Indonetwork, Bahan BangunanSebelum membeli batako untuk dinding rumah, Anda perlu mengetahui jumlah batako yang dibutuhkan. Jumlah batako tersebut bisa didapatkan melalui rumus perhitungan batako untuk dinding rumah.

Untuk menghitung kebutuhan batako, Anda dapat mencari jumlah batako yang terpasang pada dinding dengan satuan luas meter persegi atau membuat gambar pasangan dinding, hingga melakukan uji coba secara langsung.

Perhitungan yang tepat bisa menyelamatkan Anda dari kekurangan material untuk membuat dinding. Oleh karena itu, banyak orang kemudian membulatkan hasil jumlah batako untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak kekurangan batako.

Tipe Rumah Berdasarkan Tipe Bangunan

rumus perhitungan batako untuk dinding
Sumber: Pexels

Sebelum menghitung jumlah batako yang dibutuhkan, pastikan Anda Sudah memiliki gambaran berapa ukuran rumah yang akan Anda bangun. Berdasarkan tipe bangunan, berikut beberapa tipe rumah yang bisa menjadi inspirasi Anda.

1. Batako untuk rumah Tipe 45

Umumnya, rumah tipe 45 memiliki dimensi 6 x 7,5m dengan luas tanah sekitar 72, 90, dan 9 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, Anda bisa mendapatkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang tamu yang cukup besar. Sisa lahan di depan rumah pun bisa digunakan sebagai parkiran kendaraan.

2. Batako untuk rumah Tipe 54

Rumah tipe 54 adalah rumah yang cukup luas untuk keluarga dengan 2 anak. Pasalnya, rumah dengan tipe ini memiliki dimensi 9 x 6 m dan 13,5 x 4 m, bahkan 8 x 7 m. dengan ukuran tersebut, Anda bisa mendapatkan 2 hingga 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

3. Batako untuk rumah Tipe 60

Rumah tipe 60 memiliki ukuran yang luas dan disertai dengan taman. Tipe ini memiliki dimensi 6 x 10 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, Anda sudah bisa memiliki 3 kamar tidur, dan 2 kamar mandi, ruang tamu besar.

4. Batako untuk rumah Tipe 70

Rumah dengan tipe 70 sudah termasuk hunian kelas atas, karena memiliki luas bangunan 70 meter persegi dan berdimensi 7 x 10 m serta 5 x 14 m.

Umumnya, rumah ukuran tersebut sudah memiliki 2 lantai. Tidak hanya memiliki hunian yang nyaman dan lega, tetapi rumah ini bisa ditinggali bersama anak-anak dan orang tua.

Perlu diketahui bahwa tipe-tipe rumah tersebut bukanlah ukuran paten dalam pembuatan rumah. Anda pun bisa memutuskan sendiri akan membangun rumah dengan dimensi ukuran berapa.

Baca Juga: Inspirasi Gaya Arsitektur Bangunan Rumah Hunian

4 Rumus Perhitungan Batako untuk Dinding

rumus perhitungan batako untuk dinding
Sumber: Pexels

Berikut cara menghitung batako yang diperlukan untuk membuat dinding. Perlu diketahui juga bawah setiap jenis batako memiliki dimensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, angka yang dihasilkan juga nanti akan berbeda.

1. Dimensi Batako Standar

Dalam hal ini, perhitungan dilakukan menggunakan jenis batako standar. Umumnya, batako standar memiliki bentuk balok persegi dengan ukuran panjang 40 cm, tinggi 20 cm, dan tebal 10 cm. Didalamnya biasanya diberi lubang sebagai pengikat adukan sekaligus penghematan.

2. Kebutuhan Batako dalam 1 meter persegi

Apabila menggunakan batako standar, berarti luas 1 buah batako yaitu 0,4 m x 0,2 m = 0,8 m. dalam 1 meter persegi, ada 1/0,08 = 12,5 buah. Jika dikurangi luas spesi adukan, berarti ada 11 buah.

3. Kebutuhan Batako untuk Dinding

Berdasarkan perhitungan Pinhome, berikut cara menghitung kebutuhan batako untuk membangun dinding rumah dengan panjang 30 m dan ketinggian 3,5 m menggunakan batako standar.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menghitung volume luas dinding yang berukuran panjang 30 m dan lebar 3,5 m. Maka panjang x lebar = 30m x 3,5 m = 105 meter persegi.

Setelah itu, Anda bisa menjumlah total keperluan batako dengan rumus volume luas dindingxkebutuhan batako per 1 meter persegi. 105 meter persegi x 11 buah = 1.155 buah.

Apabila Anda ingin menambahkan beberapa batako untuk cadangan, Anda bisa membulatkannya secara langsung pada angka bulat terdekat atau mengambil 3% dari total keperluan batako tersebut. Perhitungannya adalah 3% x 1.155 = 34,7 buah.

Maka total batako yang dibutuhkan untuk membangun dinding adalah 1.155 + 34,7 = 1.189,7 atau bisa dibulatkan menjadi 1.190 buah atau 1.200 buah.

4. Jumlah Biaya yang dibutuhkan

Setiap produsen memberikan harga yang berbeda-beda untuk batako. Anda bisa mendapatkan tiga variasi harga dalam tiga toko yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum membeli batako, Anda bisa melakukan survey untuk mengetahui varian harga serta kualitas batako yang diberikan.

Apabila harga batako per buah adalah Rp5.000, maka total biaya yang Anda perlukan adalah jumlah batako yang diperlukan dikali harga batako perbuah = 1.200 buah x Rp5.000 = Rp6.000.000.

Baca Juga: Ukuran Besi WF untuk Rumah 2 Lantai

Produsen Batako di Indonesia

Terdapat banyak sekali produsen batako di Indonesia yang bisa Anda temui di toko-toko offline. Tidak hanya itu, saat ini Anda juga bisa membeli batako di online store. Salah satu produsen yang menjual batako adalah PT. Triputra Jaya Makmur.

PT. Triputra Jaya Makmur menyediakan berbagai macam material alam seperti pasir, batu gunung, batu pecah, batu koral, bati beton, batako, bata merah, bata ringan, dan lain sebagainya. Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait produsen batako, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork.

Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan.

Itulah macam-macam tipe rumah hingga rumus perhitungan batako untuk dinding yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks