Indonetwork, Percetakan – ID card merupakan tanda pengenal dengan bentuk minimalis dan praktis yang biasa digunakan oleh seseorang yang menjadi bagian atau anggota dari sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi. ID card biasanya dipakai oleh seseorang hampir setiap hari.  Maka dari itu, untuk menghindari kerusakan seperti pudarnya warna ataupun menghilangnya informasi seperti nama yang tertera dalam ID Card, maka pilihan yang tepat adalah cetak  ID Card PVC karena keunggulan material PVC tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya pemilihan material, beberapa informasi yang mungkin Anda butuhkan terkait dengan ID card akan dijelaskan di bawah ini.

Pentingnya Memiliki ID Card

ID card berfungsi tidak hanya sebatas sebagai tanda pengenal yang bertujuan untuk memudahkan identifikasi seseorang. Beberapa ID card juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

1. Alat Presensi

ID card juga bisa berfungsi sebagai alat presensi karyawan perusahaan atau instansi. ID card yang biasanya digunakan sebagai alat presensi memiliki barcode yang berisi informasi karyawan.

2. Akses Membuka Pintu

ID card yang bisa digunakan untuk membuka pintu biasanya sudah dilengkapi dengan chip yang akan terkoneksi dengan pintu. ID card jenis ini sebelumnya juga telah dipasang sensor untuk mengenali chip tersebut, sehingga ketika bagian ID card yang berisi chip disejajarkan dengan bagian sensor pintu maka pintu pun bisa terbuka.

Baca Juga:  5 FUNGSI ID CARD UNTUK KARYAWAN KANTORAN

Jenis-jenis ID Card

Pemakaian ID card sebagai identitas anggota atau karyawan dari suatu perusahaan atau instansi harus disesuaikan dengan kondisi. Sebagai contoh, pemakaian ID card tidak selalu harus digantungkan di leher dengan bantuan tali gantung atau biasa disebut juga dengan lanyard tetapi dapat juga diletakan di bagian dada dengan bantuan yoyo holder. Pemakaian ID card disesuaikan dengan lingkup pekerjaan karyawan. Simak jenis-jenis ID card berikut ini agar dapat memilih ID card yang sesuai dengan kebutuhan.

1. ID Card Berbentuk Kartu Polos

Kondisi yang paling pas untuk menggunakan ID card berbentuk kartu polos adalah ID Card yang biasanya cenderung jarang digunakan dan lebih lama kemungkinan disimpan oleh pemiliknya. ID card ini biasa didapatkan sebagai bukti seseorang menjadi bagian dari suatu instansi maupun organisasi contohnya kartu anggota perpustakaan yang tidak perlu digunakan setiap hari, hanya ditunjukan sesekali kepada petugas perpustakaan ketika terjadi kegiatan peminjaman atau pengembalian buku.

2. ID Card dengan Lanyard

Perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan dan memiliki banyak bagian berbeda dalam perusahaan sebaiknya menggunakan ID card jenis ini. Karyawan lebih banyak bertemu dengan rekan kerja dari dalam perusahaan dibandingkan bertemu dengan mitra atau konsumen dari luar perusahaan, dalam kondisi ini maka menggunakan lanyard sebagai pemakaian ID Card adalah pilihan yang tepat. Penggunaan warna lanyard yang berbeda dan disesuaikan menurut divisi yang ada juga dapat memudahkan identifikasi sesama rekan kerja di perusahaan.

3. ID Card dengan Yoyo Holder

Instansi atau perusahaan yang banyak menemui mitra dari luar perusahaan atau banyak melakukan komunikasi dan berhubungan langsung dengan konsumen membutuhkan ID card dengan Yoyo Holder sehingga kerapian akan terjaga dan lawan bicara akan mudah mengidentifikasi lawan bicara hanya dengan melihat baju bagian atas. Contoh pekerjaan dengan kondisi tersebut adalah customer service di perusahaan, kasir sebuah pusat perbelanjaan, pramusaji di tempat makan atau bisa juga pegawai hotel.

Pentingnya Cetak ID Card PVC

ID card yang dicetak dengan material jenis PVC terbukti tidak mudah rusak dan tahan lama, bahkan jangka waktu penggunaannya bisa mencapai 5–7 tahun atau lebih. Inilah alasan banyak perusahaan maupun instansi memilih cetak ID card PVC sebagai alat identitas untuk anggotanya.

Ketahanan dan kualitas dari material PVC didapatkan dari bahan pembuatannya yaitu campuran plastik dan kertas dengan komposisi yang sudah diperhitungkan ketepatannya sehingga memiliki tekstur yang keras dan licin. Selain itu biasanya keunggulan ID card jenis ini bisa dilaminating dengan type glossy (mengkilat) atau type doff untuk memperkuat warna, tampilan, dan kualitas ID card jika berada di luar ruangan.

Cetak Kartu PVC
Sumber: Descoonline.com

Kelebihan Cetak ID Card PVC

ID card biasanya berbentuk kotak  dan dibuat dengan ukuran 9 cm kali 6 cm tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, berikut beberapa kelebihan lain dari cetak  ID card PVC:

  • Desain tidak monoton dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Warna hasil cetakan terang dan glossy.
  • Tulisan tercetak dengan jelas.
  • Lebih hemat karena dipastikan ID Card akan tahan lama.
  • Informasi yang tertera akan lebih banyak karena bisa dicetak bolak-balik.
  • Bentuknya yang minimalis dan praktis menjadikan ID card nyaman dipakai.
  • Mudah dipakai dengan bantuan penunjang berupa tali atau yoyo holder.

Baca Juga: MENGENAL BAHAN PVC UNTUK ID CARD DAN KELEBIHANNYA

Rekomendasi Percetakan Terpercaya

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan jasa profesional untuk cetak ID card PVC yang dapat menjamin kualitas produknya dan terpercaya dalam penyelesaiannya, Anda dapat mencoba mengunjungi Armada Digicard. Perusahaan tersebut sudah sangat berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan ID card konsumen.

Tak hanya menyediakan ID Card PVC saja, Armada Digicard juga menyediakan produk-produk berkualitas lainnya seperti Yoyo, ID Card karyawan, ID Card RFID, Custom, E-money, Kartu Pasien, dan lainnya dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp600. Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini juga telah melakukan pendistribusian ke banyak daerah di luar Jakarta dengan jaminan harga dan produk terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks