Indonetwork, Mesin Alat BeratJagung merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, selain beras dan singkong. Sehari-hari, jagung kerap dihidangkan sebagai camilan, seperti jagung manis, bakwan, popcorn, jagung susu keju, atau dessert. Di samping itu, bagian-bagian jagung, seperti bulir, daun, batang, dan tongkolnya juga banyak dimanfaatkan untuk pakan ternak, pupuk kompos, kayu bakar, hingga bahan baku industri dan rumah tangga.

Kegiatan memipil jagung untuk membuat camilan kecil mungkin masih mudah dilakukan menggunakan tangan. Namun, untuk produksi industri dengan skala lebih besar atau hasil panen kebun, pemipilan jagung akan lebih efisien jika menggunakan mesin pemipil jagung atau corn sheller.

Mesin pemipil jagung merupakan mesin yang digunakan untuk merontokkan biji jagung dari tongkolnya. Mesin ini bisa memproses pemipilan dalam kapasitas banyak dengan hasil yang bagus. Sehingga dengan adanya mesin pemipil jagung, proses pengolahan hasil panen jagung pun menjadi lebih efektif, efisien, dan minim rusak.

Fungsi Mesin Pemipil Jagung

Mesin pemipil jagung atau corn sheller dirancang sebagai alat khusus untuk memisahkan biji jagung dari tongkolnya, maupun memisahkan bagian-bagian jagung yang lain. Mesin beroperasi ada yang mengandalkan bensin, diesel dengan bahan bakar solar, maupun menggunakan listrik. Per jamnya, mesin pemipil jagung sanggup bekerja memipil hingga 1.320 kg.

Terdapat dua jenis mesin pemipil jagung berdasarkan fungsinya, yaitu non daun dan berkelobot. Mesin pemipil jagung non daun digunakan untuk merontokkan jagung kering yang sudah dibuang daunnya atau jagung tanpa daun. Lalu, jika Anda ingin mengupas kelobot dari tongkol jagung sekalian, Anda bisa menggunakan mesin pemipil jagung berkelobot.

Bagi para petani jagung, mesin pemipil jagung menjadi alat yang wajib dimiliki guna mendukung produktivitas sehari-hari. Pemanfaatan mesin pemipil jagung tentu sangat memudahkan pekerjaan para petani karena tidak membutuhkan banyak tenaga seperti ketika memipil manual menggunakan tangan.

Selain itu, memipil menggunakan mesin juga bisa meringkas waktu pengolahan hasil panen menjadi lebih cepat, mulai dari pemipilan, pemilahan, pengemasan, hingga jagung siap didistribusikan. Dengan adanya kemajuan teknologi ini, produksi dan nilai komoditas jagung yang berkualitas pun diharapkan bisa meningkat.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Merawat Roller Conveyor

Harga Mesin Pemipil Jagung

Di pasaran, harga mesin pemipil jagung dapat bervariasi tergantung dari kapasitas yang dihasilkan per jamnya, jenis mesin, jumlah mesin utama, hingga ukuran mesin itu sendiri. Tentunya, mesin pemipil non daun dan mesin pemipil berkelobot dibanderol dengan harga berbeda. Sebab keduanya memiliki komponen tersendiri untuk memisahkan bagian-bagian jagung.

Begitupun dengan kapasitas jagung pipil yang dihasilkan, semakin besar daya muatnya, harganya pun cenderung akan semakin mahal. Lalu, sumber dayanya apakah menggunakan bensin, solar atau listrik, hal ini juga turut mempengaruhi harga.

Namun secara umum, harga mesin pipil jagung modern yang ada dipasaran dibanderol mulai dari Rp8.000.000 hingga Rp25.000.000. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda saat hendak membelinya, ya.

Cara Kerja Mesin Pemipil Jagung

mesin pemipil jagung
Sumber: Rumahdiesel

Jagung hanya bisa dipipil menggunakan mesin hanya jagung kering yang kadar airnya kecil atau setidaknya 0,05 persen. Mengapa jagung yang dipipil harus dalam kondisi kering? Hal ini tentunya untuk menghindari kerusakan jagung. Sebab jagung yang masih basah atau mengandung kadar air cukup tinggi akan berpengaruh pada hasil pemipilan, membuat biji jagung menjadi banyak yang pecah atau rusak.

Prinsip kerja mesin pemipil jagung yaitu memisahkan biji dari bonggol jagung. Terdapat dua silinder yang bekerja saat mesin pemipil dijalankan, yaitu silinder pemipil dan silinder penahan.

Silinder pemipil menghasilkan gaya gesek yang berperan dalam menggerakkan tongkol jagung dan merontokkan bijinya. Sedangkan, silinder penahan berperan menahan jagung yang akan dipipil sekaligus menjadi jalan keluarnya bonggol dan jagung yang sudah dipipil.

Berikut cara kerja mesin pemipil jagung selengkapnya:

  • Pastikan jagung yang akan dipipil adalah jagung kering.
  • Pastikan wadah untuk hasil pipilan dan sampahnya sudah tersedia.
  • Nyalakan mesin diesel dan tentukan RPM-nya sesuai kecepatan yang dibutuhkan.
  • Masukkan jagung-jagung melalui saluran masuk yang terdapat di bagian paling atas. Anda bisa memasukkannya dalam jumlah banyak sekaligus.
  • Jagung yang masuk kemudian diarahkan ke ruang pemipilan. Di sana akan terjadi pemisahan antara kelobot, tongkol, dan biji jagung. Biji jagung diarahkan ke bawah atau lubang saringan, sedangkan tongkol dan kulitnya ke tempat pembuangan.
  • Biji jagung dan debu masuk ke ruang pemisahan tersendiri untuk dikeluarkan secara terpisah. Guna ruang pemisahan sendiri yakni untuk membersihkan biji-biji jagung dari debu-debu, sehingga hasil yang keluar sudah bersih dan tidak pecah.
  • Setelah semua jagung selesai dipipil, matikan mesin sesuai prosedur.

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Menyewa Jasa Service Genset

Rekomendasi Mesin Pemipil Jagung berkualitas

Bagi Anda petani jagung atau memiliki bisnis sentra produksi jagung, dan sedang membutuhkan mesin pemipil jagung yang kuat berkualitas dapat mengunjungi PT. Raja Ampat Indotim.

PT. Raja Ampat Indotim sudah dikenal sebagai spesialisasi produksi mesin pertanian, perkebunan, peternakan, industri, dan industri kecil menengah. Tersedia pula berbagai pilihan mesin pemipil jagung harga terjangkau sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari merek KUBOTA berspesifikasi 1.350 x 900 x 1.340 mm solar berdaya 6.5 Hp, hingga yang berbahan bakar bensin berdaya 6.5 Hp.

Jadi, tunggu apalagi? Hubungi PT. Raja Ampat Indotim sekarang untuk dapatkan mesin pemipil jagung yang Anda butuhkan. Apabila belum menentukan tipe tertentu, tenang, Anda bisa berkonsultasi mengenai tipe dan spesifikasinya secara gratis.

Enable Notifications OK No thanks