Indonetwork,  Bahan Bangunan – Berbicara tentang kawat bronjong, bagi pekerja konstruksi rumahan maupun jalan tentu tidak lepas dari toko material yang jual kawat bronjong dengan berbagai ukuran, jenis,dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Simak penjelasan dibawah ini mengenai cara pembuatan, pemasangan, harga dan ukuran dari kawat bronjong yang umum dipasaran!

Apa Itu Kawat Bronjong?

Kawat bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilas dengan dilapisi oleh galvanis. Biasanya kawat ini juga dikenal dengan nama lain gabion yang merupakan anyaman berbentuk kubus atau balok seperti sangkar yang diisi dengan batu-batu berukuran besar, tanah, pasir, hingga beton. Kawat bronjong termasuk bahan konstruksi yang umum digunakan karena memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dan fungsi yang beragam. 

Pengaplikasian kawat bronjong sendiri biasanya digunakan untuk teknik sipil, lansekap, aplikasi militer, pembangunan jalan, membantu mencegah erosi pada pemasangan tebing-tebing, di tepi sungai atau di sekitar jembatan,bahkan saat ini penggunaan kawat bronjong banyak diaplikasikan untuk desain interior maupun tambahan pada furniture. Perlu Anda ketahui bahwa ketahanan kawat bronjong ini juga diukur dari jenis dan ketebalan kawat yang Anda gunakan.

Cara Pembuatan Kawat Bronjong

Cara Pembuatan Kawat Bronjong

Jika dilihat secara kasat mata, pembuatan kawat bronjong tentu sangat mudah sekali, apalagi jika Anda merupakan ahli bangunan. Pembuatan kawat bronjong saat ini bukan saja berbentuk hexagonal melainkan bentuk lain sesuai selera konsumen dan biasanya berbagai bentuk ini dilakukan untuk dekorasi hunian atau cafe. Nah, perlu diketahui bahwa pembuatan kawat bronjong ini terbagi menjadi dua jenis pengerjaan, yaitu:

1. Teknik Manual

Kawat bronjong yang digunakan dengan cara manual biasanya dibuat oleh tukang yang memiliki keahlian tinggi dalam pembuatan kawat bronjong. Hasilnya memang kurang maksimal jika dibandingkan dengan pembuatan mesin, namun untuk kualitas biasanya tidak selalu menghasilkan produk yang sama seperti proses mesin dan untuk harganya tentu yang dibuat dengan cara manual akan relatif lebih murah.

2.  Teknik Mesin

Proses besi bronjong menggunakan mesin biasanya diperuntukkan pada produk yang dijual dipasaran, karena jenis ini tentu telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Biasanya jual kawat bronjong yang diproduksi menggunakan mesin bukan lagi diletakkan sebagai dekorasi melainkan untuk kepentingan penahan longsor atau pondasi yang cukup serius.

Baca juga: 6 KEGUNAAN KAWAT BRONJONG SEBAGAI GABION RUMAH

Pemasangan Kawat Bronjong

Jika Anda telah membeli keperluan kawat bronjong dan diletakkan pada area yang diinginkan, maka setelah itu kawat dimasukkan batu satu persatu. Batu yang digunakan untuk mengisi kawat bronjong memiliki persyaratan yaitu harus sama atau lebih besar dari lubang kawat bronjong. Pasalnya jika batunya lebih kecil, kawat bronjong tersebut tidak akan mampu mengunci dengan kuat. Batu – batu tersebut juga harus disusun dengan rapi. Pastikan tidak ada celah yang tersisa karena dapat menimbulkan kelonggaran dan menyebabkan kekuatan kawat bronjong menjadi berkurang.

Unit modular ini diproduksi dan dikirim dengan bentuk datar, kemudian saat di tempat pemasangan bronjong dirakit dan diisi dengan material di lokasi kerja. Anyaman kawat baja ini dibuat dengan teknik lilitan ganda, banyak lilitan disesuaikan dengan jenis ukuran yang Anda pilih. Lilitan tersebut akan membentuk lubang-lubang berbentuk segi enam / hexagonal. Anyaman ini diikat secara kuat di antara sisi-sisinya sehingga tidak mudah terurai.

Harga dan Ukuran Kawat Bronjong

Kawat bronjong memiliki beragam dua jenis bahan seperti galvani dan PVC, selain itu juga terdapat beragam ukuran yang dijual dipasaran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kawat ini adalah kawat baja lunak dengan galvanis tebal dengan toleransi sekitar 4-5% dan tensile strength atau kuat tarikan 41 – 53 Kgf/mm2 sesuai dengan Standar Inggris dan Standar Nasional Indonesia. 

Harga dan Ukuran Kawat Bronjong

Tentu saja setiap pabrik tidak memiliki spesifikasi ukuran yang sama persis, akan tetapi dengan adanya standarisasi SNI, kawat bronjong di produksi tidak jauh dari standar yang telah ditetapkan. Berikut dibawah ini harga serta ukuran dari kawat bronjong yang paling sering dicari konsumen: 

Ukuran Kawat Bronjong Galvanis

Ukuran Diameter Ukuran Lubang RAM

Harga Kisaran

2 x 1 x 0,5 m 2,7 8 x 10 Rp 315.000
3 x 1 x 0,5 m 2,7 15 x 17 Rp 230.000
4 x 1 x 0,5 m 3,4 15 x 17 Rp 280.000
5 x 1 x 0,5 m 2,7 25 x 25 Rp 190.000
6 x 1 x 0,5 m 3,4 25 x 25 Rp 230.000

 

Ukuran Kawat Bronjong PVC

Ukuran Lubang RAM

Harga Kisaran

2 x 1 x 0,5 m 8 x 10 Rp 569.000
2 x 1 x 0,5 m 8 x 10 Rp 780.000
3 x 1,5 x 0,5 m 8 x 10 Rp 1.065.000
2 x 1 x 1 m 8 x 10 Rp 762.000
2 x 1 x 1 m 8 x 10 Rp 1.100.000
4 x 1,5 x 1 m 8 x 10 Rp 1.435.000

Baca juga: KELEBIHAN & KEKURANGAN KAWAT BRONJONG TERBARU

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai ukuran dan kisaran harga kawat bronjong yang paling dicari di toko material. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang akan mencari material ini untuk kebutuhan konstruksi.

Masalah harga tentu dapat berubah sewaktu-waktu sama seperti material kawat atau besi lainnya. Sebelum membeli produk sebaiknya survey kebutuhan dan harga yang terdapat pada toko material terdekat, akan tetapi untuk penyediaan jual kawat bronjong dengan volume pembelian yang besar, Anda dapat mempercayai CV. Dua Putra Petir yang telah berpengalaman dibidang supplier besi,kawat hingga perlengkapan bahan konstruksi lainnya.

Tunggu apa lagi, hubungi  CV. Dua Putra Petir sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik dengan kualitas terbaik.


Author

%d bloggers like this: