Indonetwork, Peralatan IndustriGorong-gorong mungkin sudah tak asing lagi Anda temui di berbagai jalanan pusat kota. Gorong-gorong sendiri biasanya berguna sebagai kontruksi drainese air. Bagi pihak konstruksi, pemilihan jenis gorong-gorong tentu harus benar-benar dipertimbangkan.

Mengingat gorong-gorong merupakan bagian penting untuk mencegah terjadinya banjir. Nah, bagi Anda yang bergerak di bidang konstruksi mari mengulas lebih lanjut mengenai definisi gorong-gorong, berbagai macam ukuran, struktur, dan harganya.

Pengertian dan struktur gorong-gorong

Gorong-gorong adalah suatu saluran atau saluran air yang biasanya terbuat dari beton atau bahan lainnya, yang digunakan untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain. Gorong-gorong umumnya digunakan untuk mengatasi masalah drainase atau pengelolaan air, terutama pada daerah perkotaan.

Fungsi utama gorong-gorong adalah untuk mencegah genangan air dan banjir dengan memastikan air hujan atau air limbah dapat mengalir dengan lancar ke tempat yang ditentukan, seperti sungai atau laut. Gorong-gorong dapat berbentuk pipa atau saluran terbuka, tergantung pada kebutuhan dan kondisi geografis suatu daerah.

Di daerah perkotaan, gorong-gorong sering kali terkubur di bawah jalan atau trotoar untuk memberikan estetika dan keamanan lalu lintas. Di daerah pedesaan, gorong-gorong mungkin berupa saluran terbuka yang terletak di permukaan tanah.

Struktur dari gorong-gorong dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan kondisi geografis suatu daerah. Namun, secara umum, gorong-gorong memiliki beberapa elemen struktural yang umumnya ditemui. Berikut adalah beberapa komponen umum dalam struktur gorong-gorong:

Material Konstruksi

  • Beton: Gorong-gorong sering kali terbuat dari beton karena beton memiliki sifat tahan air dan daya tahan yang baik terhadap tekanan air.
  • Logam: Beberapa gorong-gorong juga dapat terbuat dari logam, seperti baja galvanis, terutama untuk pipa saluran air.

Pipa atau Saluran

Gorong-gorong dapat berbentuk pipa atau saluran terbuka. Pipa digunakan untuk saluran air bawah tanah, sementara saluran terbuka biasanya terletak di atas tanah. Salah satu bentuk gorong-gorong seperti ini bisa dilihat dari gorong-gorong armco.

Lapisan Pelapis

Untuk gorong-gorong beton, sering kali ada lapisan pelapis di dalamnya yang membantu melindungi beton dari kerusakan akibat air atau zat kimia.

Penutup atau Tutup

Gorong-gorong bawah tanah biasanya memiliki penutup untuk melindungi akses dan memungkinkan perawatan serta pembersihan. Penutup ini dapat terbuat dari logam atau beton dan sering memiliki lubang atau celah untuk memungkinkan air masuk.

Kisi-Kisi atau Filter

Pada bagian masuk atau keluar, gorong-gorong dapat dilengkapi dengan kisi-kisi atau filter untuk mencegah sampah, daun, atau benda-benda lainnya masuk dan menghambat aliran air.

Jangkar atau Fondasi

Gorong-gorong yang lebih besar atau yang terletak di bawah tanah mungkin memerlukan fondasi atau jangkar untuk memberikan stabilitas dan mencegah pergeseran.

Baca Juga: Pilihan Control Valve yang Sesuai dengan Kebutuhan Industri Anda

diameter gorong-gorong

Gorong gorong baja armco
Sumber: Indonetwork

Ukuran diameter gorong-gorong biasanya diukur dengan satuan sentimeter atau meter. Diameter gorong-gorong biasanya dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Diameter kecil: 20 cm, 25 cm, 30 cm
  • Diameter sedang: 40 cm, 50 cm, 60 cm
  • Diameter besar: 80 cm, 100 cm, 120 cm

Ukuran diameter gorong-gorong yang digunakan disesuaikan dengan debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong tersebut. Semakin besar debit air, maka semakin besar pula ukuran diameter gorong-gorong yang dibutuhkan.

tinggi gorong-gorong

Tinggi gorong-gorong biasanya diukur dengan satuan sentimeter atau meter. Biasanya ukuran ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Tinggi rendah: 50 cm, 75 cm, 100 cm
  • Tinggi sedang: 150 cm, 200 cm, 250 cm
  • Tinggi tinggi: 300 cm, 350 cm, 400 cm

Ukuran tinggi gorong-gorong yang digunakan disesuaikan dengan kedalaman air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong tersebut. Semakin dalam air, maka semakin tinggi pula ukuran tinggi gorong-gorong yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa contoh ukuran gorong-gorong yang sering digunakan:

  • Gorong-gorong untuk mengalirkan air hujan di jalan raya: diameter 20-60 cm, tinggi 50-150 cm
  • Gorong-gorong untuk mengalirkan air limbah: diameter 40-100 cm, tinggi 100-250 cm
  • Gorong-gorong untuk mengalirkan air sungai: diameter 80-200 cm, tinggi 200-400 cm
    Selain ukuran diameter dan tinggi, gorong-gorong juga memiliki beberapa spesifikasi lain, seperti bentuk, bahan, dan kekuatan.

Bentuk gorong-gorong dapat berupa bulat, persegi, atau setengah lingkaran. Bahan gorong-gorong dapat berupa beton, baja, atau plastik. Kekuatan gorong-gorong ditentukan oleh kualitas bahan dan proses pembuatannya.

Harga rata-rata gorong – gorong

gorong gorong baja armco
Sumber: Indonetwork

Harga gorong-gorong bervariasi tergantung pada ukuran, bahan, dan kualitasnya. Secara umum, harga gorong-gorong beton lebih mahal daripada gorong-gorong baja atau plastik.

Berikut adalah harga rata-rata gorong-gorong beton berdasarkan ukurannya:

  • Diameter 20 cm: Rp 70.000-Rp 100.000 per meter
  • Diameter 30 cm: Rp 100.000-Rp 150.000 per meter
  • Diameter 40 cm: Rp 150.000-Rp 200.000 per meter
  • Diameter 50 cm: Rp 200.000-Rp 250.000 per meter
  • Diameter 60 cm: Rp 250.000-Rp 300.000 per meter

Berikut adalah harga rata-rata gorong-gorong baja dan plastik berdasarkan ukurannya:

  • Diameter 20 cm: Rp 50.000-Rp 70.000 per meter
  • Diameter 30 cm: Rp 70.000-Rp 100.000 per meter
  • Diameter 40 cm: Rp 100.000-Rp 150.000 per meter
  • Diameter 50 cm: Rp 150.000-Rp 200.000 per meter
  • Diameter 60 cm: Rp 200.000-Rp 250.000 per meter

Baca Juga: 5 Manfaat Bulldozer dalam Proyek Pembukaan Lahan

Gorong gorong baja Armco

Salah satu gorong-gorong terbaik yaitu merek gorong-gorong baja Armco yang bisa Anda dapatkan di PT. Chasana Baja Konstruksi. Jenis gorong-gorong ini memiliki berbagai jenis ukuran, mulai dari 1 meter, 1,5 meter, 1,8 meter, dan lainnya. Perihal harga juga dibanderol berbagia macam mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Bagi Anda yang ingin menyelami lebih lanjut mengenai merek Armco, dapat langsung menghubungi PT. Chasana Baja Konstruksi untuk mendapat konsultasi dan penawaran lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks