Indonetwork, Otomotif Setiap mesin memiliki masing-masing peran dan fungsi yang berbeda. Harga barang yang memiliki mesin tentunya tidak murah, sehingga tidak bisa dipungkiri seiring berjalannya waktu pasti beberapa mesin yang Anda miliki pernah mengalami komponen yang rusak atau aus. Baik karena pengaruh eksternal atau terlalu seringnya bergesekan mesin dengan elemen lain. Hal ini yang membuat jual gearbox motor cukup laku dipasaran.

Mungkin bagi teknisi gearbox merupakan elemen yang umum, namun beberapa pemakai mesin lainnya mungkin masih awam dengan elemen ini. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan jenis gearbox yang umum digunakan oleh masyarakat.

Apa Itu Gearbox?

Gearbox adalah suatu komponen penting untuk pemindahan tenaga atau daya mesin pada satu bagian ke bagian lain kendaraan motor ataupun mobil agar lebih besar. Tentu pada bagian dalam mesin terdapat beberapa komponen yang bertugas sebagai pemindah tenaga, salah satunya adalah gearbox.

Alat ini bisa dikenal juga dengan transmisi manual atau speed reducer yang berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak, toris serta gerakan putaran berbalik, sehingga kendaraan dapat bergerak maju ataupun mundur.

Pengaplikasian gearbox sendiri biasanya dapat digunakan pada mesin pabrik, perikanan, pertambangan, ruang tunggu, pengambilan bagasi pada bandara dan yang paling banyak dirasakan untuk memperkuat kecepatan tenaga dari elektrik motor.

Apa Itu Gearbox?
Sumber: Istockphoto

Apa Fungsi Gearbox pada Motor?

Tahukah Anda bahwa dalam dunia permesinan gearbox memiliki peran penting, sehingga distributor yang jual gearbox motor sangat mudah ditemukan dipinggir jalan. Secara umum alat ini dapat memperkuat dan memperlambat kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel. Jadi jika sebuah mesin tidak memiliki gearbox, maka tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel atau dinamo motor elektrik tidak bisa dikendalikan.

Nah Anda mau tahu apa saja fungsi gearbox pada motor, yaitu:

1. Memindahkan Tenaga Pada Motor

Gearbox motor dapat berperan dalam memindahkan tenaga yang akan disalurkan kepada daya yang akan dihasilkan oleh mesin ke salah satu bagian mesin lainnya.

2. Menyesuaikan Daya Pada Mesin

Selain itu gearbox motor juga dapat menyesuaikan daya atau torsi yang di hasilkan oleh mesin. Dalam proses menyalurkan tenaga ini, gearbox motor dikenal memiliki beberapa tingkatan daya.

3. Mengubah gerak kendaraan

Gerak yang dimaksud pada kendaraan, yaitu mobil dan motor dapat bergerak maju dan mundur sesuai kehendak Anda.

4. Komponen yang berguna untuk mengeluarkan putaran mesin tanpa slip

Jika kualitas gearbox kendaraan Anda masih baik, maka putaran roda yang dihasilkan juga tidak menimbulkan slip

5. Mengubah moment pulir yang akan diteruskan kebagian spindel

Fungsi ini biasanya dilakukan pada motor manual sehingga produk tetap awet.

6. Menyediakan rasio gigi pada sepeda motor yang sesuai dengan beban dayanya

Fungsi gearbox juga dapat menyesuaikan rasio gigi kendaraan agar dapat bergerak sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 7 Komponen Penyusun ELECTRIC MOTOR

Komponen Gearbox

Berikut informasi mengenai komponen yang mendukung kinerja gearbox pada mesin maupun kendaraan, yaitu:

  • Frame yang digunakan rumah dari gearbox.
  • Packing digunakan sebagai penahan atau klem supaya oli transmisi tidak bocor.
  • Out Cove merupakan penutup lubang pada output shaft.
  • Worm shaft merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran dari worm wheel ke output shaft.
  • Worm wheel adalah komponen untuk meneruskan putaran dari input shaft ke output shaft.
  • Input shaft merupakan komponen untuk meneruskan putaran dari motor penggerak.
  • Oli seal adalah penahan oli supaya tidak terjadi kebocoran pada poros.
  • Oil hole cover merupakan saluran untuk memasukkan oli.

Setelah Anda mengetahui komponen di atas, diketahui setiap elemen gearbox memiliki fungsi yang berbeda-beda namun saling melengkapi satu sama lain. Sehingga jika terdapat suatu masalah dari salah satu komponen di atas maka kinerja mesin akan berjalan secara tidak maksimal dan menghambat aktivitas Anda.

Apa Saja Jenis Gearbox?

Apa Saja Jenis Gearbox?
Sumber: Anugrah Jaya Bearing

Semakin canggihnya perkembangan teknologi membuat semakin banyaknya variasi jual gearbox motor di pasaran. Oleh karena itu beberapa informasi dibawah ini merupakan jenis gearbox yang banyak peminatnya, seperti:

1. Bevel Gear

Spiral bevel gear
Sumber: wikipedia.org

Bevel gear merupakan roda gigi yang memiliki dua poros yang tidak sejajar untuk memindahkan tenaga, seperti horizontal dan vertikal. Ini merupakan salah satu mesin yang cukup dikenal dan biasa digunakan pada berbagai kalangan industri di Indonesia dan luar negeri. Namun jangan berkecil hati karena jual gear box motor dengan harga murah dapat Anda temukan di PT. Motoren Teknik Indonesia.

2. Helical Gear

Helical Gear
Sumber: wikipedia.org

Untuk jenis Gearbox yang satu ini merupakan roda gigi dengan bentuk gigi miring sekitar 15-30 derajat. Helical gear banyak digunakan untuk mesin dengan kecepatan lebih dari 3.500 RPM. Tapi, Anda harus bersiap-siap karena harganya cukup mahal.

3. Spur Gear

Spur gears: What are they and where are they used?
Sumber: motioncontroltips.com

Spur gear merupakan roda gigi yang paling banyak diaplikasikan dalam transmisi sepeda motor. Jika kita perhatikan bentuk giginya, maka akan terlihat berbentuk lurus. Berbagai ukuran spur gear dirangkai menjadi transmisi sepeda motor dengan konfigurasi tertentu yang kemudian digunakan pada countershaft dan mainshaft.

4. Worm dan Worm Gear

Worm Gear
Sumber: machinerylubrication.com

Untuk jenis gear yang ini sering digunakan untuk membantu mengurangi putaran input, seperti yang diaplikasikan pada kemudi mobil. Jika Anda ingin melihat cara kerjanya, lihat saja putaran kemudi atau setir dan juga sudut roda depan mobil. Mesin ini dapat membantu anda yang ingin mengurangi putaran pada input putara. 

Baca juga: Tips Merawat Gearbox Motor Supaya Awet Dan Terkontrol

Rekomendasi Jual Gearbox

Itu dia informasi lengkap mengenai gearbox motor, jika Anda membutuhkan alat ini sebagai pengganti produk gearbox Anda yang rusak, maka PT. Motoren Teknik Indonesia dapat menyuplai kebutuhan baik satuan maupun grosir di seluruh Indonesia. Jangan khawatir karena perusahaan ini akan menawarkan Anda dengan harga yang terjangkau, terlengkap dengan berbagai pilihan merek dan pastinya kualitas yang baik

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks