Bahan Bangunan . Indonetwork – Supaya anggaran pembangunan Anda tidak membengkak, mengetahui harga GRC per lembar sangat penting. Apalagi harga material bangunan itu cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.

Jika Anda ingin mendapatkan material yang sangat bagus, memilih GRC adalah pilihan yang tepat. Menggunakan material kayu akan membuatnya cepat lapuk, sementara gypsum sangat rentan terhadap benturan.

Apa itu Papan GRC?

GRC (Glass-fiber Reinforced Cement) merupakan papan yang terbuat khusus dari material fiberglass ringan. Sehingga papan ini tidak akan mudah lapuk dan tahan terhadap kelembaban udara.

Banyak orang yang menggunakan material ini untuk plafon, panel dinding, sekat ruangan, dan sebagainya. Bahkan sekarang ini banyak eksterior rumah yang menggunakan papan GRC dan hasilnya sangat estetik.

Kelebihan Papan GRC

Banyak orang yang ragu untuk membeli papan GRC karena harganya yang sangat murah. Perbandingan harga grc dan triplek atau papan memang tidak terlalu jauh, tapi papan GRC lebih diunggulkan dari sisi kualitas.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh GRC dibandingkan material lainnya.

1. Tahan Lama

Karakteristik dari papan GRC ini adalah tahan lama. Jenis papan ini sangat tahan terhadap serangan rayap, jamur, dan api. Sehingga tingkat ketahanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan papan kayu yang mudah kena rayap dan keropos.

2. Harga Lebih Bersahabat

Papan GRC dijual dengan harga yang lebih bersahabat ketimbang papan gypsum dan kayu. Sehingga jika Anda ingin membuat partisi rumah seperti plafon, memilih papan GRC merupakan pilihan yang tepat. Papan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget yang terbatas.

3. Kedap Suara

Karakteristik dari papan GRC yaitu kedap suara. Jadi jika Anda ingin menggunakan papan GRC sebagai panel dinding di kantor, sekolah, atau pabrik sangatlah tepat. 

4. Proses Pemasangan yang Mudah

Anda tidak butuh waktu lama untuk proses pemasangannya. Karena pemasangan papan GRC sangat mudah, sehingga bisa selesai dalam waktu cepat.

5. Material Aman

Papan GRC terbuat dari material yang aman yang tidak beracun serta tidak mengandung asbestos. Material papan GRC yang sangat kuat membuatnya juga sangat tahan terhadap benturan dan tahan air. Sehingga sangat cocok jika ingin dijadikan plafon rumah.

Baca juga: Daftar Harga Paving Block Per Meter dari Berbagai Jenisnya

Kekurangan Papan GRC

Semua material memang tidak ada yang sempurna. Meskipun lebih unggul dari kayu dan gypsum, papan GRC tetap memiliki kekurangannya. Setelah mengetahui kekurangannya ini, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk menggunakannya.

1. Perlu Alat Khusus

Papan GRC tidak bisa dipotong dengan alat potong pada umumnya, sehingga Anda memerlukan peralatan khusus. Anda bisa menggunakan gerindra untuk memotongnya dan lat ini cukup sulit untuk ditemukan.

Tapi sebagian besar orang yang bekerja di bidang konstruksi bangunan memiliki alat ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan masalah pemotong. Tapi lain lagi ceritanya jika Anda ingin memasang papan GRC seorang diri.

2. GRC Custom Mahal

Jika Anda ingin membuat GRC Custom, harga yang ditawarkannya tergolong cukup tinggi. Tapi untuk GRC model biasa, harganya sangat terjangkau. Untuk masalah ini Anda bisa sesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Daftar Harga GRC Per Lembar 2021

Banyak merek papan GRC yang tersedia di pasaran seperti Aplus, Super Panel, Versaboard, dan GRC Board. Setiap merk juga akan menawarkan ketebalan yang berbeda-beda. 

Anda juga bisa menyesuaikan tebal GRC untuk plafon, dinding, maupun kebutuhan lainnya. Untuk ukuran papan GRC standarnya adalah 1220 x 2440 mm.  Berikut ini adalah daftar harga papan GRC yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Harga GRC Super Panel

Papan GRC Super Panel menawarkan ketebalan 9mm, 12mm, 15mm, dan 20mm. Papan GRC dengan ketebalan 9mm dijual dengan harga sekitar Rp170 ribuan, 12 mm Rp230 ribuan, 15mm sekitar Rp300 ribuan, dan 20mm sekitar Rp500 ribuan.

2. Harga GRC Aplus

Aplus menawarkan papan GRC dengan ketebalan mulai dari 3.5mm, 6mm, 8mm, 10mm, dan 15mm. Ketebalan 3.5mm dijual dengan harga sekitar Rp45 ribu, 6mm sekitar Rp85 ribu, 8mm sekitar Rp130 ribu, 10mm sekitar Rp160 ribu, dan 15mm sekitar Rp280 ribu.

3. Harga GRC Versaboard

Merk papan GRC ini hanya menawarkan tiga ketebalan saja yaitu 4mm, 6mm, dan 9mm. Ketebalan 4mm dijual sekitar Rp60 ribu, 6mm sekitar Rp100 ribu, dan 9mm sekitar Rp140 ribu.

4. Harga GRC Board

Merk GRC Board menawarkan ketebalan 4mm, 6mm, 8mm, dan 10mm. Ketebalan 4mm dijual sekitar Rp65 ribu, 6mm Rp110 ribu, 8mm sekitar Rp150 ribu, dan 10mm sekitar Rp200 ribu.

Rekomendasi beli papan GRC terbaik disini.

Jual GRC

Perlu diperhatikan bahwa harga GRC motif kayu dan motif lainnya kemungkinan akan lebih mahal lagi karena termasuk custom. Harga yang kami cantumkan di atas adalah harga pada umumnya.

Cetak GRC Kaligrafi untuk masjid disini.

Demikianlah daftar harga GRC per lembar yang bisa dijadikan referensi untuk Anda Anda yang ingin membelinya. Harga di atas mungkin saja akan lebih tinggi atau lebih rendah. Di setiap tahunnya harga tersebut juga mungkin saja akan mengalami kenaikan.