Indonetwork, Peralatan Industri – Gearbox punya peranan yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Sehingga perawatan pada komponen ini harus sering dilakukan secara rutin.

Di Indonesia, motor matic dan skuter menjadi dua jenis kendaraan yang banyak dipakai. Salah satu keunggulan dari kedua jenis motor tersebut adalah sangat mudah dipakai dan praktis. Bagi mereka yang tidak suka motor bebek atau motor berkopling tentu saja sangat cocok pakai motor matic dan skuter.

Namun kepraktisannya itu tidak sebanding dengan tingkat perawatannya. Banyak pengguna motor yang lengah dan mengabaikan perawatannya. Hal yang paling utama adalah ketika mereka mengabaikan komponen motor yang rentan mengalami kerusakan, misalnya gearbox motor.

Tips Merawat Gearbox pada Motor Agar Awet

Perawatan harus dilakukan secara rutin supaya tidak sering-sering ganti gearbox. Meskipun sudah banyak toko yang jual gearbox motor, namun jika sering dilakukan tentu saja akan menguras isi dompet Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika merawat Gear Motor.

1. Rutin Ganti Oli

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti oli transmisi jika kualitasnya sudah menurun. Sebenarnya tidak hanya motor, semua kendaraan yang menggunakan gearbox harus mengganti oli secara berkala.

Semua komponen yang ada di dalam box akan lebih mudah rusak dan rontok ketika oli transmisinya sudah tidak berkualitas. Pasalnya semua komponen yang ada di dalam gearbox akan mengalami gesekan. Pelumas atau oli yang bagus sangat diperlukan ketika gesekan itu terjadi. Jadi kami sarankan untuk rutin mengganti pelumas ini.

2. Pilih Oli Terbaik

Oli transmisi berbeda dengan oli mesin yang biasa Anda beli ke tempat servis. Penggantian oli transmisi dilakukan dengan cara mengecek kondisi oli terlebih dahulu apakah sudah tidak berkualitas atau justru masih bagus.

Pilihlah oli transmisi yang berkualitas supaya kinerja gearbox juga maksimal nantinya. Pilih oli yang memang dikhususkan untuk gearbox dan pastikan dengan jumlah yang benar. Hindari menggunakan oli bekas karena hanya akan menimbulkan masalah lain ke depannya.

Baca juga: Pengertian Check Valve & Jenis-Jenisnya

3. Bersihkan CVT

Gearbox pada motor matic memiliki hubungan yang sangat erat dengan komponen CVT. Jadi Anda tidak hanya melakukan pada gearbox saja, tapi juga CVT. 

CVT (Continuously Variable Transmission) berfungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin pada bagian bawah roda ban. Dengan begitu motor bisa berjalan. Oleh sebab itu komponen CVT ini sangatlah penting.

Anda harus pastikan kalau ruang CVT itu harus bersih dan bebas dari kotoran. Dengan merawat  CVT, komponen gearbox pada motor juga akan tahan lama dan bisa bekerja secara optimal. Untuk memeriksa CVT ini, datanglah ke teknisi apakah ruangnya harus dibersihkan ataukah masih bersih.

Perawatan di atas perlu dilakukan supaya gearbox pada motor Anda bisa bekerja dengan optimal. Jika sudah rusak tentu saja Anda harus membelinya dan harus merogoh isi dompet Anda. Jadi lebih untuk merawatnya dibanding harus sering beli.

Namun ketika sudah rusak, Anda bisa membeli gearbox dengan harga yang relatif lebih murah. Misalnya Anda bisa membelinya di PT. Motoren Teknik Indonesia. Perusahaan ini menjual gearbox motor ari berbagai varian dengan harga yang terjangkau.

Bila belum punya pengalaman, sebaiknya gantilah gearbox di teknisi atau tempat servis terpercaya. Kalau bisa periksa komponen ini secara rutin ke tempat servis supaya kondisinya terkontrol.

Baca juga: Fungsi Dan Jenis Exhaust Fan Yang Harus Anda Ketahui

Demikianlah beberapa tips merawat gearbox motor supaya tetap awet. Kalau Anda pengguna motor matik pastikan juga untuk memperhatikan ruang CVT agar tidak kotor. Dengan melakukan ketiga perawatan di atas, gearbox motor Anda akan lebih mudah terkontrol.

(Blog Peralatan Industri)