Indonetwork, Bahan BangunanCara pasang batako untuk pemula mungkin terlalu sulit, karena Anda tidak terbiasa untuk memasang batako atau membangun dinding.

Pemasangan batako dianggap sebagai salah satu keterampilan konstruksi yang paling mudah untuk dicoba, sehingga banyak orang ingin mencoba membangun rumah secara mandiri. Akan tetapi, pemasangan batako juga tidak bisa dianggap enteng. Terutama jika Anda sedang membangun dinding struktural.

Apabila Anda ingin membangun rumah secara mandiri, Anda bisa mencari tahu melalui internet cara memasang batako yang mudah. Dengan begitu, Anda memiliki sedikit banyak pengetahuan terkait tips dan trik dalam memasang batako.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai cara memasang batako untuk pemula. Simak untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Pasang Batako untuk Pemula

cara pasang batako untuk pemula
Sumber: Pinterest

Sebelum mulai untuk menyusun batako, pastikan peralatan dan material yang Anda butuhkan, ada di dekat Anda, sehingga tidak perlu berlari kesana kemari untuk mengambil atau mencari alat-alat yang akan digunakan.

Berikut beberapa peralatan yang Anda perlu untuk memasang batako, diantaranya yaitu sekop bata, palu, tali, pita pengukur, batako, dan pasir.

1. Letakkan 1 Batako di Ujung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan batako pada kedua ujung dinding tempat pilar akan dibuat. Pastikan bahwa sebelumnya, Anda telah memasang pondasi terlebih dahulu.

Untuk menghasilkan dinding yang lurus, Anda bisa menggunakan garis senar diantara kedua sisi bata setinggi dinding yang akan dibangun.

2. Campur Pasir dan Semen

Setelah itu, Anda perlu membuat adonan antara pasir dan semen sebagai lem perekat antara batako satu dan batako lainnya.

Cara untuk mencampur kedua material tersebut adalah ambil masing-masing 5 sekop pasir dan 5 sekop semen. Aduk kedua material hingga tercampur rata dan kumpulkan keduanya dalam satu tempat.

Buatlah lubang pada bagian tengahnya, lalu tuangkan air dan aduk. Untuk mendapatkan tekstur yang halus, Anda bisa mengulangi mengaduk adonan tersebut hingga tercampur rata dan halus.

3. Letakkan Lapisan Mortar Pertama

Langkah selanjutnya adalah melapisi dasar batako yang berada di urutan paling bawah dengan mortar. Anda bisa melakukannya 1-2 cm di sepanjang garis tali.

4. Buat Pilar Bata

Setelah itu, letakkan batako pada sisi ujung dinding. Setiap jalur batako pilar yang berurutan harus diletakkan dalam arah yang berlawanan.

5. Potonglah Batako

Ketika membuat dinding, tidak semua bagian menggunakan 1 batako utuh. Akan tetapi, pada beberapa bagian (ujung) Anda harus menggunakan setengah batako.

Untuk memotong batako, Anda bisa menggunakan palu. Pastikan bahwa batako Anda terpecah dengan sempurna.

Baca juga: Mengenal Ukuran Bata Ringan untuk Kebutuhan Konstruksi Bangunan

6. Buatlah Pilar Satu Jalur di Depan

Bangun setidaknya jalur yang lebih tinggi di atas pilar daripada bagian dinding lainnya. Anda bisa memindahkan garis senar ke atas tiap kali dinding yang dibangun menjadi lebih tinggi. Pastikan bahwa ujung setiap batako berada di tengah batako di bawahnya.

7. Pastikan Batako Menempel Pada Sambungan Mortar

Sambungan mortar, baik horizontal dan vertikal harus memiliki ketebalan 10mm. Apabila Anda menggunakan batako standar, harus ada jarak 75 mm dari bagian atas setiap bata ke bagian atas batako di bawahnya.

8. Tambahkan Batu Coping

Untuk memberikan sentuhan tata letak batako yang berbeda, Anda bisa meletakkan batako dengan memutar sisi-sisinya, sehingga memiliki arah yang berbeda dengan susunan batako sebelumnya.

Selain menambahkan efek tata letak yang berbeda pada dinding, hal ini juga bisa membuat pekerjaan Anda cepat selesai.

9. Mengaplikasikan Arah Lain dalam Menata Batako

Selain itu, Anda juga bisa memutar batako secara vertikal memanjang. Gunakan garis senar kedua yang lebih tinggi untuk mempertahankan hasil akhir yang sama.

Perbedaan peletakan batako untuk membangun sebuah dinding, bisa Anda lakukan untuk membangun dinding taman. Mengingat sebagian besar dinding taman tidak dilapisi lagi dengan semen, sehingga variasi peletakan batako Anda akan terlihat dan terkesan sebagai karya estetis.

10. Rapikan Mortar yang Tidak Rata atau Berlebih

Anda bisa menggunakan sekop khusus mortar untuk menghilangkan bagian mortar yang berlebih. Mulailah dengan garis horizontal dan ikuti dengan garis vertikal agar lebih mudah dalam menghilangkan mortar yang berlebih.

Pastikan bahwa mortar yang Anda ambil tidak menghilangkan mortar yang berada di antara batako satu dan batako lainnya.

11. Bersihkan

Apabila batako yang telah disusun memiliki cipratan kecil semen, Anda bisa menyapunya dengan lembut menggunakan sapu lidi.

Kemudian, jangan lupa juga membersihkan mortar yang jatuh ke tanah atau lantai. Anda juga bisa menggunakan air apabila sulit untuk dibersihkan, tetapi pastikan air tidak terkena dinding yang baru saja Anda bangun.

Baca juga: Jenis Baja Profil yang digunakan Pada Konstruksi Gedung

Jual Batako Murah Berkualitas

cara pasang batako untuk pemula
Sumber: Pinterest

Terdapat banyak sekali produsen batako di Indonesia yang bisa Anda temui di toko-toko offline. Tidak hanya itu, saat ini Anda juga bisa membeli batako di online store. Salah satu produsen yang menjual batako adalah PT. Triputra Jaya Makmur.

PT. Triputra Jaya Makmur menyediakan berbagai macam material alam seperti pasir, batu gunung, batu pecah, batu koral, bati beton, batako, bata merah, bata ringan, dan lain sebagainya. Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait produsen batako, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork.

Itulah sekilas mengenai cara pasang batako untuk pemula yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks