Indonetwork, Percetakan –  Sebagai tanda identitas, kartu ID card banyak digunakan di seluruh aspek kehidupan. Misalnya saja pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), ID card karyawan, kartu tanda mahasiswa atau pelajar, kartu nama, dan sebagainya. ID card umumnya dibuat dari bahan PVC.

Dengan banyaknya permintaan, maka jasa cetak ID card dari PVC pun mudah untuk ditemui. PVC atau polyvinyl chloride merupakan bahan yang sering digunakan untuk mencetak ID card dan sebagainya. Tidak hanya untuk ID card, PVC juga banyak digunakan untuk material bangunan, fashion, dan sebagainya.

Lalu, apakah itu bahan PVC? Apa saja kelebihannya dan bisa digunakan untuk mencetak apa saja? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apakah itu Bahan PVC?

Cetak ID Card PVC

PVC merupakan singkatan dari polyvinyl chloride, yaitu bahan polimer termoplastik yang sering digunakan sebagai bahan untuk mencetak ID card. PVC digunakan karena bahan ini bisa didapatkan dengan harga yang murah, material yang kuat, dan tidak mudah rusak.

Ada kalanya ID card akan basah akibat kena air, rusak karena dipakai terus, dan sebagainya. Maka dari itu, dibutuhkan bahan yang tidak mudah rusak membuat ID card, salah satunya yaitu PVC.

ID card yang dicetak menggunakan bahan PVC akan menghasilkan hasil cetak yang menempel sempurna pada kertas, tidak mudah mengelupas, licin, bisa dilindungi lagi dengan dilapisi menggunakan laminating.

Bahan cetak kartu lainnya yang sering digunakan yaitu kertas art paper. Namun, bahan ini tipis dan mudah rusak atau patah. Maka dari itu, bahan kertas art paper sering digunakan sebagai tanda pengenal pada acara-acara singkat seperti konser, konferensi, dan sebagainya.

BACA JUGA: PENGGUNAAN TUMBLER UNTUK SUSTAINABLE LIVING

Keunggulan Bahan PVC

Kelebihan menggunakan PVC sebagai bahan cetakan ID Card, diantaranya yaitu:

  • harga relatif murah
  • tahan panas, jadi aman saat tidak sengaja disetrika
  • fleksibel, mudah dibentuk sesuai keinginan. misalnya, Anda ingin menambahkan bolongan di atas kertas untuk gantungan, atau lainnya
  • bisa diaplikasikan untuk hal lain, seperti untuk membuat perabot rumah, plafon rumah, dan sebagainya
  • mudah dibersihkan
  • bahan yang mengkilap
  • cetakan akan menempel sempurna

Jenis-Jenis ID Card

Ketika ingin mencetak ID card untuk perusahaan atau karyawan Anda, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis ID card berikut agar produk bisa sesuai dengan ekspektasi Anda.

Berikut beberapa jenis ID card yang umumnya dicetak dan digunakan:

  • ID card magnetik: pada kartu ini terdapat plat hitam yang berisi magnet chip yang dapat memuat semua informasi tentang pemilik kartu. ID card ini bisa digunakan untuk bertransaksi atau lainnya, misalnya pada kartu debit, kredit, dan sebagainya
  • ID card proximity: kartu ini mirip dengan kartu ID card magnetik. Kartu ini memiliki permukaan rata dan memiliki sedikit cekungan pada salah satu sisinya. Misalnya pada kartu akses gedung untuk karyawan
  • Kartu Mifare: kartu ini mirip dengan ID card magnetik atau ID card proximity, dimana kartu ini memiliki chip yang bisa ditempelkan di alat sensor agar bisa dibaca sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja pada kartu tol, kartu transportasi, kartu parkir, dan sebagainya
  • ID card biasa: ID card jenis ini dibuat dari plastik PVC biasa dan tidak bisa memuat informasi apapun tentang pemilik kartu karena tidak ada chip di dalamnya. ID card ini biasanya hanya memuat foto, nama, perusahaan, dan nomor kartu. Contohnya adalah KTP dan SIM yang Anda miliki

Pentingnya Kartu ID Card

Cetak ID Card PVC
Sumber: Pinterest

Bagi karyawan atau orang-orang, kartu ID card bukan hanya dijadikan sebagai aksesoris. ID card dapat digunakan sebagai kartu identitas, memotivasi karyawan untuk bekerja di kantor tersebut, mendapatkan kepercayaan orang lain, dan menunjukkan profesionalisme seseorang atau suatu bisnis.

Komponen-komponen yang ada di dalam ID card biasanya meliputi nama perusahaan, nama karyawan, foto, logo perusahaan, nomor induk atau nomor karyawan, dan disertai beberapa informasi terkait kepemilikan kartu. Hal ini bisa memudahkan kartu yang hilang atau tertukar untuk dikembalikan ke pemiliknya.

Selain kartu ID card, biasanya karyawan akan melengkapi kartu ini dengan holder dan tali lanyard agar kartu bisa mudah dibawa kemana saja, meminimalisir kerusakan, dan tidak mudah hilang. 

Selain kartu ID card, tali lanyard pun memiliki bahan yang berbeda-beda, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya saja, bahan polyester doff, tissue, bahan reflektif, bahan tube atau sarung, dan bahan polyester kilap.

Memiliki desain ID card dan tali lanyard yang sesuai dengan identitas kantor dan bisnis Anda juga dapat membuat karyawan merasa senang saat menggunakan kartu ID card. Tentunya, bahan PVC dapat menyesuaikan desain kartu ID card bisnis Anda.

Macam-Macam Cetakan ID Card dengan Bahan PVC

Beberapa kartu yang bisa dicetak menggunakan PVC, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • ID Card karyawan
  • Kartu Tanda Mahasiswa/ Pelajar

BACA JUGA: PELUANG BISNIS CETAK ID CARD PVC

Jasa Cetak ID Card PVC

Untuk mengetahui harga pasar lokal dan membandingkan kualitas, Anda dapat mengunjungi Armada Digicard yang merupakan vendor spesialis pembuatan ID Card, Member Card, Kartu Pasien, Printing beserta aksesoris dan kelengkapannya. Sebagaimana percetakan yang profesional, bahan baku yang digunakan berkualitas, dan melalui Proses mesin Press bukan laminating. Sehingga Tidak mudah patah, atau mengelupas.

Jika menggunakan jasa percetakan dari Armada Digital, Anda dijamin puas karena dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan hasil produk yang berkualitas. Armada Digital menggunakan mesin press, sehingga hasil cetakan tidak akan mudah mengelupas atau patah. Kunjungi website Armada Digital untuk informasi selengkapnya.


%d bloggers like this: