Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaWastafel cuci piring merupakan salah satu furnitur yang selalu ada di setiap rumah. Akan tetapi, banyak dari pemilik rumah yang kurang memahami bagaimana merawat wastafel dan cara mengatasi wastafel cuci piring mampet.

Perawatan wastafel cuci piring di rumah, tidak hanya dilakukan pada bak wastafel saja. Tetapi juga perlu dilakukan pengecekan pada bagian-bagian lainnya seperti selang wastafel. Apakah ada kebocoran, apakah air tidak dapat mengalir dengan lancar, apakah ada penumpukan kotoran di dalam selang.

Terdapat berbagai tipe wastafel mulai dari wastafel yang memiliki fitur pencacah sampah, sehingga semua kotoran yang dibuang ke lubang pembuangan tidak akan membuat mampet.

Selain itu, juga terdapat tipe wastafel biasa, meskipun memiliki lubang pembuangan yang besar, akan tetapi Anda tidak bisa membuang sisa makanan di sana. Hal ini dikarenakan wastafel Anda tidak memiliki fitur pencacah sisa kotoran makanan, sehingga membuang sisa makanan ke sana hanya akan membuat selang mampet.

Jika wastafel cuci piring Anda sedang mampet, simak artikel berikut untuk menemukan solusi yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Wastafel Cuci Piring Mampet

cara mengatasi wastafel cuci piring mampet
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan penyumbatan pada wastafel cuci piring Anda yang mampet. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Air Mendidih

Air mendidih dapat melelehkan kotoran seperti rambut, minyak, residu sabun, dan kotoran lainnya yang menyumbat di dalam saluran pembuangan wastafel cuci piring.

  1. Masaklah air secukupnya hingga mendidih
  2. Tuangkan air yang mendidih langsung ke lubang pembuangan wastafel cuci piring.
  3. Setelah itu, coba tes dengan menyalakan kran untuk melihat apakah air sudah bisa mengalir dengan lancar atau tidak. Apabila masih terdapat genangan namun tidak separah sebelumnya, Anda bisa mengulangi hal yang sama seperti sebelumnya.

Penggunaan air mendidih untuk menghilangkan penyumbatan pada wastafel, tidak berlaku untuk semua jenis wastafel.

Apabila wastafel cuci piring Anda menggunakan pipa PVC, hindari penggunaan air mendidih untuk menghilangkan penyumbatan. Hal ini dikarenakan air mendidih dapat melelehkan atau merusak plastik dan malah membuat selang pembuangan wastafel cuci piring Anda rusak

2. Gunakan Penyedot Wastafel

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penyumbatan adalah dengan menggunakan penyedot wastafel. Perlu diketahui, bahwa penyedot wastafel dengan penyedot toilet tidak sama.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa menggunakan penyedot toilet yang ukurannya terlalu besar dengan lubang wastafel. Berikut cara penggunaan penyedot wastafel untuk menghilangkan penyumbatan pada wastafel cuci piring.

  1. Isi bak wastafel cuci piring dengan air hingga setengah dari bak.
  2. Posisikan penyedot berada tepat di atas saluran pembuangan.
  3. Pompalah lubang saluran pembuangan dengan gerakan menarik ke atas dan mendorong ke bawah beberapa kali dengan cepat.
  4. Lepaskan penyedot wastafel dan tunggu beberapa saat untuk melihat apakah air yang memenuhi bak bisa terkuras.
  5. Apabila masih belum terkuras, tetapi berkurang sedikit daripada sebelumnya, Anda bisa mengulangi menyedotnya hingga beberapa kali hingga air dapat terkuras dan mengalir lancar

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Wastafel Portable di Era New Normal

3. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Penggunaan baking soda dan cuka juga dapat dilakukan untuk menghilangkan penyumbatan pada saluran pembuangan wastafel cuci piring. Kedua bahan ini pun bisa Anda temui dengan mudah di rak dapur.

  1. Keluarkan seluruh air yang menggenang di wastafel
  2. Tuangkan bubuk baking soda 1 botol ke lubang saluran pembuangan
  3. Tuangkan satu cangkir cuka putih ke lubang saluran pembuangan
  4. Tutup lubang saluran pembuangan dengan saringan saluran pembuangan
  5. Biarkan selama 15 menit agar kedua bahan tersebut bisa bereaksi
  6. Guyur lubang saluran pembuangan dengan air panas atau air mendidih
  7. Buka kran wastafel dan lihatlah apakah air dapat mengalir dengan lancar dan tidak membuat genangan pada bak

4. Bersihkan Pipa P-Trap

Apabila cara-cara di atas masih belum dapat menyelesaikan masalah penyumbatan pada wastafel cuci piring Anda, coba bersihkan pipa P-trap apabila wastafel Anda menggunakan jenis pipa tersebut. Karena ada kemungkinan sumbatan terdapat di pipa berbentuk siku di bawah wastafel. Berikut cara untuk membersihkan pipa P-trap.

Siapkan sebuah ember dan letakkan di bawah pipa untuk berjaga-jaga agar air maupun kotoran tidak berceceran di lantai.

  1. Lepaskan penghubung pipa vertikal dan horizontal yang membentuk siku.
  2. Lepaskan pipa dan bersihkan pipa dari semua kotoran yang menempel
  3. Sambungkan kembali pipa-pipa tersebut
  4. Nyalakan keran dan lihat apakah air dapat mengalir atau tidak

Baca juga: Tips Membuat kamar Mandi Semakin Nyaman

Jual Wastafel Cuci Piring

cara mengatasi wastafel cuci piring mampet
Sumber: Pinterest

Wastafel cuci piring tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan akan kebutuhan pengguna. Furniture ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko furnitur baik secara offline maupun online.

Salah satu toko yang menjual wastafel cuci piring adalah PT. Indonetwork Adi Perkasa. Mereka menjual berbagai kebutuhan yang Anda butuhkan sehari-hari seperti mesin kopi, bahan kimia, elektronik, furniture, printer, peralatan kantor, dan masih banyak lagi.

Pembelian produk-produk PT. Indonetwork Adi Perkasa bisa Anda beli melalui e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan. Di e-commerce Indonetwork, Anda bisa menemukan berbagai merek dan toko yang menjual wastafel cuci piring.

Itulah cara mengatasi wasteful cuci piring mampet yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks