda. Warna yang dihasilkan dari printer terlihat lebih eksklusif, padat, dan tentunya sangat jernih. Namun sayang sekali, apabila printer yang kita miliki sudah sangat bagus, tetapi tidak bisa memilih kertas foto terbaik untuk printer Epson. Ingat kertas yang dipilih juga menjadi pendukung foto tercetak sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda.

Kertas Foto Terbaik untuk Printer Epson

kertas foto terbaik untuk printer epson
Sumber: Pexels.com

Sebelum memilih jenis kertas foto, pastikan terlebih dahulu kebutuhan foto yang Anda Inginkan, apakah Anda menginginkan finish tekstur foto mengkilap, matte, ataukah bertekstur. Pastikan di mana foto tersebut akan Anda simpan. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis kertas foto yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda:

1. Kertas Kanvas

Seperti namanya, tekstur pada kertas kanvas ini mirip dengan kanvas untuk melukis, permukaanya kasar dan sedikit bergaris-garis. Kertas ini sangatlah cocok untuk mencetak foto yang memiliki nilai artistik yang sangat tinggi.

Daya serap dari kertas yang tinggi, tentunya juga membuat kertas ini cepat mengering ketika dicetak dan tentunya bisa tahan lama. Gramatur dari kertas ini berukuran minimal 180 gram, bisa dibilang cukup tebal. Dari segi harga, kertas ini tergolong cukup mahal.

2. Kertas Glossy

Seperti namanya, kertas ini berwarna putih dengan finish mengkilap dan tentunya bertektur halus. Foto yang dihasilkan menjadi cerah, warna lebih tajam dan terlihat lebih hidup.

Beberapa kertas glossy yang berbahan gelas atau kaca memiliki finish sedikit lengket. Secara harga kertas ini masih tergolong murah. Kertas glossy ini berukuran standar dengan gramatur berukuran 120 sampai 240 gram.

3. Kertas Premium Glossy

Kertas premium glossy berwarna putih dan tentunya foto yang dihasilkan dengan kertas ini lebih mengkilap, terang, dan lebih jelas lagi dibandingkan kertas glossy biasa. Harganya pun tergolong lebih mahal daripada glossy.

4. Kertas Matte (doff)

Kertas jenis ini berwarna putih dengan permukaan yang sedikit bertekstur dan tentunya refleksi terhadap cahayanya sangat sedikit (tidak mengkilap). Hal tersebut tentunya membuat efek kontras menjadi rendah dan saturasi pada gambar bisa berkurang.

Tentunya kertas ini tetap memiliki keuntungan yakni tahan akan goresan, bahkan sidik jari yang menempel pun tidak terlihat. Teksturnya cenderung halus pada permukaanya. Daya serap tinta pada kertas ini sangat tinggi, sehingga sekalipun menggunakan tinta berkualitas rendah foto tetap bisa jelas.

5. Kertas Inkjet

Kertas ini sangat cocok sekali untuk digital photo printing yang biasanya digunakan untuk mencetak sketsa gambar, grafik bar, mencetak poster, kalender, desain arsitek rumah, dan juga cover CD/DVD. Kertas ini memiliki kelebihan tahan akan cairan, sehingga hasilnya tidak akan cepat memudar.

Warna yang dihasilkan dari kertas ini sangat tajam dan juga jelas. Perlu diketahui juga bahwasanya gramatur ukuran dari kertas ini cukup tipis dibandingkan kertas foto yang lainnya. Hanya saja memang tekstur dari kertas ini sama kurang lebih sama dengan yang lainnya.

6. Kertas Metallic

Kertas jenis ini memiliki kualitas tahan lama dan hasil cetakannya mengkilap seperti chrome. Tekstur dari kertas ini halus. Kontras warna yang dimiliki kertas ini beragam dan ketajamannya sangat baik. Warna khas yang dihasilkan dari kertas ini memiliki finish seperti logam.

7. Double Sided Paper

Kertas ini memiliki tujuan untuk mencetak foto pada kedua sisi, depan belakang. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak brosur guna melakukan promosi pada konsumen agar lebih mudah dilihat dari dua sisi. Tekstur dari kerasa ini glossy to doff, tetapi lebih cenderung doff. Daya tahan dari kertas ini juga cukup lama.

8. Kertas Sublimasi

Kertas jenis ini sering digunakan untuk mentransfer ke media lain seperti mug, piring, kaus, souvenir, dsb. Permukaan dari kertas ini sangat halus. Biasanya juga digunakan untuk pajangan di ruma, dompet, maupun cocok dibingkai.

9. Kertas Laser

Jenis kertas ini merupakan yang terbaik dan paling awet dibandingkan yang lainnya. Kertas ini biasnaya digunakan untuk dokumenter karena masa simpannya yang lama dan tidak mudah memudar. Foto dengan resolusi yang tinggi sangat tepat menggunakan kertas jenis ini.

Secara ketebalan, kertas ini lebih tebal. Warna yang dihasilkan sangat kaya dan sangat jelas. Teksturnya halus seperti mutiara dan mengkilap tetapi tidak silau. Sidik jari juga tidak akan terlihat di kertas jenis ini. Jenis-jenis kertas foto tersebut bisa menjadi pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan dan tentunya budget yang Anda miliki.

Baca Juga: 5 Merk Printer Bluetooth Terbaik untuk UMKM

Rekomendasi Merk Kertas Foto Untuk Printer Epson

kertas foto Epson
Sumber: iStock

Supaya Anda semakin yakin lagi dalam membeli kertas foto, berikut ini beberapa rekomendasi merk kertas foto untuk Anda:

  1. Epson Premium Glossy
  2. Sun Professional Silk Pearl Texture
  3. Blueprint Silky Photo Paper
  4. Spectra Cast Coated Inkjet Paper Glossy
  5. Spectra silky professional photo
  6. Data Print Premium Silky
  7. E-Print Super Glossy
  8. E-Print Double Sided Matte Inkjet

Rata-rata ukuran dari kertas-kertas merk tersebut berukuran A4 dengan jumlah satu pak yang beragam ada yang 20, 50, bahkan sampai 100 lembar.

Ragam jenis kertas foto terbaik untuk printer Epson di atas bisa menjadi pilihan Anda, bahkan beberapa merk bisa menjadi pilihan Anda dalam membeli supaya bisa semakin yakin. Jangan lupa segala sesuatu hal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet P1102 Hasil Print Kotor

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks