Indonetwork, Mesin Alat Berat – Jika Anda bertanya apa manfaat genset jika dilihat dari segi ekonomi, maka mungkin sebagian orang yang memiliki alat tersebut akan menjawab bahwa genset bermanfaat untuk menunjang aktivitas produksi di saat listrik yang disalurkan oleh PLN padam.

Misalnya, jika Anda memiliki usaha café/coffee shop yang membutuhkan listrik untuk produksi kopi maupun produk lain dengan menggunakan alat-alat listrik untuk melayani keinginan pelanggan. Ketika listrik padam, tentunya pemilik café atau coffee shop tersebut memiliki kesulitan untuk memenuhi keinginan pelanggan tepat waktu, terutama ketika sebagian bahan makanan atau minuman yang ada harus diolah dengan menggunakan alat listrik.

Itu sebabnya, keberadaan genset dan jasa service genset akan sangat membantu dalam proses produksi produk yang bisa berimbas pada kegiatan ekonomi.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin menggunakan jasa service genset!

MAnfaat Penggunaan Genset

jasa service genset

Genset atau generator set adalah suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin berfungsi sebagai alat pemutar generator, sehingga dapat menghasilkan induksi elektromagnetik.

Genset telah lama menjadi solusi yang banyak digunakan oleh masyarakat ketika terjadi pemadaman listrik. Nah untuk teman-teman yang belum mengetahui apa saja kegunaan genset, berikut di antaranya :

1. Cadangan Listrik Rumah Sakit 

Di masa pandemi saat ini, rumah sakit sangat membutuhkan banyak sekali cahaya yang digunakan untuk daya perangkat penyaringan udara dan mesin listrik untuk menjaga pasien tetap hidup. Daya listrik kadang kala tidak kuat menampung daya bagi rumah sakit besar.

Maka dari itu, genset sebagai salah satu cadangan listrik saat listrik padam atau listrik tidak kuat dengan dayanya. Selain itu, genset juga bisa menghemat daya listrik dan memberikan tingkat minimum daya sehingga mesin hemat hidup terus. Sehingga, staf rumah sakit dapat bekerja dengan lancar dan menyelamatkan kehidupan manusia.

2. Konstruksi Bangunan

Lokasi konstruksi membutuhkan banyak sekali tenaga listrik, dimana sumber tenaga tidak harus bersumber dari listrik. Genset dapat dengan mudah menggantikan listrik, yang bermanfaat untuk menjalankan alat, menyalakan lampu, efisien dalam bekerja.

3. Tenaga Nuklir

Pembangkit tenaga nuklir membutuhkan kekuatan untuk dapat menutup dan mempertahankan pengeluaran pada saat terjadinya kerugian daya. Genset berguna untuk menutup proses untuk mencegah krisis nuklir.

4. Keadaan Darurat

Saat terjadinya bencana, seperti tornado, banjir, badai, kebakaran, dan bencana lainnya, genset dapat digunakan sebagai pengganti tenaga listrik untuk menunjang segala aktivitas yang akan dilakukan seperti mengisi daya handphone,laptop,kulkas untuk menyimpan bahan makanan, dan lain-lain.

5. Event/Kegiatan

Manfaat genset juga bisa digunakan untuk acara konser music,hajatan, acara ulang tahun, ataupun pernikahan yang membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar.

BACA JUGA: CEK KINERJA GENSET BEKAS DAN REKOMENDASI GENSET BEKAS JAKARTA

Cara Merawat Genset 

jasa service genset

Sama seperti kendaraan bermotor, genset perlu dirawat supaya memiliki usia pakai yang panjang dan supaya Anda tidak perlu menyewa jasa service genset ketika rusak karena tidak pernah merawatnya. Berikut ini adalah cara dan tips merawat genset supaya awet untuk digunakan dalam waktu yang lama.

  • Genset perlu dinyalakan secara berkala supaya setiap komponen yang ada di dalamnya bergerak dan tidak rusak. Usahakan untuk menyalakan generator selama 15-20 menit setiap minggunya.
  • Beberapa jenis genset ada yang menggunakan oli seperti kendaraan bermotor pada umumnya. Selalu cek kondisi oli yang ada di dalam genset dan gantilah oli tersebut secara berkala.
  • Periksa kondisi busi dari generator. Busi apabila dalam kondisi yang baik akan membuat generator lebih mudah untuk dinyalakan.

Baca Juga: 3 MANFAAT & CARA MEMILIH GENSET UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI

Penyebab Genset Cepat Rusak

jasa service genset

Meskipun genset dibuat supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama, ada beberapa faktor yang dapat membuat genset menjadi cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada genset.

  • Sama seperti kendaraan bermotor, genset perlu dinyalakan secara teratur supaya setiap komponen yang ada di dalamnya tidak menjadi berkarat dan macet. Mendiamkan genset selama berbulan-bulan akan memperpendek usia pakainya.
  • Genset perlu diletakkan di sebuah tempat khusus yang kering dan tidak terkena air hujan. Generator yang terlalu sering terkena hujan dapat mengalami karat dan mengakibatkan alat menjadi rusak dan tidak bisa digunakan.
  • Bahan bakar yang terdapat di dalam generator bensin dan diesel perlu dikuras secara berkala. Lupa menguras bahan bakar dapat mengakibatkan kotoran yang terdapat di dalam bahan bakar menjadi menyumbat dan mengakibatkan generator sulit untuk menyala.

Rekomendasi Jasa Service Genset Profesional

Dari penjelasan di atas, begitu banyaknya kegunaan yang dimiliki genset sehingga Anda mungkin saja membutuhkan genset. Nah, bagi Anda yang memiliki keluhan dan membutuhkan servis genset cepat, tanggap dan berkualitas, Anda dapat menghubungi Service Genset Panggilan Jakarta Selatan PT. Aksata Global Solusi.

 Perusahaan yang berlokasi di wilayah Bekasi tersebut menyediakan jasa perbaikan genset untuk berbagai keperluan, baik rumah maupun industri dengan layanan seperti Operation & Maintenance, Genset Repair, Genset Installation, Testing & Commissioning, Preventive Maintenance, Troubleshooting, Genset Spare parts, Panel & Electricity Power Equipment Maker & Services.

Aksata Global Solusi menerima layanan jasa service genset untuk berbagai merk seperti Cummins. Selain di wilayah Jabodetabek, perusahaan ini juga melayani daerah lain seperti Semarang, Jogja, Bandung, Sidoarjo, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Layanan jasa service genset ini telah memperoleh sertifikasi, sehingga aman dan biaya pemasangannyayang sesuai. Tersedia pula jasa maintenance fire alarm system dan jasa audit energi industri.

CARI BERBAGAI MESIN ALAT BERAT BERKUALITAS HANYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks