Indonetwork, Peralatan LaboratoriumCara menggunakan pipet tetes merupakan langkah dasar untuk Anda ketika melakukan aktivitas medis seperti memberikan obat cair kepada anak, terutama bayi.

Pemberian obat pada bayi sangat riskan apabila Anda tidak mengetahui metode atau hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Untuk memberikan obat pada bayi, Anda bisa menggunakan beberapa alat seperti sendok bayi, cangkir obat, dan jarum suntik.

Akan tetapi, pemberian obat pada bayi harus dalam takaran yang benar-benar pas. Tidak memberikannya terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena dapat menyebabkan efek samping yang serius.

Apabila jumlah takaran yang disarankan dalam mililiter, Anda bisa menggunakan pipet tetes. Biasanya pengukuran dalam mililiter dianjurkan untuk obat dengan karakteristik cair.

Penggunaan pipet tetes untuk memberikan obat kepada bayi pun tidak boleh sembarangan. Jika Anda memberikannya dengan posisi yang salah, bayi bisa saja tersedak, karena obat tidak masuk ke tenggorokan.

Untuk mengetahui cara menggunakan pipet tetes yang benar, berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

Cara Menggunakan Pipet Tetes yang Benar pada Bayi

Cara Menggunakan Pipet tetes
Sumber: iStock

Pipet tetes adalah jenis pipet yang biasa digunakan untuk memindahkan cairan atau larutan dari satu wadah ke wadah lainnya. Larutan atau cairan yang dipindahkan biasanya memiliki takaran tertentu, sehingga pengambilannya harus pas. Oleh karena itu, diperlukan media pipet tetes agar pengambilan cairan lebih mudah dan sesuai dengan takaran yang dikehendaki.

Dengan garis pengukur yang terdapat pada tabung pipet, dosis obat yang diberikan dapat sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Berikut cara menggunakan pipet tetes untuk memberikan bayi obat.

1. Cuci Tangan

Karena Anda akan menyentuh obat dan mulut bayi, pastikan bahwa tangan Anda steril dan bersih. Mengingat bayi rentan terkena virus akibat debu atau kotoran dalam jumlah sedikit.

2. Siapkan Pipet Tes dan Obat

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan pipet tetes dan obat yang akan diberikan kepada bayi. Pastikan bahwa pipet tetes tersebut telah bersih dan steril agar obat tidak tercampur dengan virus maupun kuman yang tidak terlihat.

3. Posisikan Bayi Anda

Pastikan bahwa bayi Anda dalam keadaan bangun agar obat bisa masuk dan tertelan dengan baik. Anda bisa melakukan pemberian obat dengan meminta tolong seseorang untuk memegangi bayi atau melakukannya sendiri.

Baca juga: 8 Jenis Alat Kesehatan Wajib Punya Beserta Fungsinya

4. Ambil Obat dari Botol

Apabila semuanya sudah siap, Anda bisa memulai untuk mengambil obat yang berupa cairan dari botolnya. Cara pengambilannya adalah dengan memasukkan tabung pipet tetes hingga dapat menyentuh cairan obat. Kemudian tekan pipet pada bagian atas agar obat dapat masuk dan memenuhi tabung pipet tetes.

Jangan lupa untuk memperhatikan takaran yang dianjurkan dan ketika penyedotan obat melalui pipet tetes agar sesuai dengan ukuran.

Beberapa ukuran yang ada dalam pipet tetes adalah 0,1 ml, 0,2 ml, 0,3 ml, 0,4 ml, 0,5 ml, 0,6 ml, 0,7 ml, 0,8 ml, 0,9 ml, dan 1 ml (takaran paling banyak).

Apabila obat sudah masuk ke dalam tabung, kemudian lepaskan pipet. Pastikan bahwa dalam tabung pipet tidak ada gelembung agar takaran obat sesuai dengan yang dianjurkan.

5. Berikan Obat Kepada Bayi

Sebelum memberikan obat kepada bayi, pastikan bahwa bayi Anda berada dalam pangkuan yang nyaman. Pegang bayi pada pangkuan Anda, angkat kepalanya sedikit, dan sandarkan kepalanya ke tubuh Anda. Jangan berikan obat ketika bayi dalam keadaan berbaring, karena bisa tersedak.

Untuk memberikan obat kepada bayi melalui pipet tetes, cukup dengan memencet pipet secara perlahan dengan satu kali pencet. Hindari untuk memencetnya sekaligus, karena itu bisa menyebabkan bayi tersedak.

Takaran pada pipet tetes bisa memberitahu Anda berapa tetesan yang harus Anda lakukan. Seperti untuk obat 1 ml, bisa dilakukan dengan 20x tetesan. Obat 0,5 ml, bisa dilakukan dengan 10x tetesan.

6. Sterilkan Pipet Tetes

Apabila Anda selesai menggunakan pipet tetes, pastikan untuk mencuci bersih dan mensterilkan pipet agar tidak berjamur. Anda bisa menggunakan sabun yang aman dan khusus untuk bayi.

Baca Juga: Cara Aman Menggungakan Jarum Suntik

Rekomendasi Produsen Pipet Tetes Terpercaya

Cara Menggunakan Pipet Tetes
Sumber: Pexels

Pipet tetes merupakan salah satu peralatan medis yang wajib Anda miliki di rumah, terlebih jika Anda memiliki bayi. Pastinya pipet tetes ini akan sangat bermanfaat dan menjadi andalan Anda untuk memberikan obat kepada anak. Peralatan media pipet tetes tersebut dapat Anda beli melalui offline store maupun online store. Salah satu produsen yang menjual pipet tetes terpercaya adalah CV Pratama Sains Global.

CV Pratama Sains Global merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor alat-alat laboratorium farmasi. Mereka menyediakan berbagai peralatan seperti pipet tetes, spektrofotometer, pH meter, incubator, centrifuge, mikroskop yazumi, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pemesanan peralatan medis atau laboratorium dari CV Pratama Sains Global, Anda bisa menghubungi melalui blog resmi mereka atau langsung mengunjungi perusahaan pada alamat yang sudah tersedia di blog.


Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait peralatan medis dan laboratorium, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan.

Itulah langkah-langkah menggunakan pipet tetes yang benar untuk memberikan obat cair kepada bayi. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks