Indonetwork, Peralatan Industri – Gearbox adalah alat yang banyak digunakan dalam area industri dan permesinan. Gearbox terdiri dari konfigurasi berbagai macam roda gigi dengan rasio gigi menyesuaikan tujuan dari mesin. Fungsi dasar gearbox adalah untuk menyalurkan daya dari motor penggerak ke mesin yang akan dioperasikan. Adanya gearbox dalam sebuah mesin berguna untuk menyesuaikan daya yang disalurkan agar memperpanjang umur mesin dan meningkatkan efisiensi kerja mesin.

Gearbox juga berfungsi untuk mengatur kecepatan putar daya yang tersedia menyesuaikan fungsi dan tujuan dari mesin. Di dalam suatu mesin bisa terdapat berbagai macam gearbox, setiap jenis gearbox memiliki fungsinya tersendiri. Setiap gearbox memiliki keunggulannya masing-masing, termasuk gear box helical planetary, yang mampu membantu menyesuaikan gear mana yang sesuai untuk suatu mesin serta meningkatkan kinerja mesin.

Varian Gear Box dan Keunggulannya

1. Spur Gearbox

Spur Gearbox
Sumber: Motioncontroltips.com

Spur gearbox adalah jenis gearbox yang paling umum digunakan karena susunannya yang sederhana dan cocok digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Konfigurasi dari spur gearbox berbentuk lurus dengan poros yang tersusun secara paralel di bidang yang sama.

eunggulan dari gearbox jenis ini adalah kemampuannya untuk bertahan dalam kecepatan dan beban daya yang tinggi. Dengan konfigurasi seperti ini mampu meningkatkan efisiensi mesin hingga 98%. Selain meningkatkan efisiensi, konfigurasi ini juga yang paling mudah dipasang dibanding jenis gearbox yang lain.

Dikarenakan konfigurasi spur gearbox ini adalah konfigurasi yang umum, maka jenis gearbox ini hampir bisa ditemui di banyak peralatan. Mulai dari roda gigi dalam arloji mekanis hingga penggunaan skala besar di mesin pabrik dan peralatan pertambangan. Spur gearbox juga sering digunakan dalam transmisi sepeda motor.

2. Bevel Gearbox

Bevel Gearbox
Sumber: Quora.com

Bevel gearbox dirancang secara khusus untuk menyalurkan daya dari dua poros yang tidak sejajar. Bevel gearbox memiliki konfigurasi poros yang tegak lurus. Dengan konfigurasi seperti ini membuat gearbox mampu memindahkan tenaga dari dua poros yang tidak sejajar seperti sudut vertikal dan horizontal. Keunggulan dari jenis gearbox ini adalah kemampuannya untuk beroperasi di sudut tertentu dengan poros yang tidak sejajar.

Selain itu, bevel gearbox dapat mengubah sudut kerjanya, tetapi diperlukan perancangan yang presisi dengan roda gigi yang dirancang khusus menyesuaikan sudut kerja tersebut. Penggunaan bevel gearbox banyak dijumpai dalam peralatan sehari-hari. Jenis gearbox ini dapat dilihat dalam alat konstruksi ringan seperti bor tangan dan mesin bubut. Bevel gearbox juga bisa ditemukan dalam mekanisme kemudi mobil saat berbelok.

Baca Juga: Gearbox: Pengertian, Fungsi & Jenisnya

3. Worm Gearbox

Jual Worm Gearbox Murah
Sumber: J. d. atutomation

Worm gearbox adalah gearbox yang memiliki roda gigi dengan bentuk ulir seperti sekrup. Gigi ulir ini berfungsi untuk mengurangi putaran input pada motor dengan konfigurasi poros miring siku-siku. Sama seperti bevel gearbox, keunggulan dari gearbox ini adalah sudut siku-sikunya. Selain sudutnya, gigi ulirnya juga bermanfaat dalam penggunaan mesin yang membutuhkan putaran berkesinambungan.

Keunggulan lainnya dari gearbox ini adalah kemampuannya untuk bisa melakukan self locking atau penguncian posisi. Aplikasi paling sederhana dan sering dijumpai dari worm gearbox bisa diperhatikan dalam p engatur senar gitar. Untuk pengaplikasian worm gearbox dalam skala besar bisa diperhatikan dalam proses pengolahan kertas dan plastik, peralatan tambang dan konstruksi, percetakan dan pengemasan.

4. Helical Gearbox

Helical Gearbox
Sumber: Drivetrainhub.com

Helical gearbox hampir serupa dengan spur gearbox, perbedaannya terletak pada kemiringan dari gigi rodanya. Helical gearbox adalah jenis gearbox yang memiliki roda gigi miring dengan kemiringan gigi berkisar 15-30 derajat. Dengan kemiringan ini membuat gearbox mampu beroperasi dengan lebih halus. Keunggulan dari helical gearbox adalah daya tahannya yang sangat tinggi.

Dengan konfigurasi poros paralel, helical gearbox mampu bertahan di kecepatan dan beban yang lebih tinggi dari spur gearbox. Karena daya tahannya yang tinggi, jenis gearbox yang satu ini banyak digunakan untuk mesin dengan kecepatan lebih dari 3500 RPM. Ini juga membuat harga helical gearbox lebih mahal dari spur gearbox. Sementara itu, efisiensinya justru sedikit di bawah spur gearbox dengan kisaran 96% – 98%.

Aplikasi dari helical gearbox bisa digunakan di mesin dengan kecepatan dan beban daya yang tinggi, seperti yang terdapat dalam mesin percetakan, industri tekstil, elevator, kompresor, dan mesin di industri pertambangan.

5. Gear Box Helical Planetary

Gear Box Helical Planetary
Sumber: Indomitraprimalestari.com

Gear box helical planetary mempunyai tenaga berkonsep unik yang dirancang untuk kondisi pekerjaan berat. Desain ekologisnya yang sangat baik mampu menambah kilauan pada citra merek Anda. Struktur pengaturan garis lipatnya ringkas dengan kapasitas transmisi torsi 10% lebih tinggi.

Desain casing FEA yang dimilikinya dapat meningkatkan stabilitas operasi hingga 30%. Tingkat keandalannya juga lebih tinggi dan masa pakai lebih lama sehingga menghemat biaya perbaikan dan pemeliharaan. Kepadatan dayanya yang tinggi dapat menghemat ruang pemasangan dan struktur keseluruhan lebih kompak. Desain vertikal dan dan horizontal serta berbagai rakitannya bisa memenuhi lebih dari 100 casing.

Aplikasi dari gear box helical planetary dapat digunakan pada mesin dengan kecepatan dan beban daya yang tinggi, seperti yang terdapat dalam kebutuhan produksi bahan kimia, conveyor, semen, logam non besi, derek, penambangan, dan kertas.

Baca Juga: Tips Merawat Gearbox Motor Supaya Awet dan Terkontrol

Rekomendasi Jual Gear Box Helical Planetary

Itulah keunggulan dari berbagai macam gearbox dan pengaplikasiannya dalam mesin industri dan kehidupan sehari-hari. Jika Anda membutuhkan satu set gear box helical planetary baru, Anda dapat menghubungi PT. Indomitra Prima Lestari. Selain menyediakan gearbox, disana juga menyediakan kebutuhan industri lainnya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks