Indonetwork, Peralatan Industri – Mungkin Anda sudah sering dan tidak asing melihat toko yang jual exhaust fan atau yang biasa dikenal dengan blower ruangan di berbagai tempat. Hal ini dikarenakan produk sudah sangat umum digunakan untuk berbagai keperluan, namun tahukah Anda bahwa alat ini lebih efektif dibanding kipas angin biasa.

Perlu Anda ketahui, ciri ruangan yang memiliki sirkulasi udara tidak sehat ditandai dengan plafon ruangan yang gelap dan barang-barang yang terlihat kusam bahkan berminyak. Hal ini perlu ditindak lanjuti dengan pemasangan exhaust fan demi menjaga kesehatan orang yang berada didalamnya. Yuk simak informasi dibawah ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat dan jenis exhausting fan untuk kebutuhan industri!

Pengertian Exhaust Fan

Exhaust fan adalah salah satu jenis kipas elektronik untuk menjaga sirkulasi udara supaya tetap bersih dan sehat. Kipas ini bekerja dengan menarik udara yang ada di dalam ruangan, kemudian membuangnya ke luar ruangan, lalu digantikan dengan udara yang lebih bersih. Biasanya, Anda akan menemukan exhaust fan di tempat-tempat seperti kamar mandi, dapur, atau ruangan yang tidak memiliki jendela dan ventilasi. Pemasangannya sendiri biasanya dilakukan di antara indoor dan outdoor pada sudut ruangan agar tidak mengganggu tampilan dari satu ruangan.

Produk ini sangat diminati untuk berbagai kalangan industri, namun sebelumnya membeli produk ini Anda perlu mencari tahu kapasitas penampung daya listrik. Jumlah orang yang berada di dalam dan luas ruangan yang nantinya akan dipasang exhaust fan supaya besarnya putaran kipas dapat mencakup kebutuhan ruangan tersebut. Ukuran dari produk yang jual exhaust fan sendiri dapat Anda sesuaikan mulai dari 8 hingga 12 inci.

Pengertian Exhaust Fan

Manfaat Exhaust Fan dalam Kegiatan Industri

Banyak faktor yang membuat ruangan menjadi pengap dan panas, misalnya cuaca, ruangan tanpa jendela, atau jumlah orang berada di dalam ruangan. Kehadiran dari exhaust fan sangat fungsional bagi para pemilik ruangan supaya tersirkulasi dengan baik walaupun nantinya terdapat keterbatasan ventilasi udara alami. Berikut beberapa manfaat yang dapat pelaku industri rasakan ketika menggunakan exhaust fan.

1. Menurunkan Suhu Ruangan

Menurunkan suhu ruangan dengan cara mengeluarkan uap penyebab panas dari dalam ruangan, sehingga Anda dapat menekan biaya pembelian air conditioner (AC). Jika pemasangan dilakukan pada area dapur, alat ini mampu menurunkan suhu ruangan dan menetralisir bau masakan. Suhu dapur yang relatif panas dengan udaranya yang telah terkontaminasi dengan berbagai bumbu dapat bersirkulasi dengan baik dan menukarnya dengan udara yang lebih bersih. 

2. Mengurangi Kelembaban Udara

Jika Anda melihat suatu ruangan yang terdapat embun air menumpuk di dinding, langit-langit, dan permukaan lain di ruangan sehingga menyebabkan tumbuhnya jamur maka bisa disimpulkan ruangan tersebut lembab. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan sehingga fungsi blower sendiri mampu menetralisir timbulnya bakteri yang menumpuk pada satu ruangan.

Contohnya pemasangan exhaust fan sangat diperlukan pada kawasan pabrik maupun bengkel, hal ini dikarenakan banyaknya polusi udara yang mengandung zat kimia berbahaya dan jika Anda terlalu lama menghirup udara tersebut akan menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan dan Sirkulasi

Ketika Anda menggunakan exhaust fan maka kualitas udara pada suatu ruangan akan meningkat. Alat ini dapat mengisap kelembapan, bau, dan kontaminasi ke luar rumah sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih. Bahkan pada area tertentu, blower ruangan juga bisa menjadi ventilasi yang memadai. Udara yang kotor dapat dihirup dan dibuang keluar. Hal ini pun membuat udara yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

Manfaat Exhaust Fan dalam Kegiatan Industri

Jenis Pemasangan Exhaust Fan

Setelah mengetahui manfaat diatas, Anda dapat memilih jenis produk exhaust fan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan industri Anda. Berikut beberapa jenis jual exhaust fan yang paling sering diminati oleh kalangan wirausaha, yaitu:

1. Exhaust Fan yang Terpasang di Dinding

Model ini paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk area kamar mandi dan dapur, selain penjualannya yang relatif banyak pemasangannya sendiri tergolong mudah. 

2. Exhaust Fan Eksterior

Modelnya hampir sama dengan kipas yang terpasang di dinding, namun suaranya tidak menimbulkan kebisingan saat dilepaskan diluar rumah.

3. Exhaust Fan Dapur

Jenis produk ini biasanya berguna untuk dipasang di atas kompor untuk menghilangkan bau tidak sedap dan tingkat kelembaban pada dapur.

4. Exhaust Fan Kamar Mandi

Terkadang pemasangan air panas pada kamar mandi membuat udara didalamnya lebih pengap, sehingga pemasangan exhaust fan memastikan bahwa kelembaban yang dihasilkan dari penguapan air panas akan mudah hilang.

Baca juga: 3 JENIS BLOWER VENTILATOR FANS UNTUK MELANCARKAN SIRKULASI UDARA

5. Exhaust Inline

Kipas ini dipasang di sela-sela saluran, sehingga udara buruk dikeluarkan melalui saluran. Biasanya apartemen yang padat banyak menggunakan kipas jenis ini.

6. Exhaust Dengan Lampu

Pada dasarnya kinerja exhaust fan sama dengan jenis lainnya, namun terdapat penambahan lampu saja sehingga menimbulkan kesan ada sumber cahaya lainnya.

7. Exhaust Fan yang Terpasang di Langit-Langit

Biasanya jenis kipas ini dipasang pada bagian plafon dengan warna yang menyatu supaya tidak telihat jelas. Kipas jenis ini lebih sering digunakan gedung perkantoran maupun ruang kamar agar tidak mengganggu visual seseorang yang berada didalamnya.

Jenis Pemasangan Exhaust Fan

Baca juga: CARA PASANG EXHAUST FAN TANPA BOBOK TEMBOK

Rekomendasi Distributor Exhaust Fan

Setelah membaca informasi diatas mungkin sebagian besar dari Anda telah mengetahui kegunaan dari exhaust fan, karena produk ini bukan barang langka yang hanya digunakan untuk kebutuhan industri saja akan tetapi tidak jarang digunakan juga pada area hunian.

Mungkin diantara penjelasan diatas Anda mendapatkan pencerahan mengenai kebutuhan industri yang belum terpikirkan? Memiliki rumah atau tempat usaha yang bersih dan sehat tentu saja menjadi impian banyak orang dengan produk yang tepat tentu akan membuat lokasi Anda terasa nyaman. Jika Anda membutuhkan produk ini maka percayakan pada distributor asal Surabaya yang cukup terkenal seperti PT. Semeru Inti Sukses. 

Daftar Harga Exhaust Fan dari PT. Semeru Inti Sukses

PT. Semeru Inti Sukses didirikan pada tahun 2012 dengan spesifikasi distributor mesin industrial, fan, dan mesin pendukung peralatan industri untuk skala kecil, menengah, dan besar pada sektor pertanian, maritim, pertambangan, dan kehutanan.

Jangan khawatir karena kualitas yang disediakan oleh perusahaan ini sudah terjamin baik oleh beberapa klien yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Harga yang ditawarkan untuk exhausting fan juga relatif murah berkisar Rp. 348.000 hingga Rp. 4.726.000 sesuai bentuk kipas dan kebutuhan Anda. Silakan konsultasikan berbagai kebutuhan industri Anda pada pelayanan perusahaan yang ramah dan dapatkan harga special.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks