Indonetwork, Bahan Bangunan Tiang pancang merupakan pondasi yang biasa digunakan ketika membangun rumah. Pondasi tiang pancang ini tidak hanya dipakai untuk pembangunan rumah berskala kecil, tapi juga sudah berskala besar seperti hotel.

Pondasi utama dari tiang pancang disebut juga dengan reinforced concrete pile. Pondasinya tersebut terbuat dari material beton bertulang dengan kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Materialnya tidak hanya terbuat dari beton bertulang saja, tapi juga ada yang terbuat dari kayu ataupun baja.

Jenis Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang terbagi kedalam beberapa jenis. Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

1. Tiang Pancang Kayu

Jenis tiang pancang yang pertama terbuat dari material kayu dan sudah terkesan tradisional. Maka banyak rumah adat dari berbagai di daerah Indonesia menggunakan pondasi tiang pancang yang terbuat dari kayu.

Karena berperan sangat penting dalam bangunan, tiang pancang ini tidak terbuat dari material kayu yang sembarangan. Mereka menggunakan jenis kayu yang memang mempunyai kualitas terbaik dan bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Salah satu kelebihan material kayu ini  yaitu kita bisa menentukan ukuran pondasi tiang pancang secara leluasa.

2. Tiang Pancang Baja

Material tiang pancang ini terbuat dari baja atau steel pile. Rongga pada tiang nantinya akan diisi dengan supaya lebih kokoh dan tahan lama. Jenis tiang pancang ini biasanya banyak dipakai dalam konstruksi bangunan berskala besar seperti hotel.

3. Tiang Pancang Beton

Jenis tiang pancang yang satu ini disebut juga dengan concrete pile dengan bentuk yang beragam seperti persegi panjang dan silinder. Tiang pancang beton juga memiliki perbedaan pada pembuatannya karena menggunakan teknik precast pile dan cast in.

Baca juga: 5 Distributor Pagar BRC di Jawa Timur Dengan Kualitas Terbaik

Keunggulan Tiang Pancang

Tentu terdapat beberapa keunggulan kenapa banyak orang menggunakan tiang pancang. Untuk mengetahui keunggulannya, simak penjelasan kami berikut ini.

1. Kekuatannya yang Terjamin

Pondasi tiang pancang yang terbuat dari beton tentu memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jenis tiang pancang ini ketika akan membangun rumah.

Tapi salah satu kekurangannya yaitu harganya yang relatif lebih mahal. Meskipun akan menggunakan menggunakan tiang dari kayu, pastikan jenis kayunya yang berkualitas dan tahan lama.

2. Meminimalisir Galian

Kedalaman pondasi tiang pancang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan untuk meminimalisir galian. Pasalnya pada pengaplikasiannya tiang pancang tidak dipengaruhi oleh permukaan air.

3. Tahan Korosi

Tiang pancang yang terbuat dari material beton pasti akan dilapisi dengan material anti karat. Sehingga jenis tiang pancang ini akan kuat terhadap korosi dan bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama.

Baca juga: 11 Batu Marmer Paling Banyak Dicari Banyak Orang

Kekurangan Tiang Pancang

Kekurangan ini perlu Anda ketahui karena bisa dijadikan bahan pertimbangan supaya kemungkinan terburuknya bisa diatasi. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh tiang pancang.

1. Bobotnya Sangat Berat

Tiang pancang yang terbuat dari beton tentu saja mempunyai bobot yang sangat berat. Tidak hanya berat, rata-rata dimensinya juga sangat besar sehingga cukup sulit untuk dipindahkan. Untuk memindahkan perlu dilakukan oleh beberapa orang.

2. Pembuatannya yang Lama & Rumit

Proses pembuatan pondasi tiang pancang dari beton sangat lama karena kekerasannya dipastikan harus maksimal. Dengan begitu pondasi ini bisa menahan beban dengan berat yang maksimal dan tidak gampang roboh.

Selain lama, proses pembuatan tiang pancang juga sangat rumit. Hasil jadinya memang harus sempurna karena mempunyai dampak yang besar jika sudah jadi. Tiang pancang adalah pondasi utama dalam proses pembangunan.

3. Biaya Relatif Mahal

Inilah kekurang yang cukup mencolok dari tiang pancang. Untuk menggunakan tiang pancang dari beton, biaya yang Anda perlukan memang sangat mahal dibandingkan tiang pancang konvensional dari kayu.

Hal itu juga sesuai dengan proses dan lamanya pembuatan yang tergolong lebih rumit.

Rekomendasi Distributor Tiang Pancang

Ada beberapa rekomendasi dari kami untuk Anda ingin mencari Distributor Tiang Pancang, berikut ini penjelasannya:

1. CV. Jaya Makmur Abadi

Distributor pertama yang sangat kami rekomendasikan adalah CV. Jaya Makmur Abadi. Perusahaan ini telah lama bergerak di bidang distribusi material bangunan.

Meskipun memiliki pusat di Samarinda, Kalimantan Timur, tapi perusahaan ini telah mempunyai banyak pelanggan di luar daerah tersebut. Pelanggan mereka ada yang berasal dari pulau Jawa maupun Kalimantan.

2. PT Djuli Indonesia Perkasa

Perusahaan yang berada di Cengkareng, Jakarta ini juga merupakan distributor tiang pancang terpercaya. Tidak hanya itu saja, PT Djuli Indonesia Perkasa juga menjual material lainnya seperti alat pemukul tiang dan diesel hammer Kodok.

Varian produk yang mereka tawarkan juga sangat banyak dan dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk Anda yang berada di sekitar Cengkareng Jakarta, perusahaan ini sangat kami rekomendasikan.

TIANG_PANCANG

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Tiang Pancang yang perlu Anda ketahui. Material ini sangatlahttps://www.indonetwork.co.id/tiang-pancang?utm_source=google&utm_medium=banner&utm_campaign=producth penting dalam pembangunan konstruksi bangunan karena berperan sebagai tiang.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N