Indonetwork, Budidaya -  Lebah madu merupakan hewan yang memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan manusia. Tidak heran kalau banyak orang yang melakukan budidaya atau ternak madu. Apalagi cara ternak lebah madu bagi pemula relatif lebih mudah.

Permintaan pasar terhadap madu sangat tinggi karena banyak yang menjadikannya sebagai obat. Bahkan madu yang berkualitas bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat mahal.

Kalau Anda ingin memulai usaha ternak bibit lebah madu tentu saja potensinya sangat besar. Anda bisa memperoleh banyak keuntungan selama melakukan ternak dengan cara yang benar.

Baca juga: 8 Manfaat Sarang Burung Walet yang Berharga Selangit

Cara Ternak Lebah Madu Bagi Pemula

Ingin tahu lebih lanjut tentang cara ternak lebah madu bagi pemula? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Persiapkan Modal Awal

Alasan Memilih Serta Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar - Netsolmind
Sumber: netsolmind.com

Modal yang Anda perlukan di awal tidak begitu besar. Kecuali jika Anda ingin meningkatkan skala budidaya menjadi lebih besar lagi, maka Anda butuh modal yang besar.

Untuk pemula, dengan modal sebesar Rp600 ribuan saja sudah cukup. Modal tersebut bisa Anda pakai untuk merawat 4 kotak sarang lebah.

Kalau sudah punya modal yang besar, Anda bisa ditingkatkan skalanya menjadi 40 kotak. Bahkan jika modal yang Anda miliki memang lebih banyak lagi, Anda bisa memiliki 40 kotak yang dapat dihuni oleh 1 koloni madu.

Saran kami, Anda bisa meningkatkan skala budidaya jika usaha Anda sudah banyak membuahkan hasil. Untuk pemula, mulai saja dari yang skala kecil terlebih dahulu. Karena modal dan kemampuan yang Anda miliki juga belum begitu mendukung.

2. Mempersiapkan Perlengkapan dan Tempat

Kayu Mahoni: Karakteristik, Kegunaan, Plus & Minus
Sumber: bramblefurniture.com

Peralatan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan proses budidaya lebah madu. Karena beternak lebah madu mempunyai resiko yang sangat tinggi, sehingga Anda memerlukan perlengkapannya dengan lengkap.

Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk memulai usaha budidaya lebah madu?

  • Papan kayu mahoni dengan ketebalan 3 cm.
  • Bingkai kayu untuk sarang lebah madu dan untuk mengurung ratu lebah madu.
  • Alat pengasap untuk menjinakan lebah madu ketika panen.
  • Pakaian pelindung yang dilengkapi dengan tudung dan masker.
  • Sarung tangan tebal.

Lingkungan yang akan Anda jadikan tempat beternak juga perlu diperhatikan dengan seksama. Hal yang paling penting adalah tempat tersebut harus jauh dari keramaian.

Kemudian tempat tersebut harus Anda tanami beberapa bunga sebagai media bagi lebah untuk mencari makanan. Supaya lebah madu tidak mati, suhu lingkungannya sebisa mungkin harus pada suhu ideal yaitu 25 derajat celcius.

3. Pembuatan Kotak Lebah

Sarang Lebah Madu Australia Madu,Kotak Lebah Madu/peralatan Pemeliharaan Lebah Madu - Buy Sarang Lebah Madu,Kotak Lebah Madu,Bee Menjaga Peralatan Product on Alibaba.com
Sumber: alibaba.com

Kotak ini berfungsi sebagai rumah bagi para lebah. Anda bisa membuat kotak ini dengan lebih sederhana. Tapi jika koloni lebah sudah berkembang dan ada ratu lebahnya, Anda bisa membuat kotak yang bervariasi.

Kotak tersebut harus Anda buat seperti halnya peti kayu dengan lebar 25 cm dan panjang 30-40 cm. Tempatkan bingkai kayu sebagai sarang lebah dan beri wadah khusus sebagai tempat makan lebah.

Baca juga: CARA BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA

4. Memilih Bibit Lebah

Panduan Lengkap Cara Beternak Lebah Madu untuk Pemula - Pinhome
Sumber : www.pinhome.id

Bibit menjadi penentu apakah proses budidaya lebah madu Anda berjalan lancar atau sebaliknya. Pastikan untuk memilih bibit berkualitas dan unggul supaya hasil panennya juga maksimal.

Salah satu spesies lebah yang dapat menghasilkan madu berkualitas adalah spesies Mellifera.

Ketika membeli bibit lebah, Anda memerlukan lebah pekerja, lebah jantan dan lebah ratu. Bibit yang telah Anda dapatkan kemudian dipindahkan ke dalam kotak kayu yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Sekarang sudah banyak toko yang jual bibit lebah, salah satunya adalah Rimba Raya Bee Farm. Toko ini menjual berbagai bibit lebah, termasuk juga jual bibit trigona.

5. Pemeliharaan

Manfaat Royal Jelly untuk Perawatan Wajah, Wajib Coba
Sumber: suara.com

Ketika proses memindahkan lebah, oleskan royal jelly ke bagian dalam kotak. Atau Anda juga bisa menempatkannya pada wadah khusus yang sebelumnya telah diisi oleh air gula.

Tujuan pemberian royal jelly itu yaitu sebagai sumber makanan bagi para lebah. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin dan membersihkan kotak dari dari rayap secara rutin.

Lingkungan sekitar kotak juga harus Anda bersihkan. Misalnya membersihkan rumput liar.

6. Panen

Serunya Ikut Memanen Madu Hutan Flores, Sempat Disengat Lebah! Halaman all - Kompas.com
Sumber: travel.kompas.com

Proses panen memang termasuk sangat merepotkan karena lebah madu sangat agresif. Oleh sebab itu Anda harus menggunakan perlengkapan yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Lakukan pengasapan supaya para lebah menjauh dari Anda. Ambil bingkai-bingkai yang ada di dalam kotak secara perlahan.

Jika menemukan sarang yang di dalamnya ada telur, sebaiknya memasaknya saja. Karena kandungan bergizi dalam telur lebah sangat bagus untuk kesehatan.

Itulah 6 cara ternak lebah madu bagi pemula yang dapat Anda coba. Pastikan untuk mengetahui teknik dan peralatannya yang lengkap. Karena beternak lebah madu punya resiko yang cukup tinggi.

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks