Indonetwork, Elektronik – Komponen kelistrikan merupakan bagian yang sangat vital dalam alat elektronik. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan khusus agar perangkat tetap berfungsi dengan stabil, salah satunya yaitu menggunakan contact cleaner.

Contact cleaner atau pembersih saklar merupakan bahan kimia yang diformulasikan khusus untuk merawat komponen kelistrikan. Cairan semprot ini aman dan non-reaktif terhadap perangkat elektronik.

Lalu, bagaimana cara menggunakan contact cleaner yang tepat? Berikut Indonetwork uraikan fungsi hingga rekomendasi contact cleaner untuk referensi Anda.

Fungsi Contact Cleaner

Contact cleaner berfungsi untuk membersihkan debu, gemuk, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel pada berbagai komponen listrik. Seperti sekering, saklar, papan PCB, soket, terminal baterai, permukaan konduktor, hingga panel listrik kendaraan.

Kerusakan perangkat elektronik juga dapat disebabkan karena lapisan oksida, debu, karat, atau kotoran lainnya yang menutup atau masuk ke sela-sela komponen listrik. 

Penggunaan contact cleaner bisa membantu merawat perangkat elektronik dan memperpanjang usia pakainya. Bahan-bahan yang digunakan memiliki kemampuan untuk mencegah atau memperbaiki gangguan kelistrikan, misalnya kerusakan sinyal, korosi, korsleting, dan kegagalan koneksi.

Dengan menggunakan contact cleaner, Anda juga tidak perlu repot-repot membongkar perangkat. Tinggal disemprotkan pada bagian yang kotor atau perlu dibersihkan, setelah itu biarkan hingga kering.

Baca Juga: 13 Komponen Panel Listrik yang Wajib Anda Ketahui

Cara Pakai Contact Cleaner

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, contact cleaner sangat praktis dan efisien sebagai pembersih komponen kelistrikan. Berikut cara memakai contact cleaner yang benar.

  1. Matikan daya dan tunggu beberapa saat hingga permukaan yang panas menjadi dingin.
  2. Kuras semua daya yang tersimpan dari sistem.
  3. Kocok contact cleaner dengan baik.
  4. Pegang contact cleaner 15-20 cm dari permukaan dan semprotkan langsung ke komponen elektronik atau papan sirkuit.
  5. Miringkan permukaan selama pembersihan untuk melepaskan sisa pembersih. 
  6. Biarkan produk benar-benar kering dan berikan ventilasi pada sistem secara menyeluruh sebelum memulihkan daya.

Mudah dan cepat, bukan? Anda tidak perlu mengelapnya, karena contact cleaner dapat mengering dengan mudah dalam jangka waktu singkat.

Kelebihan Contact Cleaner sebagai Pembersih

fungsi contact cleaner
Sumber: PT Sukses Mulia Gemilang

Banyak yang memilih menggunakan contact cleaner dalam perawatan komponen kelistrikan, tentu karena kelebihannya sebagai pembersih, di antaranya:

1. Tidak Konduktif terhadap Listrik

Sangat penting untuk berhati-hati saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan, termasuk saat melakukan maintenance. Salah langkah sedikit, bisa-bisa menyebabkan masalah besar,.

Namun, Anda bisa tenang karena ada contact cleaner yang mampu membersihkan perangkat elektronik dengan aman. Sebab bahan kimia ini tidak menghantarkan listrik.

2. Bebas Ampas

Tidak perlu khawatir adanya residu pada permukaan perangkat. Contact cleaner memiliki kandungan bahan yang cepat menguap dan bebas pelumas. Jadi, sisa-sisa cairan yang sudah disemprotkan tidak akan menjadi ampas di dalam komponen listrik.

3. Menghambat Korosi

Proses munculnya karat atau korosi juga dapat terjadi pada perangkat elektronik. Korosi membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rapuh dan mudah rusak.

Baca Juga: Perawatan pada Panel Listrik yang Wajib Diketahui

Rekomendasi Contact Cleaner yang Bagus untuk Elektronik

Sebagai cairan yang sangat berguna untuk keperluan maintenance peralatan listrik, maka penting untuk mendapatkan contact cleaner yang berkualitas.

Salah satu contact cleaner yang bagus untuk elektronik yaitu Contact Cleaner Purfeou. Produk ini dirancang dengan formula yang terbukti aman, lembut, dan non-reaktif baik terhadap perlengkapan listrik, termasuk berbahan metal dan plastik.

Anda dapat menghubungi PT Sukses Mulia Seimbang untuk informasi lebih lanjut dan penawaran menarik Contact Cleaner Purfeou. Perusahaan tersebut merupakan distributor sparepart dan produk kimia yang telah melayani sejak tahun 2011. Beberapa produk yang disediakan PT Sukses Mulia Seimbang yaitu alumunium oxide, ceramic set, food grade hose, glass beads, metal sand, silicone spray, hingga pack filter.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Enable Notifications OK No thanks