Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Kain paranet biasanya mudah ditemui di area perkebunan atau taman. Namun fungsi paranet sebenarnya tak hanya sebagai pelindung tanaman. Dewasa ini, kain paranet kerap digunakan untuk kebutuhan rumah. Salah satunya paranet untuk teras rumah, kanopi, paranet, jaring anti panas, dan lain sebagainya.

Kain paranet (atau bisa juga disebut sebagai kain shade netting) adalah jenis kain yang digunakan untuk berbagai tujuan, terutama terkait dengan perlindungan terhadap sinar matahari, pengendalian suhu, dan perlindungan tanaman.

Tak hanya itu terdapat beberapa fungsi paranet untuk rumah lainnya. Apa saja itu? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Perlindungan dari Sinar Matahari

Kain paranet berfungsi sebagai perlindungan terhadap sinar matahari yang berlebihan. Kain ini memiliki kemampuan untuk menyaring sebagian sinar matahari, sehingga dapat mengurangi intensitas cahaya dan panas yang masuk ke dalam ruangan atau area tertentu di sekitar rumah.

Pengendalian Suhu

Apakah paranet bisa mengurangi panas? Ya, karena paranet dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk, kain paranet membantu mengendalikan suhu di dalam ruangan atau area tertentu. Hal ini dapat mengurangi kelembaban dan panas berlebih, menjadikan lingkungan lebih nyaman dan mencegah overheating.

Mengurangi Radiasi UV

Dalam hal ini kain paranet berfungsi sebagai kanopi paranet yang dapat menyaring atau mengurangi paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Hal ini bermanfaat untuk melindungi furnitur, lantai, dan barang-barang lain di dalam rumah dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Perlindungan Tanaman

Kain paranet sering digunakan dalam kegiatan pertanian atau kebun untuk melindungi tanaman dari efek buruk sinar matahari yang berlebihan. Kain ini membantu menyebarkan cahaya matahari dengan merata, mengurangi stress tanaman akibat panas berlebih, dan menghindari kerusakan pada tanaman.

Kenyamanan di Area Outdoor

Kain paranet bisa digunakan di area luar rumah seperti teras, halaman, atau taman, untuk menciptakan area yang lebih nyaman dan teduh. Ini memungkinkan penghuni rumah untuk menikmati suasana luar dengan lebih nyaman tanpa terpapar langsung oleh sinar matahari.

Mengontrol Sirkulasi Udara

Kain paranet dapat membantu mengontrol suhu dan sirkulasi udara di area yang dilindungi olehnya. Meskipun kain paranet tidak secara langsung mengontrol suhu seperti insulasi termal, namun kain ini memiliki efek signifikan dalam mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan atau area tertentu. Ini berdampak pada kontrol suhu dan sirkulasi udara, terutama dalam konteks area luar seperti teras, halaman, atau taman.

Menahan Air Hujan

Apakah paranet bisa tembus air hujan? Kain paranet sebenarnya tidak dirancang sepenuhya untuk menahan air hujan. Namun bisa jadi kain paranet dengan kerapatan lebih rapat mampu membuat butiran air hujan dipecah lebih kecil dan turun perlahan. Sehingga air hujan dan kotoran yang terbawanya tidak mengenai teras secara langsung.

Baca Juga: Cara Membuat Rumah Walet Lembab, Wajib Dipraktekkan!

Lantas jaring paranet terbuat dari apa?

paranet terbuat dari apa
Sumber: Amazon

Jaring paranet, juga dikenal sebagai kain paranet atau shade netting, terbuat dari berbagai jenis bahan yang dirancang khusus untuk menyaring cahaya matahari dan memblokir sebagian radiasi UV. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam pembuatan jaring paranet meliputi:

Polyethylene (Polietilena)

Polietilena adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat jaring paranet. Bahan ini tahan terhadap cuaca dan memiliki sifat tahan terhadap paparan sinar matahari dan radiasi UV. Polyethylene sering digunakan karena sifatnya yang tahan lama dan biaya produksinya yang relatif rendah.

Polypropylene (Polipropilena)

Polipropilena adalah bahan lain yang digunakan untuk membuat jaring paranet. Bahan ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan radiasi UV. Polipropilena sering digunakan dalam aplikasi pertanian dan perlindungan tanaman.

Vinyl (Vinil)

Beberapa jaring paranet dapat terbuat dari bahan vinyl atau PVC (polyvinyl chloride). Vinyl memiliki sifat tahan air dan tahan terhadap cuaca, sehingga digunakan dalam aplikasi di mana ketahanan terhadap air adalah pertimbangan utama.

Kombinasi Bahan

Banyak jaring paranet terbuat dari kombinasi berbagai jenis bahan untuk mencapai karakteristik tertentu, seperti daya tahan, kekuatan, atau kemampuan penyaringan cahaya yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Paranet? Ini Fungsi, Jenis, dan Harga Per Meternya

Tips Memilih Paranet

Untuk memudahkan Anda memilih paranet yang tepat untuk rumah, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membelinya.

Pilih Tingkat Perlindungan UV yang Sesuai

Pastikan jaring paranet yang Anda pilih memiliki kemampuan memblokir sinar UV sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan paranet akan memiliki informasi tentang tingkat perlindungan UV yang mereka berikan.

Ukuran dan Bentuk

Pilih paranet dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan area yang ingin Anda lindungi. Hitung area yang perlu dilindungi dan pilih paranet yang memiliki ukuran sesuai.

Perhatikan Faktor Penyaringan Cahaya

Paranet tersedia dalam berbagai tingkat kepadatan (ukuran lubang/lensa) yang mempengaruhi seberapa banyak cahaya matahari yang akan tersaring. Tentukan berapa banyak cahaya yang ingin Anda saring berdasarkan kebutuhan tanaman atau area yang dilindungi.

Baca Juga: Macam-macam Sprinkler Air untuk Pertanian dan Perkebunan

Demikian ulasan mengenai fungsi paranet untuk rumah, bahan-bahan, dan tips sebelum membelinya. Selain untuk kebutuhan rumah, apabila Anda mencari jenis paranet dengan kualitas terbaik, dapat menuju paranet murah berikut ini. Semoga membantu.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks