Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Gorden rumah merupakan bagian ornamen furnitur di dalam rumah. Penggunaan gorden setiap hari tentu akan membuat kotoran mudah menempel. Gorden yang kotor tentu akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Maka dari itu Anda harus melakukan perawatan gorden secara rutin. Salah satunya dengan mencuci gorden satu hingga dua bulan sekali. Namun tak jarang saat mencuci gorden yang cukup intens akan membuat kualitas dan warna gorden memudar.

Kendati demikian bagi Anda yang mencuci gorden dengan langkah-langkah tepat, maka kualitas warna pun tetap awet. Lantas bagaimana cara merawat gorden yang baik dan benar? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Cara Mencuci Gorden yang Tepat

Dalam perawatan goren, hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu cara mencucinya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cuci dengan Cara yang Tepat

Selalu ikuti instruksi pencucian yang tertera pada label gorden. Gunakan air dingin dan siklus pencucian lembut untuk mencegah kerusakan pada serat kain dan meminimalisir risiko lunturnya warna. Menggunakan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pemutih juga penting untuk menjaga kecerahan warna gorden.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Meskipun gorden berfungsi untuk menghalangi sinar matahari, sebaiknya usahakan agar gorden tidak terkena paparan sinar matahari langsung secara berlebihan. Sinar UV dapat mempercepat proses pelunturan warna. Jika memungkinkan, gunakan tirai atau blinds untuk melindungi gorden dari paparan sinar matahari langsung.

3. Pengeringan yang Benar

Hindari menggunakan pengering dengan suhu yang tinggi karena panas dapat menyebabkan warna gorden memudar. Sebaiknya keringkan gorden dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh atau gunakan pengaturan pengering dengan suhu rendah.

4. Rutin Membersihkan Debu dan Menggunakan Pelindung UV

Debu dan kotoran yang menumpuk bisa membuat gorden tampak kusam dan memudar. Gunakan vacuum cleaner dengan attachment yang lembut untuk menyedot debu secara rutin, atau kocok gorden secara perlahan untuk menghilangkan debu.

Selain itu jika memungkinkan menggunakan pelindung UV. Beberapa produk pelindung UV khusus untuk kain dapat membantu melindungi gorden dari efek buruk sinar matahari. Semprotan atau pengobatan pelindung UV ini dapat diterapkan secara periodik untuk membantu menjaga kecerahan warna gorden.

5. Penggunaan Pewarna Ulang

Jika gorden sudah terlanjur pudar, cara merawat gorden selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan untuk mewarnai ulang dengan pewarna kain yang sesuai. Pastikan untuk memilih pewarna kain yang aman untuk jenis kain gorden Anda dan ikuti petunjuk pemakaian dengan hati-hati.

6. Penyimpanan yang Baik

Jika Anda sering mengganti dekorasi dan menyimpan beberapa set gorden, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkannya sepenuhnya sebelum disimpan. Gunakan tas penyimpanan yang bersih dan kering, serta simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Cara Mencuci Gorden Sendiri agar Tampak Baru

Jenis-jenis Bahan Kain Gorden

model gorden minimalis
Sumber: Etsy

Berikut adalah beberapa jenis kain gorden yang populer:

1. Katun

Katun adalah salah satu bahan paling populer untuk gorden karena ringan, mudah dicuci, dan memiliki pilihan pola serta warna yang beragam. Selain itu kain katun ini memberikan tampilan yang bersih dan segar, cocok untuk hampir semua ruangan.

2. Linen

Linen dikenal dengan teksturnya yang alami dan elegan. Kain ini cukup ringan dan memiliki kemampuan yang baik dalam mengalirkan udara, membuatnya ideal untuk ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Namun, linen mudah kusut dan memerlukan perawatan yang lebih teliti.

3. Sutra

Sutra adalah kain yang mewah dan berkilau dengan penampilan yang sangat elegan. Meskipun indah, sutra lebih sulit dirawat dan lebih rentan terhadap kerusakan dari sinar matahari, sehingga sering kali memerlukan lapisan pelindung atau penggunaan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Poliester

Poliester adalah bahan yang sangat populer untuk gorden karena tahan lama, mudah dirawat, dan tidak mudah kusut atau memudar. Bahan kain ini juga terjangkau dan tersedia dalam berbagai tekstur dan warna. Ini adalah pilihan praktis untuk setiap rumah.

5. Velvet

Velvet atau beludru menawarkan kedalaman dan kekayaan tekstur yang tidak dapat dicapai oleh banyak bahan lain. Sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang mewah dan dramatis, velvet juga baik dalam mengisolasi suara dan panas.

6. Voile

Voile adalah kain yang sangat ringan dan transparan, ideal untuk memberikan privasi sambil membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Sering digunakan untuk gorden lapis kedua di belakang gorden yang lebih tebal.

Baca Juga: Inspirasi Model Gorden Minimalis untuk Percantik Rumah

Mencuci gorden dengan tepat dapat menjaga kualitas kain gorden tampak seperti baru. Pastikan untuk menjemurnya di tempat yang teduh dan tidak terpapar cahaya matahari langsung, serta gunakan detergen yang aman.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Author

Enable Notifications OK No thanks