Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Kasur busa lipat merupakan jenis kasur yang terbuat dari busa poliuretan yang dirancang agar dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih kecil saat tidak digunakan. Salah satu kelebihan kasur ini adalah dapat dilipat dan dibuka dengan mudah, sehingga dapat digunakan sebagai kasur tambahan atau kasur portabel.

Dari segi perawatan, kasur ini tentu memiliki langkah yang berbeda. Lantas bagaimana cara merawat kasur agar tidak mudah kempes? Selengkapnya berikut ini perawatannya agar tidak mudah kempes dan tahan lama.

Cara Merawat Kasur Lipat Busa

Merawat kasur lipat busa dapat membantu memperpanjang umur pakai dan kenyamanannya. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kasur lipat busa.

Gunakan Pelindung Kasur

Pasang pelindung kasur untuk melindungi busa dari debu, kotoran, dan cairan. Pelindung kasur dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kasur. Ini membantu mencegah penyerapan dan penetrasi bahan ke dalam kasur.

Putar dan Balik Kasur secara Berkala

Jika mungkin, putar dan balik kasur lipat secara berkala. Ini membantu meratakan pemakaian dan mencegah terjadinya cekungan atau perubahan bentuk yang tidak merata.

Hindari Menginjak Kasur dengan Sepatu

Selalu hindari menginjak kasur dengan sepatu untuk mencegah penumpukan kotoran dan debu di permukaan kasur. Sepatu bisa membawa kotoran, debu, dan partikel kecil dari luar ruangan. Menginjak kasur dengan sepatu dapat mentransfer kotoran ini ke permukaan kasur, yang dapat mengakibatkan kotoran menumpuk dan menyebabkan kasur menjadi kotor.

Jaga Kebersihan Ruangan Tidur

Jaga kebersihan ruangan tidur secara umum. Bersihkan secara rutin, vakum karpet, dan pertahankan kondisi kebersihan lingkungan tidur. Sprei kasur membentuk lapisan pelindung tambahan yang dapat membantu melindungi kasur dari tumpahan cairan seperti keringat, minuman, atau cairan lainnya. Ini membantu mencegah noda dan penyerapan ke dalam kasur.

Gunakan Sprei Kasur

Gunakan sprei kasur untuk melindungi kasur dari noda dan kotoran. Sprei kasur dapat dicuci secara berkala untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

Ventilasi dan Sirkulasi Udara

Secara periodik, biarkan kasur terbuka untuk ventilasi dan sirkulasi udara. Ini membantu mengurangi kelembaban dan mencegah perkembangan jamur atau bau tidak sedap.

Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Kasur Lantai

Tips Agar Kasur Tidak Mudah Kempes

kasur busa lipat
Sumber: Pexels

Seperti halnya kasur busa lainnya, kasur ini juga dapat mengalami kempes seiring dengan pemakaian. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Pilih Kasur Lipat dengan Kualitas yang Baik

Saat memilih kasur, Anda perlu memperhatikan kualitas busa yang digunakan. Kasur busa lipat yang berkualitas terbuat dari busa poliuretan yang padat dan memiliki kepadatan yang tinggi. Ini memiliki kualitas yang baik akan lebih tahan lama dan tidak mudah kempes. Salah satunya kasur dengan kualitas terbaik adalah dari Raja Karpet Indonesia.

Anda dapat mengetahui kualitas busa kasur busa dengan melihat kepadatan busanya. Kepadatan busa biasanya dinyatakan dalam angka. Semakin tinggi angka kepadatan busa, maka semakin padat busa tersebut. Kasur busa lipat dengan kepadatan 25 kg/m3 atau lebih merupakan kasur busa lipat yang berkualitas baik.

Gunakan Sesuai dengan Kapasitasnya

Kasur ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas kasur ini biasanya dinyatakan dalam kilogram. Jangan menggunakan kasur busa lipat untuk kapasitas yang melebihi kapasitasnya.

Kasur yang digunakan untuk kapasitas yang melebihi kapasitasnya akan lebih cepat kempes. Misalnya, jika kasur busa lipat Anda memiliki kapasitas 100 kg, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan kasur busa lipat tersebut untuk orang yang memiliki berat badan lebih dari 100 kg.

Jaga Kebersihan

Kasur  yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur dapat menyebabkan kasur busa lipat cepat kempes. Maka dari itu sering-seringlah membersihkan dan menjemurnya.

Simpan Kasur dengan Benar

Kasur busa lipat yang disimpan dengan benar akan lebih tahan lama dan tidak mudah kempes. Sebaiknya simpan  di tempat yang kering dan tidak lembap. Hindari menyimpan kasur di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Simak Tips Mudah Memilih dan Merawat Kasur Bulu

Keuntungan Memiliki Kasur Lipat

kasur busa lipat
Sumber: Freepik

Kasur  jenis ini memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di berbagai situasi. Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki kasur lipat.

Fleksibilitas Ruang

Kasur lipat sangat berguna untuk ruangan yang memiliki batasan tempat atau ruang yang serbaguna seperti studio apartemen atau kamar tamu. Ketika tidak digunakan, kasur dapat dilipat untuk memberikan lebih banyak ruang.

Solusi untuk Tamu Tidur

Kasur lipat adalah solusi yang baik untuk menyediakan tempat tidur tambahan untuk tamu tanpa membutuhkan ruang tidur permanen. Dengan mudah dilipat dan disimpan, kasur ini dapat dikeluarkan saat diperlukan.

Pilihan Sofa dan Tempat Tidur dalam Satu

Kasur ini sering berfungsi ganda sebagai sofa dan tempat tidur. Ini memberikan keleluasaan dalam penggunaan ruang, memungkinkan ruangan untuk digunakan sebagai area bersantai dan tempat tidur.

Hemat Tempat di Ruang Kecil

Ideal untuk ruang kecil di mana memaksimalkan setiap inci ruang sangat penting. Kasur lipat memungkinkan penggunaan ruang untuk kebutuhan yang berbeda tanpa mengorbankan banyak tempat.

Praktis untuk Penggunaan Sehari-hari

Kasur ini sangat berguna untuk mereka yang tinggal di ruangan yang berfungsi ganda, seperti ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tidur tambahan di malam hari.

Pilihan Tempat Tidur Darurat

Dapat digunakan sebagai tempat tidur darurat jika ada tamu yang perlu bermalam tanpa perlu membuat tempat tidur permanen.

Demikian ulasan mengenai cara merawat kasur lipat agar tidak mudah kempes, tips, dan beberapa keuntungan memilikinya. Ada banyak tempat yang jual kasur busa lipat. Untuk mendapatkan kasur busa lipat berkualitas dengan harga bersahabat, Anda dapat menghubungi Raja Karpet Indonesia yang sudah lama melayani pesanan kasur busa lipat dan berbagai jenis rapet ke seluruh wilayah di Indonesia.

Editor: Langgeng Irma S.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks