Saat ini sudah banyak pemilik rumah yang menggunakan exhaust fan yang dipasang di dinding. Namun ternyata perangkat elektronik ini juga bisa dipasang di jendela atau kusen. Seperti apa cara pasang exhaust fan tanpa bobok tembok?

Exhaust fan terbagi ke dalam beberapa jenis jika dilihat dari tempat peletakannya. Diantaranya adalah wall mounted yang dipasang di dinding, window mounted yang dipasang di jendela, dan ceiling mounted yang dipasang di plafon.

Jika menggunakan exhaust fan yang diletakan di dinding, Anda harus memasangnya di area terbuka seperti halaman. Jika dipasang di kamar tidur, pastikan untuk memasangnya di tempat yang ada akses udara besar.

Cara Pasang Exhaust Fan Tanpa Bobok Tembok

Jika Anda ingin memasang exhaust fan tanpa harus bobok tembok, maka harus memilih exhaust fan yang dipasang di jendela atau yang dipasang di plafon. Berikut ini adalah cara pasang exhaust fan di jendela dan plafon.

1. Perhatikan Syarat Pemasangan Exhaust Fan

Pemasangan exhaust fan jendela tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena ada persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah ketebalan jendela harus besar yaitu pada kisaran 3-7 mm.

Jika ketebalan jendela sangat kecil, Anda bisa memasangnya di kusen. Namun peletakannya tidak akan efektif untuk mendinginkan ruangan. Karena letak exhaust fan terlalu dekat dengan air inlet atau udara yang masuk.

Hal ini akan membuat udara yang berasal dari luar langsung tersedot oleh exhaust fan. Akibatnya, perangkat ini tidak akan sempat untuk mendinginkan ruangan.

Baca juga: FUNGSI DAN JENIS EXHAUST FAN YANG HARUS ANDA KETAHUI

Jika Anda ingin memasang exhaust fan pada plafon (ceiling mounted), pastikan kalau ruangannya menempel dengan ruangan lain. Atau ruangan tersebut tidak bersentuhan dengan ruang luar sama sekali.

Selain kondisi ruangan, volume ruangannya juga harus diperhatikan. Karena volume ruangan ini akan menentukan seberapa besar exhaust fan yang akan Anda fan. Sementara untuk kinerja perangkat ini sangat ditentukan oleh benar atau tidaknya titik pemasangan.

2. Lakukan Pemasangan

Jika persyaratan di atas sudah Anda ketahui, selanjutnya Anda tinggal melakukan pemasangan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasangan exhaust fan tanpa bobok tembok.

  1. Hindari pemasangan exhaust fan dalam satu ruang tanpa adanya air inlet.
  2. Pada area masuknya udara diberi filter supaya kotoran busa tersaring dan hanya udara bersih saja yang masuk ke ruangan.
  3. Pasang Exhaust Fan sejauh mungkin dari sumber udara yang masuk, terutama untuk exhaust fan yang dipasang di plafon.

Untuk memperoleh hasil pemasangan yang maksimal, sebaiknya gunakan teknisi yang profesional. Meskipun bila dilihat sekilas sangat mudah, namun jika tidak dilakukan pemasangan dengan benar maka exhaust fan berpotensi tidak akan bekerja dengan maksimal.

Baca juga: 4 MERK EXHAUST FAN TERBAIK YANG COCOK UNTUK RUANGAN RUMAH

Rekomendasi Toko yang Jual Exhaust Fan

Salah satu toko online yang kami rekomendasikan untuk pembelian exhaust fan adalah Semeru Inti Sukses. Toko ini jual exhaust fan dengan berbagai variasi mulai dari yang strong, standar, drop hammer, dan cooling yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Informasi lengkap mengenai produk exhaust fan Semeru Inti Sukses bisa Anda pelajari di website resminya yaitu semeruintisuksessurabaya.com. Pemesanan bisa langsung di halaman website atau datang langsung ke lokasi di Jl Raden Saleh No. 8 60174 Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: 3 JENIS BLOWER VENTILATOR FANS

Demikianlah cara pasang exhaust fan tanpa bobok tembok. Jadi Anda bisa memanfaatkan exhaust fan yang dipasang di jendela atau plafon jika tidak ingin membobok tembok rumahnya.


Author

%d bloggers like this: