Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Kamar tidur adalah tempat perlindungan pribadi Anda maka sebenarnya memilih gorden bukan hanya estetika yang menjadi pertimbangan, namun lebih dari itu. Pilihan desain interior yang Anda buat di kamar tidur dapat mempengaruhi tidur Anda, sehingga berdampak pula pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Menurut penelitian, cahaya adalah faktor eksternal terpenting yang mempengaruhi tidur. Maka dari itu, tulisan di bawah ini akan membantu Anda mengatur bagian-bagian tersebut, disertakan pula rekomendasi gorden murah Jakarta sehingga mempermudah Anda mencari tempat yang terpercaya untuk membelinya.

Peran Gorden dalam Kalam Tidur

Gorden tidak hanya mengikat ruangan, tetapi juga dapat memainkan peran dalam ritme sirkadian kita, yaitu jam internal kita yang memberi tahu tubuh kita kapan waktunya untuk beristirahat. Intinya? Jangan remehkan kekuatan gorden kamar tidur.

Menurut seorang ahli, biasanya gorden harus dipasang empat hingga enam inci di atas bingkai jendela Anda. Gorden dijual dalam tiga ukuran yaitu 108 inci, 96 inci, dan 84 inci. Jika ukuran standar tidak cocok untuk Anda, maka Anda dapat membuat gorden murah Jakarta secara custom. Tirai privasi blackout biasanya lebih disukai untuk kamar tidur, terutama di kamar untuk anak kecil atau orang yang suka berswafoto.

Baca Juga: 7 Bahan Gorden Rumah Minimalis di Jakarta

Panduan Memilih Gorden Kamar

Berikut beberapa tips memilih gorden kamar agar suasana kamar semakin membuat nyaman.

1. Memilih Kain

Gorden Murah Jakarta
Sumber: Pixabay.com

Saat memilih gorden murah di Jakarta, mulailah dengan bahan. Katun adalah pilihan yang paling umum, bahannya ringan, breathable, dan mudah dirawat. Pilih kain yang bisa dicuci dengan mesin jika Anda tidak ingin repot ketika harus membersihkannya.

Namun, jika Anda menginginkan kesan mewah, pertimbangkan kain yang lebih berat dan mewah. Kain bertekstur seperti sutra adalah pilihan yang bagus. Sutra membiarkan cahaya masuk untuk tampilan yang lapang dan mewah. Namun, lebih sulit untuk dirawat dan harganya mahal.

Salah satu ide apik yang lain adalah gorden berbahan beludru. Beludru memiliki sifat yang berat dan sangat baik untuk melindungi jendela Anda dari angin dingin dan hari-hari musim panas. Bahan ini ideal untuk mendukung suasana tidur di larut malam atau kamar dengan sinar matahari langsung. Namun, debu mudah menempel di kain beludru sehingga membutuhkan lebih banyak perawatan.

Jika Anda mencari gaya yang ringan di kantong namun tetap enak dipandang mata, pilihlah poliester. Harga poliester cukup murah, perawatan mudah, dan cocok untuk penghuni rumah baru. Meskipun, kainnya mudah terbakar dan menyerap bau, namun kamar tidur Anda adalah salah satu ruangan yang paling kecil kemungkinannya terdapat api atau bau menyengat, tidak seperti dapur Anda.

Anda juga dapat memilih gorden kamar tidur berbahan linen yang ringan dan ramah lingkungan karena dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Jika kamar tidur Anda cenderung lembab, linen adalah pilihan yang baik. Namun, kain ini lebih mahal daripada katun dan mudah kusut.

2. Memilih Warna dan Pola

Panduan Memilih Gorden Estetik
Sumber: Pixabay.com

Warna-warna bernuansa dingin cocok dengan nada-nada dingin lainnya, dan sebaliknya. Hindarilah warna-warna cerah jika kamar tidur Anda terkena sinar matahari yang tinggi. Cahaya alami akan memudarkan warna seiring waktu. Gorden bermotif dapat memiliki efek yang sama seperti sebuah karya seni saat digambar seluruhnya, jadi ingatlah itu selama proses pemilihan.

Sebaiknya pertimbangkan warna yang menenangkan dan damai seperti hijau, biru atau merah muda di kamar tidur. Warna-warna ini semua dikenal karena kualitasnya yang menenangkan. Biru bahkan dikatakan membantu melawan insomnia dan kecemasan.

Saat memilih warna gorden kamar tidur Anda, penting untuk mengingat skema warna dan dekorasi ruangan lainnya. Jadi, jika sisa kamar tidur Anda dipenuhi dengan warna dan pola yang berani, pertimbangkan untuk menjaga gorden Anda dengan nada netral yang halus. Namun, jika ruangan Anda sudah netral, Anda bisa menambahkan sedikit kehidupan ke dalam ruangan dengan tirai berwarna cerah.

3. Memilih Hanger Gorden

Panduan Memilih Gorden Estetik
Sumber: Pixabay.com

Batang gorden yang lebih tebal dapat menahan berat kain apa pun dan memberikan tampilan yang lebih mewah. Tiang atau batang tersebut baiknya menyatu dengan gorden itu sendiri. Gorden sutra atau satin cocok dengan besi tempa atau kayu, sedangkan gorden berbahan linen kasar beraksen cocok dengan sentuhan kayu atau logam.

4. Menentukan Panjang Gorden

Panjang gorden tentu saja tergantung pada ukuran jendela Anda, dan preferensi pribadi. Anda juga perlu memikirkan bentuk jendela Anda dan apa yang cocok untuknya. Pada umumnya, menggantungkan gorden ke lantai akan selalu membantu ruangan terlihat elegan.

Gorden panjang yang menyentuh lantai memang terlihat indah di jendela yang tinggi. Namun, Anda harus berhati-hati dengan pilihan kain dan ingat bagaimana Anda akan membersihkan bagian bawahnya. Berikan kesan dramatis pada ruangan dengan menggantung gorden lebih tinggi dari jendela. Saat mengukur jendela, pastikan untuk mengambil panjang penuh sehingga gorden turun ke lantai tanpa celah.

Baca Juga: 5 Kombinasi Terbaik Gorden Rumah Minimalis

Rekomendasi Gorden Murah Jakarta

CV. D’Big Interior menyediakan beberapa jenis dan tipe gorden murah Jakarta. Untuk pengiriman ke daerah Jabodetabek, perusahaan tersebut akan memberikan pengiriman gratis untuk jumlah pembelian sesuai dengan ketetnuan. Dengan bahan yang berkualitas CV. D’Big Interior telah dipercaya sebagai salah satu supplier interior khususnya untuk gorden atau curtains.

Jenis-jenis gorden yang tersedia di CV. D’Big Interior meliputi gorden untuk jendela dan pintu tersedia dalam berbagai pilihan bahan dan warna serta curtains motorized yang dioperasikan dengan saklar, remote, atau home automation. Tersedia pula roller blind dan gorden rumah sakit bersertifikat anti-bacterial dan fire resistant, sebagai penyekat ruangan, menjaga privasi antar pasien, dan mencegah penyebaran bakteri.

Anda juga bisa memilih berbagai macam wallpaper dinding bermotif, mulai dari motif Disney, motif natural, hinga wallpaper dinding custom yang membuat ruangan Anda semakin nyaman. Hubungi CV. D’Big Interior pada nomor telepon yang tersedia atau langsung datang ke kantor mereka yang berlokasi di Ruko Palm Crown Blok OO 1 No. 9 | Jl. Taman Surya 5, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks