Indonetwork, Peralatan IndustriPressure transmitter digunakan dalam aplikasi industri. Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan cairan dan gas dalam peralatan kerja yang berbeda. Transmitter ini merupakan komponen penting dalam proses industri, terutama industri minyak dan gas yang berhubungan dengan berbagai cairan dan gas. Untuk mengetahui lebih dalam tentang aplikasi, keuntungan, harga, dan tempat jual pressure transmitter simaklah penjelasan berikut ini.

Aplikasi Pressure Transmitter

Pressure Transmitter
Sumber: krohne.com

Pressure transmitter biasanya digunakan untuk membuat detektor antarmuka cairan untuk memantau tingkat cairan di berbagai jaringan pipa sistem yang terhubung. Pengukuran dan pemeliharaan tingkat tekanan komponen yang berbeda dalam industri ini sangat penting untuk kelancaran fungsinya karena setiap variasi di atas atau di bawah tekanan yang ditentukan dapat menyebabkan bencana. Alat ini sering digunakan bersama dengan perangkat lain untuk memastikan berfungsinya sistem dengan baik. Tentunya, peralatan ini dibuat sangat kuat untuk menahan lingkungan ekstrem di berbagai industri.

Prinsip fungsional pressure transmitter relatif sederhana. Sensor tekanan mengubah nilai tekanan mekanis menjadi sinyal listrik proporsional. Sensor tekanan biasanya terdiri dari bodi utama yang stabil dan diafragma. Diafragma adalah elemen yang paling penting untuk pengukuran tekanan dan dilengkapi dengan struktur resistensi sensitif-regangan dan kompresi-sensitif, yang disebut pengukur regangan (DMS). Diafragma dibelokkan di bawah pengaruh tekanan.

Pressure transmitter memiliki keluaran arus impedansi rendah, paling sering dirancang untuk mengirimkan sinyal analog 4-20mA. Output dapat dirancang untuk digunakan dengan loop arus 2-kawat atau 4-kawat, karena kedua jenis ini banyak digunakan di seluruh industri.

Pemancar tekanan 4-20mA memberikan kekebalan kebisingan listrik (EMI/RFI) yang baik, menjadikannya ideal ketika sinyal harus ditransmisikan jarak jauh. Pemancar dapat ditenagai oleh suplai yang tidak diatur, tetapi keluaran arus umumnya tidak cocok untuk peralatan bertenaga baterai saat beroperasi pada tekanan penuh.

Dengan demikian, pengukur regangan yang melekat padanya memanjang atau dikompresi dan hambatan listriknya berubah. Perubahan resistansi ini berbanding lurus dengan tekanan. Misalnya, jika resistor dihubungkan ke jembatan pengukur Wheatstone, sinyal listrik yang dihasilkan dapat diukur dan ditransfer ke indikator.

Transmitter dan sensor tekanan telah menjadi komponen vital di sektor industri karena berbagai aplikasinya. Transmitter telah digunakan untuk mengukur tekanan berbagai cairan bersama dengan mengidentifikasi segala jenis kebocoran. Pressure transmitter semakin banyak digunakan dalam berbagai jenis kegiatan penelitian dan pengembangan di berbagai sektor seperti sektor otomotif dan pesawat terbang. Di sini mereka digunakan untuk mengukur tekanan bahan bakar, air, udara, dan produk manufaktur lainnya.

Di sektor makanan dan minuman telah muncul sebagai arena aplikasi baru di mana pressure transmitter digunakan dalam aplikasi pembuatan bir dan produk susu untuk mengukur titik pembotolan. Jenis sensor baru sedang memasuki pasar. Alat ini juga digunakan di banyak bidang dan domain baru untuk memenuhi persyaratan baru.

Baca Juga: MENGENAL LEBIH DEKAT MENGENAI PRESSURE TRANSMITTER

Jenis Pressure Transmitter

pressure transmitter
Sumber: GMS Instruments

Pressure transmitter dapat dikategorikan menjadi empat jenis utama:

1. Gauge Pressure Transmitter / Pemancar Tekanan Pengukur

Seperti namanya, transmitter jenis ini mengukur tekanan sehubungan dengan tekanan atmosfer. Jenis transmitter ini banyak digunakan dalam proses industri karena melibatkan penggunaan cairan dan gas. Kebutuhan untuk menjaga tekanan mereka tetap terkendali membuat alat pengukur ini menjadi komponen penting dari industri ini.

2. Absolute Transmitter

Transmitter ini digunakan untuk mengukur tekanan sehubungan dengan vakum penuh. Pada dasarnya, media yang diukur ditempatkan di ruang tertutup untuk membuat referensi ke vakum absolut. Absolute transmitter ini umumnya digunakan di area yang menuntut tingkat akurasi yang sangat tinggi.

3. Differential-Pressure Transmitter / Pemancar Tekanan Diferensial

Transmitter ini umumnya digunakan untuk membandingkan berbagai jenis tekanan. Pressure transmitter jenis ini digunakan untuk mengukur laju aliran karena keunggulannya dibandingkan transmitter jenis lain.

4. Multivariable Pressure Transmitters

Transmitter ini digunakan dalam kasus di mana lebih dari satu variabel yang terlibat. Variabel-variabel ini dapat berupa suhu dan aliran volumetrik di antara variabel-variabel lainnya. Jenis ini banyak digunakan dalam industri yang melibatkan pengukuran aliran gas dan uap.

Baca Juga: MENGENAL GAS NITROGEN & MANFAATNYA

Akurasi Pressure Transmitter

Keakuratan pressure transmitter telah meningkat secara substansial dari waktu ke waktu. Akurasi terdiri dari parameter perangkat yang berbeda termasuk linearitas, histeresis, dan pengulanganKetiga hal tersebut merupakan fitur terpenting dari segala jenis pressure transmitter terlepas dari jenis instrumentasi dan aplikasi yang digunakannya. Sering kali, pabrikan menggabungkan semua parameter ini.

Harga dan Keuntungan Menggunakan Pressure Transmitter

Dari berbagai sumber, harga pressure transmitter sangatlah bervariasi. Harga paling murah dibandrol seharga Rp. 1.800.000, harga rata-rata sekitar Rp. 10.000.00, dan harga paling mahal yang ditemukan adalah Rp. 21.000.000.

Dengan varian harga tersebut terdapat sejumlah keuntungan utama dari penggunaan pressure transmitter. Pertama, alat ini mengukur tidak hanya tingkat tekanan tetapi juga perbedaan tekanan. Alat ini juga sangat tahan lama, mampu bertahan di hampir semua lingkungan dan, jika perlu, dapat terendam seluruhnya. Alat ini juga dapat dihubungkan ke sistem lain, seperti sirkuit listrik.

Anda dapat menemukan semua jenis pressure transmitter di PT. Pabolak Arta Utama yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat dengan.  Perusahaan tersebut jual pressure transmitter dengan harga terjangkau dan berbagai produk industri lainnya seperti: Control Valve CVS, Ball Valve, Chemical Pump, Saffety Valve, Calibration Instrument, dan Instrumentation Supply. Perusahaan tersebut juga menyediakan layanan Instalation lnstrument, Perakitan Rekayasa Matering Gas, dan beberapa layanan lainnya.

Author

Enable Notifications OK No thanks