Roller conveyor pasti adalah salah satu barang yang tidak lagi asing bagi Anda yang bekerja di sebuah industri. Peralatan ini adalah mesin yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakan tenaga manusia.

Apa itu Roller Conveyor

Mesin ini merupakan serangkaian rol yang tergabung dalam sebuah bidang untuk memindahkan objek menggunakan sistem daya atau gravitasi. Roller Conveyor biasanya digunakan untuk mengangkut kotak, kardus, peti, dan berbagai barang produksi industri lainnya.

Peralatan industri ini termasuk dalam mesin yang cukup besar, sehingga membutuhkan ruang yang cukup agar dapat beroperasi secara efektif. Barang yang diangkut diatas mesin ini, harus memiliki panjang setidaknya sepanjang 3 rol, sehingga barang dapat dipindahkan dengan mudah dan berjalan lancar.

Mesin ini merupakan salah satu investasi yang bagus dalam sebuah industri, karena conveyor ini dapat digunakan dalam dua arah. Selain itu, penggunaan peralatan ini tentunya akan dapat menghemat waktu dan mempercepat kerja produksi dalam suatu industri.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Chain Conveyor untuk Kebutuhan Industri!

Roller Conveyor Dasar

Roller Conveyor
Sumber: Pexels

Roller conveyor memiliki berbagai jenis yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Diantaranya yaitu, konveyor rol gravitasi, konveyor rol berpenggerak sabuk, konveyor rol berpenggerak rantai, konveyor rol polos garis, konveyor rol tekanan nol, konveyor rol rol bertenaga, konveyor rol berpenggerak motor.

Dari sekian banyak jenis roller conveyor, yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah sistem roller conveyor gravitasi. Hal ini dikarenakan roller conveyor jenis ini adalah mesin yang paling dasar.

Jenis tersebut terbuat dari baja, alumunium, dan plastik. Roller conveyor gravitasi biasanya digunakan sebagai conveyor sementara untuk menggantikan conveyor roda dalam aplikasi tugas berat dan untuk menumpuk beban yang memerlukan penjadwalan khusus.

Baca juga: Jenis, Spesifikasi, dan Keuntungan Menggunakan Conveyor Chain

Cara Merawat Roller Conveyor

Roller Conveyor
Sumber: Pexels

Setiap peralatan mulai dari yang besar hingga terkecil, tentunya membutuhkan perawatan. Entah itu perawatan secara besar-besaran atau hanya memantau bagaimana cara kerja alat tersebut, apakah terdapat kendala atau masalah yang perlu diperbaiki, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan mesin industri konveyor rol, mengingat pemakaiannya yang terus menerus, maka pengecekan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu juga diperlukan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk merawat konveyor rol pada tempat Anda.

Memberikan Minyak Secara Teratur

Mesin peralatan industri yang menggunakan tenaga penggerak di dalamnya selalu membutuhkan pelumas untuk menjaga agar alat tersebut tetap bergerak. Seperti bagian rantai penggerak dan bantalan rol.

Dalam jangka waktu beberapa hari atau bulan, bagian-bagian tersebut harus diberikan minyak secara teratur. Ini adalah langkah termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar peralatan industri Anda tidak menghambat sistem produksi.

Membersihkan Rol Conveyor Secara Terjadwal

Hal dasar lain yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan rol conveyor secara terjadwal. Hal ini dilakukan agar mesin tetap bersih dan dapat beroperasi dengan baik. Selain itu, pembersihan secara teratur juga dilakukan untuk menghindari penyumbatan sistem. Semua kotoran yang menempel pada mesin harus dihilangkan dan dilap hingga bersih.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis conveyor memiliki metode pembersihan yang berbeda-beda. Seperti rol stainless steel, langkah pembersihannya dengan menyemprotkan air ke badan rol kemudian mencucinya dengan deterjen.

Melakukan Pemeliharaan Preventif

Selain melakukan pemeliharaan dasar, Anda juga perlu melakukan pemeliharaan preventif. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengecek mesin Anda untuk menemukan masalah kecil sebelum masalah dalam peralatan industri merusak semua sistem produksi Anda.

Langkah ini juga dapat membantu Anda memastikan bahwa mesin berfungsi dan bekerja dengan baik.

Pemeriksaan Bagian-Bagian Mesin

Melakukan pemeriksaan pada setiap bagian roller conveyor merupakan salah satu bentuk pencegahan sebelum mesin Anda mendadak mati. Pemeriksaan ini dapat Anda lakukan dengan mengecek apakah rantai penggerak bergerak secara fleksibel, apakah permukaan sabuk aus, atau apakah permukaan konveyor rol mulai rata.

Perawatan dalam langkah ini berguna untuk memastikan bahwa semua bagian mesin bergerak lancar ke arah yang sama. Jika terdapat salah satu roller yang tidak bergerak atau goyah, itu menandakan bahwa ada masalah yang perlu diatasi.

Biasanya, hal tersebut dapat Anda lihat dari bantalan rol untuk memastikan bahwa masalah tersebut dapat diperbaiki dengan aman. Jika mesin Anda tidak dapat diperbaiki secara aman, itu berarti Anda perlu menghubungi tukang yang ahli dalam perbaikan mesin atau peralatan-peralatan industri.

Hal yang perlu Anda ketahui dan menjadi catatan bagi Anda yang menggunakan mesin ini adalah jika suhu konveyor rol Anda sangat tinggi, maka Anda harus mematikan sistem dan membiarkannya hingga dingin sejenak. Kemudian periksalah pada setiap bagian untuk memastikan bahwa tidak ada permasalahan yang akan membuat mesin Anda semakin rusak.

Baca juga: Conveyor Belt: Prinsip Kerja dan Komponennya

Jual Roller Conveyor Murah

Bagi Anda yang sedang mencari peralatan industri seperti roller conveyor, Anda bisa mendapatkannya di PT. Dikatama Putra Perkasa. Mereka merupakan distributor conveyor sistem dan distributor belt (esbelt, ameral, habasit, nang).

PT. Dikatama Putra Perkasa menyediakan beberapa jenis conveyor yang diperlukan oleh perusahaan Anda dalam pengadaan mesin operasional. Mereka bahkan juga menyediakan berbagai desain conveyor yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website mereka untuk mendapat mesin roller conveyor!


Author

%d bloggers like this: