Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaSalah satu cara mudah untuk menyimpan makanan agar tidak mudah basi adalah dengan menyimpannya di lemari pendingin. Akan tetapi, seringkali kita lupa terlalu lama menyimpan bahan makanan di kulkas atau chiller justru dapat membuat bahan makanan tersebut rusak. Oleh karena itu, membungkus makanan dengan plastik wrap sebelum dimasukkan kedalam lemari pendingin dapat membuat produk lebih tahan lama dan tetap segar.

Selain itu, plastic wrap dapat menggantikan aluminium foil dalam membungkus sisa makanan. 

Artikel ini akan membahas 3 cara mudah menggunakan plastik wrap sebagai penyimpan makanan agar tahan lama.

Apa Itu Plastik Wrap?

apa itu plastik wrap
Sumber: Southern Living

Plastik wrap adalah saput (film) plastik tipis yang biasanya digunakan untuk menutupi makanan agar makanan tetap segar. Tebal bungkus plastik yang biasa berkisar dari 00.10 sampai dengan 0.020 mikron.

Pada awalnya, plastic wrap ditemukan secara tidak sengaja dari suatu percobaan laboratorium kimia pada tahun 1933. Tujuan awal dari percobaan ini adalah untuk membuat plastik berbahan keras yang dapat digunakan sebagai cover mobil.

Hingga akhirnya keberadaan plastic wrap sangat banyak diminati dan banyak digunakan oleh berbagai industri. Salah satu industri yang banyak bergantung pada plastik wrap yakni industri makanan. Tidak hanya bergantung pada kemasan plastik yang digunakan sebagai wadah pengemasan, namun sebuah produk makanan juga sering bergantung pada keberadaan plastik pembungkus ini. 

Dahulu, plastic wrap dibuat dengan menggunakan bahan PVDC (Polyvinylidene chloride). Tapi ternyata, bahan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, terutama bila digunakan untuk membungkus makanan. Oleh karena itu, kini bahan untuk membuatnya diganti menjadi bahan LDPE (Low Density Polyethylene), sehingga lebih aman untuk pemakaian sehari-hari dalam rumah tangga maupun industri makanan.

Baca Juga: Fungsi Tirai Plastik PVC

Keunggulan Menggunakan Plastik Wrap

keunggulan plastik wrap untuk buah

Seperti yang sudah diketahui, plastik wrap memiliki keunggulan sebagai pembungkus sayuran atau buah buahan agar tampak segar, namun ada beberapa keunggulan lainnya yang dimiliki plastik wrap diantara.

  • Menjaga Kebersihan Makanan

Membungkus bahan makanan seperti sayuran dan buah buah-buahan sebelum dijual menggunakan plastic wrap dapat memperoleh keuntungan yakni meminimalisir kontak langsung dengan produk. Sehingga, kesegaran dan keamanan produk akan selalu terjaga.

  • Menekan Biaya Pengeluaran

Penggunaan plastik wrapping juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menekan biaya pengeluaran dibandingkan Anda harus menggunakan strapping, heat shrink film ataupun corrugated. 

  • Lebih Efisien

Plastic wrap lebih unggul dan lebih efisien dalam proses pengemasannya. Proses pengiriman barang pun menjadi lebih mudah karena produk yang dikemas masih dapat dilihat dengan mata. Selain itu, plastik wrap juga dapat digunakan untuk membungkus atau melapisi berbagai macam benda dan makanan.

3 Cara Menggunakan Plastik Wrap

Tips menggunakan plastik wrap

Menggunakan plastik wrap sebagai pembungkus makanan agar tahan lama tentu saja sudah sebagian orang mengetahui, inilah 3 cara menggunakan plastic wrap untuk menyimpan makanan agar tahan lama.

  • Membungkus Mangkok Dengan Plastik Wrap

Apabila Anda memiliki bahan baku sayuran seperti seledri namun tidak langsung Anda olah, Anda dapat menyimpannya di mangkok. Kemudian, tutup dengan tisu lembab dan bungkus seluruh mangkuk dengan plastic wrap. Cara ini dapat membuat bahan makanan bertahan lebih lama.

  • Bungkus Batang Dengan Plastik Wrap 

Buah buahan seperti pisang dan alpukat mudah busuk dengan cepat. Untuk menghambat pembusukan dan menjaganya tetap segar, Anda dapat membungkus batangnya dengan plastic wrap. Dengan begitu, buah dapat tahan lebih tahan lama dan tidak cepat busuk.

  • Bungkus Sisa Makanan Dengan Wrap

Seringkali kita tidak menghabiskan makanan yang kita beli atau kita buat. Agar makanan tidak terbuang sia-sia, maka Anda dapat menyimpan kembali makanan tersebut di lemari pendingin dengan cara membungkusnya menggunakan plastic wrap. Dengan begitu, makanan akan bertahan lebih lama dan bisa dikonsumsi kembali di lain hari.


Itulah informasi mengenai 3 cara menggunakan plastik wrap untuk menyimpan makanan agar tahan lama beserta pengertian dan keunggulannya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan Anda.

Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik wrap dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik wrapping dalam jumlah banyak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. 

Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork. Dapatkan banyak penawarannya dan jangan sampai ketinggalan.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks