Sungai merupakan bahan baku utama untuk pengolahan air yang sering digunakan setiap hari oleh banyak orang. Namun Anda tentu saja harus berpikir dua kali jika ingin mengkonsumsinya langsung karena kualitasnya masih buruk. Oleh sebab itu Anda memerlukan alat bernama tabung filter.

Teknologi ini memberikan dampak yang sangat signifikan untuk kehidupan manusia saat ini. Karena salah satu fungsi utama dari alat ini yaitu untuk memfilter komponen berbahaya yang ada di dalam air. Sehingga kualitas air yang dikonsumsi menjadi lebih baik.

Apa Itu Filter Tabung?

Filter tabung adalah alat yang fungsinya untuk mengatasi permasalahan air dengan memakai media filter. Media filter yang digunakan juga sangat beragam baik dari sisi bentuk, nama, maupun fungsinya.

Berbagai permasalahan seperti air yang keruh, air berbau kaporit karena mengandung klorin, air mengandung kapur dan sebagainya bisa diminimalisir oleh filter tabung. Dengan begitu alat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik untuk air rumah tangga sumur, proses industri, hingga air limbah.

Baca juga: Pompa Air Tenaga Surya Solusi Hemat Listrik Rendah Biaya

Material Filter Tabung

Seperti sudah kami singgung sebelumnya kalau media filter yang digunakan ini sangat beragam. Material media filter yang berkualitas tentu saja akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Berikut ini adalah berbagai material yang digunakan pada filter .

1. Fiber

Filter yang terbuat dari bahan fiber (FRP) mempunyai tingkat keawetan yang sangat tinggi. Karena material ini bisa tahan terhadap korosi dan tekanan tinggi. Namun material ini kurang cocok jika diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung (UV).

Oleh sebab itu jenis tabung filter Fiber kurang efektif jika ditempatkan di outdoor dengan paparan sinar matahari langsung. Kemudian filter fiber ini yaitu built quality fiber (FRP) yang transparan (tembus sinar matahari), bisa menyebabkan banyaknya lumut di dalam tabung.

2. Tabung PVC

Bila dilihat kekuatannya, tabung PVC tak kalah kuatnya dari tabung fiber termasuk terhadap korosi. Namun material PVC ini membuatnya lebih kuat terhadap paparan sinar matahari langsung.

Dengan kelebihannya tersebut, Anda bisa menempatkan tabung PVC ini di outdoor. Berbeda dengan fiber yang tidak akan kuat terhadap paparan sinar matahari langsung.

Namun kelemahan dari material PVC ini yaitu tidak kuat terhadap tekanan yang terlalu tinggi. Bahkan tekanan yang diberikan tidak boleh lebih dari 4 bar karena bisa merusaknya.

3. Mild Steel

Material ini mampu menahan tekanan hingga 10 bar seperti hanya fiber. Namun Mild Steel ini sangat kuat terhadap paparan sinar matahari langsung. Sehingga sangat efektif jika digunakan untuk outdoor.

Kelemahan yang dimiliki oleh Mild Steel ini yaitu ketahanannya terhadap korosi masih sangat rendah. Anda harus melakukan proses coating sebelum digunakan. Apalagi jika ingin menggunakannya di ruang terbuka yang terkena air hujan langsung.

4. Stainless Steel (SS)

Filter tabung stainless steel punya kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan ketiga material di atas. Tabung ss filter kuat terhadap tekanan yang tinggi, tahan terhadap paparan sinar matahari langsung dan korosi.

Dengan segala kelebihannya tersebut, filter stainless steel sangat cocok digunakan untuk kebutuhan outdoor. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak perusahaan yang jual filter SS fiber di Indonesia, salah satunya adalah PT Cahaya Mega Buana.

Itulah beberapa jenis material yang digunakan sebagai filter tabung. Bila Anda ingin memperoleh kualitas filter tabung terbaik, material stainless steel tentu saja adalah opsi yang sangat tepat.


Author

%d bloggers like this: