Indonetwork, Budidaya – Budidaya ikan nila sekarang ini tidak hanya digemari oleh masyarakat kampung saja, namun juga perkotaan. Banyak dari mereka yang budidaya ikan ini dengan memakai kolam terpal. Apalagi cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula juga relatif lebih mudah.

Banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh ketika melakukan budidaya ikan nila dengan kolam terpal dibandingkan kolam beton. Apalagi untuk Anda yang punya modal terbatas dan ilmu yang masih minim. Budidaya ikan nila dengan memakai terpal adalah solusi yang tepat.

 

Cara Budidaya Udang Vaname

Baca juga: Cara budidaya udang vaname

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Untuk Pemula

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika budidaya ikan nila dengan memakai kolam terpal. Berikut ini adalah rangkuman kami tentang cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula.

1. Menentukan Lokasi

Sebelum mempersiapkan berbagai perlengkapan budidaya ikan nila, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah lokasinya. Anda harus memperhatikan hal ini karena akan berperan penting untuk keberlangsungan ikan ke depannya.

Bagaimana Pemilihan Lokasi Budidaya Ikan Dalam Kolam? - Kompasiana.com
Sumber: kompasiana.com

Lokasi yang bagus untuk budidaya ikan nila adalah lebih mudah dipantau oleh Anda. Misalnya lokasinya dekat dengan rumah Anda. Kemudian lahan yang akan dijadikan tempat penyimpanan kolam harus bersih dari rumput liar dan pohon besar.

Selanjutnya yaitu kolam harus terbebas dari berbagai jenis kotoran dan sampai. Hindari memlih tempat yang mudah didekati hewan liar. Terakhir, pastikan kolam memperoleh pencahayaan yang cukup.

2. Siapkan Kolam Terpal

Jual JUAL PAKET BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA VITERNA POC NASA HORMONIK TON di Lapak YURI OLSHOP | Bukalapak
Sumber: bukalapak.com

Cara mempersiapkan kolam terpal yaitu sebagai berikut.

  • Geruk tanah dengan kedalaman 70 cm.
  • Ratakan bagian dasar galian tanah.
  • Tempatkan batu-batu pada dasar tanahnya.
  • Atur penempatan batu sehingga Anda bisa mengisi air ke kolam dengan lebih mudah.
  • Buat tanggul pada kolam terpal supaya kolamnya kuat dan tidak mudah hancur.
  • Taburkan sekam pada kolam secara merata.
  • Gunakan tepral yang rapi dan berikan pemberat di bagian ujunya supaya kuat terhadap angin dan hujan.
  • Buat aliran masuk dan keluar air.
  • Jaga sanitasi air kolam hingga kandungan air tetap bersih.

3. Memilih Benih Ikan Nila

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah memilih benih ikan nila yang akan Anda budidayakan. Pilih benih ikan nila yang berkualitas supaya hasilnya juga bagus.

Update Terkini Daftar Harga Bibit Ikan Nila Kualitas Unggul - Aplikasi Pertanian & Media Agribisnis | GDM Agri
Sumber: gdmagri.com

Jangan tergiur dengan benih ikan nila yang harganya murah. Kami sarankan untuk membeli ikan nila yang harganya mahal, tapi kualitasnya bagus.

Anda dapat mengambil beni ikan nilai langsung dari induknya langsung atau beli ke toko bibit. Ada banyak toko yang menjual benih ikan lele dan pilih benih yang bagus. Beberapa karakteristik benih ikan nila yang bagus adalah gesit, warnanya seragam, tidak ada cacat, dan aktif.

4. Penaburan Benih

Sebelum menabur benih ikan nila ke dalam kolam terpal, Anda harus menaburkan probiotik terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk mempercepat perkembangan microorganisme. Proses ini memerlukan waktu sekitar 7 hingga 10 hari.

40.000 Benih Ikan Nila Ditabur Di Perairan Umum Daratan/Pea
Sumber: greenberita.com

Jika microorganisme dalam kolam terpal sudah tumbuh, Anda sudah bisa menaburkan benih ikan nila ke dalam kolam terpal. Cara menaburan benih ikan nila juga harus dilakukan dengan benar.

Masukkan benih ikan nila ke dalam ember yang sudah berisi air bersih dan biarkan terlebih dahulu selama 10 menit. Selanjutnya yaitu penuhi batasan air di dalam ember lalu diamkan laig selama 5 menit.

Proess ini bertujuan untuk menahan benih ikan nila dari depresi. Jika sudah dlakuakan, Anda bisa menebarkan benih ikan nila ke dalam kolam terpal.

5. Proses Perawatan

Proses perawatan benar-benar harus diperhatikan supaya hasilnya juga maksimal. Salah satunya adalah memberikan pakan yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, dan mineral. Berikan pakan dan minum sebanyak dua kali sehari.

Pembenihan Ikan Nila - Benih Ikan Nila
Sumber: benihikannila.com

Bibit yang baru saja Anda masukkan ke dalam kolam, sebaiknya jangan diberi pakan terlebih dahulu. Biarkan terlebih dahlul selama tiga hari supaya mereka bisa menyesuaikan diri dengan kondisi kolam.

Jangan cemas jika ikan nila kelaparan karena banyak microorganisme yang ada di dalam kolam yang sebelumnya telah tumbuh. Jika sudah tiga hari, berikan mereka pakan secara konsisten.

Cara Budidaya Ternak Lebah Madu dan Jenis-Jenis Satwa Harapan

Baca juga: 6 TIPS TERNAK LEBAH MADU KHUSUS PEMULA & MODAL MINIM

6. Panen

Anda bisa saja panen dengan waktu yang cepat jika memberikan pakan yang bergizi pada ikan. Misalnya dengan memberikan pakan yang kaya akan vitamin, sehingga perkembangan ikan nila akan lebih besar.

Ternak Budidaya Ikan Nila dari Nol Sampai Panen - erakini.com
Sumber: erakini.com

Biasanya Anda sudah bisa panen ikan nila dengan waktu sekitar empat minggu hingga 6 bulan. Atau Anda juga dapat panen ikan nila jika beratnya sudah mencapai 500 gram.

Itulah beberapa cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Editor: Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks