Paving Block adalah salah satu material konstruksi bangunan yang biasa dipakai sebagai pelapis jalan. Harga dari material ini tergolong lebih bersahabat dibandingkan jenis lainnya. Harga paving block per meter sangat beragam tergantung dari jenisnya.

Sebelumnya perlu Anda ketahui juga bahwa harga paving block ini selalu melonjak setiap tahunnya. Sehingga mengetahui harga paving block juga sangat penting untuk Anda yang ingin membuat pelapis jalan.

Jenis Paving Block

Paving block memiliki beragam variasi mulai dari bata, segi enam, trihex, cacing, rumput, sampai uskup. Untuk mengetahui jenis paving block yang banyak digunakan di pasaran bisa Anda lihat ulasan kami di bawah ini.

1. Paving Block Bata

Jenis paving block yang satu ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Alasan kenapa banyak orang membeli jenis paving block bata yaitu harganya yang lebih bersahabat.

Tak hanya itu, bentuknya yang persegi panjang balok membuatnya sangat mudah untuk dipasang ke berbagai konstruksi bangunan. Sehingga tidak perlu waktu lama untuk memasangnya.

Untuk membeli Paving Block bata bisa dilakukan disini.

2. Paving Block Trihex

Jika menginginkan lantai halaman rumah yang lebih estetis, menggunakan paving block trihex merupakan pilihan yang sangat tepat. Dibandingkan paving block bata, bentuk trihex ini lebih banyak memiliki nilai estetikanya.

Tak heran jika jenis paving block segitiga ini juga lebih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun mempunyai bentuk yang unik, tapi cara pemasangannya juga sangat mudah dan tidak memakan waktu banyak.

Untuk membeli Paving Block trihex bisa dilakukan disini.

3. Paving Block Heksagonal

Jenis paving block ini memiliki bentuk segi enam dengan ukuran 20 x 20 cm di setiap sisinya. Berbeda dengan dua jenis paving block sebelumnya, paving block heksagonal ini mempunyai ketebalan yang tinggi yaitu mencapai 10 cm.

Baca juga: 7 Jenis Pipa Besi yang Banyak Digunakan Untuk Berbagai Industri

4. Paving Block Rumput

Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan paving block ini untuk melapisi halaman rumah supaya berumput. Popularitasnya hampir sama seperti paving block trihex karena memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

Dengan menggunakan paving block ini, halaman rumah Anda akan terlihat lebih indah dan enak dipandang. Tapi Anda perlu melakukan perawatan dalam jangka waktu tertentu supaya rumputnya tetap terlihat bagus.

5. Paving Block Cacing

Sesuai dengan namanya, paving block ini memiliki bentuk seperti cacing dengan ukuran 11 x 12 cm. Jenis paving block ini memiliki ketebalan yang berbeda-beda mulai dari 6 cm hingga 10 cm.

Untuk membeli Paving Block cacing bisa dilakukan disini.

6. Paving Block uskup

Jenis paving block yang umumnya ada di pasaran adalah Uskup. Paving block ini mempunyai ukuran 30 x 21 cm dan memiliki bentuk yang sangat unik. Jenis paving block ini juga mempunyai ketahanan yang tinggi, sehingga akan awet ketika digunakan nanti.

Daftar Harga Paving Block

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa paving block ini terbagi kedalam tiga kategori selain dilihat dari bentuknya di atas. Ketiga kategori tersebut adalah Paving Block K300, K400, dan K500.

Pembagian kategori ini didasarkan pada ketahanan produknya sendiri. Semakin tinggi nilai K, semakin kuat dan tahan lama paving block tersebut. Jadi jangan heran jika paving block K500 akan lebih mahal dari K400 dan K300.

Berikut ini adalah Daftar harga paving block yang kami lansir dari Asiacon.co.id pada 19 April 2021.

Paving Block K300 Per Meter

  • Bata harganya berkisar Rp100-Rp170 ribu, 
  • Segi Enam dijual seharga Rp125 – Rp135 ribu, 
  • Trihex berkisar Rp125 – Rp135 ribu, 
  • Cacing Rp125 – Rp135 ribu,
  • Tahu Rp135 – Rp145 ribu,
  • Ubin Full Rp135 – Rp145 ribu,
  • Ubin Set Rp135 ribu, dan
  • Topi uskup Rp30 – Rp33 ribu per meter kubik.

Paving Block K400 Per Meter Kubik

  • Bata Rp125 – Rp195 ribu,
  • Hexagon Rp135 – Rp150 ribu,
  • Trihex Rp135 – Rp150 ribu, dan
  • Cacing Rp135 – Rp150 ribu.

Paving Block K500

  • Bata 6 cm Rp140 ribu,
  • Bata 8 cm Rp160 ribu, dan
  • Bata 10 cm Rp215 ribu.

Tips Beli Paving Block

Harga paving block per pcs memang bervariatif dan akan semakin mahal jika ingin memperoleh kualitas yang terbaik. Jadi kalau untuk masalah kualitas, sebaiknya sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

Untuk jenisnya sendiri, Anda bisa sesuaikan dengan selera. Jika halaman rumah Anda ingin terlihat lebih estetik, gunakan paving block trihex, heksagonal, dan rumput. 

Akan tetapi paving bentuk segi enam lebih banyak digunakan untuk saat ini. Harga paving block segi enam per buah lebih bersahabat dibandingkan paving block trihex dan heksagonal.

Tapi jika hanya sekedar untuk melapisi halaman saja menggunakan paving block saja sudah cukup. Harganya jauh lebih terjangkau dan pemasangannya akan lebih cepat.

PAVING BLOCK

Demikianlah daftar harga paving block per meter yang bisa Anda jadikan referensi ketika akan melapisi halaman. Pastikan untuk memilih paving block yang sudah berstandar SNI seperti sudah dijelaskan di atas supaya berkualitas.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N