Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaKamar mandi merupakan ruangan yang penting di dalam sebuah rumah. Selain sebagai tempat untuk membersihkan tubuh, kamar mandi juga bisa berfungsi sebagai tempat ruang untuk bersiap-siap. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin memiliki kamar mandi yang terasa nyaman.

Biasanya, membersihkan kamar mandi menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan agar kamar mandi terasa nyaman. Sehingga, ada beberapa cara agar untuk membuat kamar mandi terasa nyaman dan terasa lebih segar. 

Inilah tips renovasi kamar mandi agar semakin nyaman.

Tips Membuat Kamar Mandi Terasa Nyaman

tips kamar mandi nyaman

Memiliki kamar mandi yang bersih tentu akan membuat kita merasa nyaman saat sedang menggunakannya. Selain kebersihannya, hal lain yang harus diperhatikan di kamar mandi yaitu harus diperhatikan kerapihannya.

Berikut tips membuat kamar mandi terasa nyaman.

1. Atur Pencahayaan Dengan Baik

Pencahayaan di dalam sebuah ruangan harus diperhatikan. Selain memberikan cahaya pada ruangan, pencahayaan yang baik dapat mempermudah melakukan aktivitas di malam hari. Saat pagi hari, Anda dapat memanfaatkan cahaya dari matahari dengan cara membuat ventilasi atau jendela khusus kamar mandi.

2. Memilih Ukuran Cermin Yang Tepat

Cermin menjadi elemen yang memiliki peran cukup penting didalam sebuah ruangan seperti kamar mandi. Memasang cermin di kamar mandi dapat memberikan ilusi dan membuat kamar mandi tampak lebih luas.

Oleh karena itu, pilihlah cermin dengan ukuran sedang jika kamar mandi Anda memiliki ukuran minim. Namun jika Anda memiliki kamar mandi dengan ukuran besar, pilih cermin yang besar agar mendapatkan cahaya yang natural.

3. Menggunakan Keramik Dinding

Salah satu cara membuat kamar mandi terasa nyaman dan memiliki kesan elegan adalah dengan menggunakan keramik pada dinding kamar mandi. Anda dapat memilih keramik dengan motif batu alam sehingga dapat membuat kesan elegan pada kamar mandi Anda, selain itu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Menggunakan keramik pada dinding kamar mandi juga bisa membuat dinding tidak mudah rusak akibat terkena air terus-menerus.

BACA JUGA: Atap Rumah Bocor Saat Musim Hujan? Atasi Dengan Tips Ini

4. Gunakan Aksesoris

Tidak hanya ruang tamu yang memiliki aksesoris, kamar mandi juga membutuhkan aksesoris seperti rak sabun mandi dan shampoo, wadah sabun cuci tangan, sabun batang, dan gantungan handuk. Hal ini akan memudahkan Anda menaruh barang sesuai dengan tempatnya, sehingga membuat ruangan lebih rapi dan menjadi nyaman.

Selain itu Anda juga dapat menambahkan bunga hias dengan ukuran kecil di wastafel agar kamar mandi terasa lebih segar.

5. Memilih Shower Door Dari Kaca

Jika Anda memiliki shower di kamar mandi, Anda dapat menggunakan shower door yang terbuat dari kaca. Hal ini bisa membuat kamar mandi terasa lebih mewah. Selain itu, menggunakan shower door dapat menjaga area kamar mandi lainnya tidak basah. Pilihlah shower door yang dapat membuat kamar mandi Anda terasa lebih nyaman. Anda dapat memilih shower door dengan jenis kaca standar clear.

Jenis kaca standar clear yang paling sering digunakan adalah jenis kaca toughened atau tempered shower screen. Jenis ini dapat membiaskan cahaya masuk dan membuat kamar mandi yang lebih kecil terasa lebih besar. 

6. Mengatur Sirkulasi Udara

Mengatur sirkulasi udara merupakan hal yang cukup penting sebelum menata barang dalam ruangan. Anda dapat mengusahakan ventilasi kaca menghadap keluar agar nantinya tidak terjadinya sesak didalam ruangan.

Anda dapat menggunakan exhaust fan atau membuat ventilasi sederhana yang disesuaikan dengan tinggi ruangan.

7. Memiliki Furniture Multifungsi 

Wastafel merupakan furniture yang memiliki multifungsi. Memiliki wastafel di dalam kamar mandi tentu sangat berguna. Contoh wastafel multifungsi adalah wastafel dengan ruang khusus terdapat pada bagian lemari bawah wastafel.

Anda dapat menggunakan ruang tersebut sebagai tempat penyimpanan perlengkapan kamar mandi, sehingga nantinya kamar mandi Anda tidak terasa penuh oleh barang lain. 

8. Menambah Keset 

Menambah keset didalam kamar mandi tentu dapat membuat nyaman dan enak dipandang. Selain itu keset juga dapat menyerap air setelah kita mandi atau terkena air agar lantai tidak basah dan membuat terpeleset. Oleh karena itu, pilihlah karpet dengan motif sederhana dan memiliki daya serap air yang tinggi. 

BACA JUGA: Mengenal Jenis Karpet Untuk Tiap Ruangan Dan Cara Merawatnya

Nah, itulah tips membuat kamar mandi agar terasa nyaman, semoga dapat membantu menambah insight Anda saat akan merenovasi kamar mandi.  Jika Anda sedang renovasi rumah dan butuh tempat untuk tinggal sementara, Anda dapat menggunakan jasa sewa pindahan rumah untuk membantu Anda memindahkan barang-barang di rumah Anda dengan CV. Citra Mandiri Moving. 

Selain melakukan jasa pindahan rumah,  CV. Citra Mandiri Moving juga dapat melayani jasa pemindahaan komersial (untuk kantor, ruko, gudang, dan pabrik). CV Citra Mandiri melayani Jasa Pindahan (Moving Service), Jasa Pengepakan (Packing Service), Jasa Pengiriman Barang, Ekspedisi, dan Kargo di wilayah Surabaya dan sekitarnya. 

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks