Bagi Anda yang sudah lama bekerja di industri polishing works atau pengecatan mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan dust collector. Alat ini berfungsi untuk menyerap debu di udara, sehingga udara lingkungan tetap bersih meskipun berada di area industri.

Ada satu komponen penting yang terdapat pada dust collector ini yaitu bag filter atau filter cartridge . Komponen ini berfungsi untuk memfilter dan menampung sementara udara yang diserap oleh dust collector.

Panduan Memilih Filter Cartridge dalam Dust Collector

Salah satu partisi yang sangat berarti dari Dust collector ini merupakan filter cartridge. Partisi ini berperan buat menyaring hawa yang keluar sehingga tidak hendak kurangi hawa di dekat.

Kala filter hawa yang dikeluarkan oleh dust collector ini tidak dicermati, hingga industri hendak memperoleh teguran dari lembaga terpaut. Terlebih lagi debu yang dihasilkannya pula hendak mengusik masyarakat di dekat pabrik itu sendiri.

Biar hawa yang dikeluarkan bersih, filter cartridge yang digunakan pula wajib bagus serta cocok dengan dust collector. Kemudian semacam apa metode memilah filter cartridge yang bagus buat dust collector? Ikuti uraian kami berikut ini.

1. Pengetesan debu

Kamu pula butuh mengetesnya terlebih dulu biar filter cartridge bisa digunakan pada dust collector. Kamu wajib ketahui tipe cartridge yang hendak digunakan ke dalam dust collector sebab wajib cocok dengan debu yang hendak ditangani.

Jadi saat sebelum menentukannya, Kamu wajib ketahui terlebih dulu ciri yang dipunyai oleh debu itu sendiri. Misalnya apakah debu tersebut gampang meledak ataupun tidak. Sebab perihal ini pula dapat pengaruhi Kamu dalam memilah tipe cartridge.

2. Pakai Cartridge Dari Bahan Nanofiber

Bila memanglah debu yang dihasilkannya tidak sangat susah, hendaknya pakai cartridge yang dibuat dari material nano fiber. Material ini memiliki nilai efisiensi yang lebih besar serta tingkatan pemakaian energinya pula lebih sedikit dibanding dengan material yang lain.

3. Ketahui Aspek Filter Efisiensi

Ada 2 panduan dari pihak pembuat filter cartridge dalam menggambarkan nilai efisiensi dari filter cartridge ini. Panduan awal ialah efisiensi bersumber pada gravimetri serta yang kedua bersumber pada MRV.

Apabila bersumber pada gravimetrinya, cartridge dibaca kekokohannya bersumber pada bobot molekul hawa yang melewati pori- pori cartridge. Sedangkan buat MRV ditafsirkan bersumber pada nilai efisiensi minimum dari cartridge dimana satu ialah nilai terendah serta 16 merupakan nilai paling tinggi.

4. Perhatikan Cost Operational

Dikala ini telah banyak industri yang jual filter cartridge serta filter bag dust collector dengan harga yang murah. Tetapi Kamu jangan tergiur dengan biayanya yang murah saja, tetapi pula wajib mencermati cost operasionalnya, mutu, serta kemudahannya.

5. Perhatikan Ulir Cartridge

Yakinkan pula kalau cartridge yang Kamu seleksi itu memiliki wujud yang bermacam- macam baik dari sisi kerapatan ataupun wujudnya. Perihal ini butuh Kamu perhatikan biar tidak terdapat permasalahan di setelah itu hari.

Dust Collector memiliki peranan yang sangat berarti buat memfilter debu yang dikeluarkan ke area. Sehingga hawa yang dihirup oleh masyarakat di dekat pabrik pula lebih sehat.

Baca juga: 4 Jenis Filter Tabung Berdasarkan Material Penyusunnya

Bagi Anda yang ingin memperoleh filter dengan harga terjangkau bisa membelinya di PT Cahaya Mega Buana. Perusahaan ini jual filter dust collector dan berbagai alat filter lainnya untuk kebutuhan industri.

Dari penjelasan di atas Anda sudah tahu ya seberapa pentingnya dust collector untuk menyerap udara di kawasan industri. Salah satu komponennya yaitu filter harus Anda perhatikan supaya alat ini bekerja dengan optimal.


Author

%d bloggers like this: