Indonetwork, Bahan BangunanCara pasang plafon PVC rumah minimalis terbilang tidak terlalu sulit, bahkan mudah dipasang. Anda hanya memerlukan beberapa peralatan dan bantuan seseorang untuk menyelesaikannya.

Saat ini, terdapat berbagai macam plafon PVC. Mulai dari berbahan board hingga plastik. Kedua bahan tersebut sama-sama bisa menambah karakteristik rumah hunian Anda. Bahan plafon ini pun sangat mudah untuk disesuaikan dengan gaya rumah hunian.

Lalu, bagaimana cara memasang plafon PVC minimalis? Berikut cara mudahnya!

Cara Pasang Plafon PVC Minimalis

Apabila Anda berencana untuk memasang plaon PVC pada rumah hunian, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Persiapkan Kebutuhan Pemasangan Plafon

cara pasang plafon PVC minimalis
Sumber: Pinterest

Langkah pertama memasang plafon adalah mempersiapkan bahan dan peralatannya. Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan seperti paku, kompresor, pengencang, plafon PVC, palu, blok kayu, dan beberapa bahan lainnya.

Perlu diketahui juga, bahan dan material yang biasa digunakan berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing.

2. Mengukur Plafon Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Untuk mengetahui berapa banyak plafon yang dibutuhkan, maka Anda harus mengukurnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan ukuran teras dari depan ke belakang.

Kemudian kurangi 0,5 inci dari pengukuran tersebut untuk menyisakan 0,25 inci di sekeliling atap sebagai ruang bagi plafon untuk mengembang. Mengingat semua PVC dapat mengembang dan berkontraksi untuk menyesuaikan dengan suhu disekitar.

3. Terapkan Perhitungan yang didapat ke Plafon

Pada tahap ini, Anda perlu mengukur lebar lembaran, rata-rata lebar lembaran yang dibutuhkan untuk mendapat lebar papan setelah penyusutan. Kemudian bagilah lebar langit-langit teras dengan lebar plafon.

Apabila pelat terakhir kurang dari 2 inci, rapikan pelat pertama dan sebelumnya agar jarak tampak merata. Lalu tambahkan lebar papan terakhir dengan lebar seluruh papan dan kurangi 0,5 inci untuk menghitung luas selubung PVC dengan membaginya dengan 2.

Anda bisa menggunakan bantuan spidol hitam dan penggaris untuk membuat garis lurus dan menghasilkan ukuran yang pas.

Baca juga: 10 Inspirasi Model Tiang untuk Rumah Hunian Anda

4. Potong Plafon Sesuai Ukuran

Selanjutnya, gunakan gergaji untuk memotong plafon sesuai ukuran yang dibutuhkan. Terdapat tiga metode untuk memotong plafon PVC, diantaranya yaitu menggunakan pisau stanley, gergaji tangan bergigi halus, dan gergaji pemotong elektronik.

Pastikan panel menghadap ke bawah agar tidak pecah ketika Anda memotongnya menggunakan pisau stanley yang tajam. Anda bisa menggunakan waterpas atau penggaris sebagai panduan untuk memotong sepanjang panel dan pegang kuat-kuat.

Apabila menggunakan gergaji tangan bergigi halus, pastikan untuk menggunakan gigi yang tajam. Sementara jika menggunakan gergaji pemotong elektronik, pastikan gergaji tersebut tajam dan posisikan panel menghadap ke gergaji, serta sejajar dengan garis tanda yang Anda buat. Pastikan gergaji dalam kecepatan penuh saat Anda memotong, agar tidak ada ujung papan yang terkelupas.

5. Paku Plafon PVC

Pemakuan plafon bisa Anda lakukan dengan menempatkannya di langit-langit ruang secara satu persatu. Sebelum Anda memaku plafon, Anda juga bisa mengaplikasikan lem perekat pada plafon. Anda bisa memaku setiap lembar plafon dengan jarak 16 inci di tengah lebar dan 12 inci di sekeliling plafon.

Dorong paku dalam jarak 0,5 inci hingga 0,75 inci dari tepi luar plafon PVC. Idealnya, Anda cukup menggunakan 3 paku untuk menahan plafon yang terdiri dari 2 bagian di tepi dan 1 di tengah.

Apabila ruangan Anda memiliki langit-langit yang lebar, Anda bisa menambahkan beberapa paku tambahan untuk menambah keamanan.

6. Pengeboran untuk Lampu

Pembuatan lubang untuk lampu bisa dilakukan sebelum atau sesudah pemasangan plafon pada langit-langit, tergantung pada sifat pemasangan Anda.

Baca juga: Panduan Memilih Gorden Estetik untuk Kamar Tidur

Jual Plafon PVC Terbaik

cara pasang plafon PVC minimalis
Sumber: Pinterest

Dengan berbagai perkembangan serta kemajuan pendidikan maupun teknologi, saat ini terdapat banyak sekali model dan desain plafon yang bisa disesuaikan dengan gaya rumah hunian Anda.

Meskipun letaknya di atas dan jarang terlihat secara langsung oleh mata, plafon tetap menjadi salah satu komponen rumah yang bisa memberikan kesan dan keestetikan. Oleh karena itu, desain plafon pun harus dibuat secantik mungkin dan sesuai dengan gaya rumah hunian Anda.

Untuk mendapatkan referensi toko atau produsen yang menjual plafon PVC, Anda bisa mengeceknya dan berselancar pada halaman website Indonetwork. Di sana terdapat banyak sekali supplier hingga kontraktor yang bisa membantu Anda mewujudkan plafon PVC terbaik. Salah satunya adalah PT. Triputra Jaya Makmur.

PT. Triputra Jaya Makmur merupakan perusahaan perdagangan besi dan baja serta bahan-bahan konstruksi lainnya. Seperti interior, furniture, hingga peralatan elektronik. Salah satu bahan konstruksi yang mereka jual adalah plafon PVC.

Mereka menjual berbagai jenis plafon seperti plafon PVC, PVC board, pipa PVC, dan pintu PVC kamar mandi. Plafon PVC yang dijual oleh PT. Triputra Jaya Makmur adalah plafon yang anti bocor, anti rayap, tahan kusam, mudah dibersihkan, tidak merambat api, dan tahan lama.

Selain itu, untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya.

Itulah cara pasang plafon PVC minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dalam memasang plafon rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks