Kegiatan sehari-hari selama 24 jam, menghasilkan berbagai macam limbah dengan berbagai zat-zat di dalamnya. Ada limbah yang dapat diolah kembali hingga dapat digunakan kembali dan ada limbah yang tidak dapat digunakan kembali.

Untuk menetralisir zat-zat berbahaya di dalam limbah, diperlukan teknologi yang bisa mengolah dan mematikan bakteri berbahaya agar limbah yang terbuang ke lingkungan tidak membahayakan makhluk hidup dan membuat masalah kesehatan.

Salah satu teknologi untuk mengolah limbah yakni IPAL. IPAL juga terdiri dari beberapa macam seperti IPAL sederhana, IPAL klinik, IPAL komunal, dan lain sebagainya. IPAL sederhana merupakan salah satu alat pengolahan limbah yang bisa diterapkan untuk menyaring air selokan pada lingkungan sekitar rumah.

Air yang keluar dari IPAL sederhana ini nantinya dapat digunakan kembali untuk aktivitas-aktivitas di luar konsumsi. Dengan begitu, ini akan menghemat beberapa anggaran biaya desa yang mungkin diperuntukkan sebagai penyiram tanaman.

Manfaat Pembuatan IPAL Sederhana

Cara Membuat IPAL Sederhana
Sumber: Google

Melalui penggunaan IPAL sederhana, terdapat berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan. Tidak hanya untuk lingkungan, tapi untuk masyarakat yang mendiami suatu lingkungan tersebut.

Air Limbah Menjadi Bersih

Air limbah yang sudah masuk dalam proses pengolahan IPAL, sudah tentu akan keluar menjadi air bersih yang bisa digunakan kembali.

Ekosistem Menjadi Nyaman

Dengan membuat air limbah menjadi lebih bersih, maka ekosistem yang terdapat pada lingkungan tersebut dapat tumbuh lebih baik dan menjadikan lingkungan lebih sehat.

Air Limbah Dapat digunakan Kembali

Proses pengolahan IPAL yang menjadikan air limbah menjadi bersih, membuat air ini bisa digunakan kembali seperti untuk menyiram tanaman, menyiram halaman, dan lain sebagainya. Akan tetapi, air hasil olahan IPAL tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Pembuatan IPAL

Cara Membuat IPAL Sederhana

Cara Membuat IPAL Sederhana
Sumber: Google

Terdapat berbagai macam IPAL sederhana yang digunakan untuk mengolah air limbah sisa hasil kegiatan sehari-hari agar dapat digunakan kembali dan lebih ramah lingkungan. Salah satu IPAL sederhana yang bisa dibuat secara mandiri adalah IPAL celup.

Untuk membuat IPAL celup, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Paralon 10-15 cm sebanyak 3 buah
  2. Keni (untuk menghubungkan paralon) sebanyak 3 buah
  3. Filter dari tutup paralon yang sudah dilubangi
  4. Batu bata ringan atau coral, sedotan plastik yang kaku
  5. Serabut kelapa atau paranet.
  6. Pembatas yang sudah dilubangi sesuai dengan ukuran lingkar paralon 10-15 cm. Dapat dibuat dari tutup bekas cat yang berbahan plastik.

Berikut beberapa tahapan pembuatan IPAL sederhana.

Buatlah Filter Pertama IPAL

Untuk membuat filter pertama IPAL, Anda perlu menggabungkan filter dari tutup paralon yang sudah dilubangi dengan paralon yang berukuran 10-15 cm. Setelah itu, masukkan batu bata ringan ke dalamnya. Akhiri dengan memasukkan pembatas yang sudah dilubangi.

Baca juga: IPAL Klinik: Cara Membuat dan Tahapan Pengolahan

Bagian Kedua IPAL

Pasangkan keni pada filter pertama IPAL. Setelah itu, sambungkan keni dengan paralon 10-15 cm. Masukkan sedotan kaku ke dalamnya dan akhiri dengan memasukkan pembatas yang sudah dilubangi.

Bagian Ketiga IPAL

Pasangkan keni pada bagian sebelumnya. Setelah itu, sambungkan keni dengan paralon 10-15 cm. Masukkan paranet atau serabut kelapa ke dalamnya. Kemudian tutup bagian atas dengan paralon T.

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah yang tertulis di atas merupakan saluran pertama dari IPAL sederhana. Anda bisa membuat 2 saluran untuk mengolah air limbah selokan agar dapat digunakan kembali.

Jika Anda menggunakan 2 saluran, Anda bisa menghubungkan keduanya dengan paralon T. nantinya, Anda akan memiliki dua sisi lubang paralon yang masih terbuka. Tutup salah satu sisinya dengan tutup paralon dan pasang sisi lainnya dengan paralon yang bisa Anda sesuaikan dengan tinggi air selokan di mana Anda memasang IPAL sederhana ini.

Paralon itu nantinya bisa langsung Anda hubungkan dengan pipa atau paralon panjang dan membuat sumber air atau memasang kran pada beberapa titik yang diinginkan.

Air yang masuk melalui saluran IPAL sederhana tersebut akan menghasilkan air bersih yang bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman atau halaman. Meskipun mengeluarkan air bersih, air ini tidak tetap tidak dapat dikonsumsi.

Baca juga: Cara Pembuatan IPAL Komunal

Rekomendasi Jasa Pembuatan IPAL Sederhana

Terdapat berbagai produsen yang menjual peralatan untuk membangun IPAL serta menyediakan jasa pembuatan IPAL. Salah satunya yakni PT. Global Inti Fibertech.

PT. Global Inti Fibertech adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan IPAL seperti jasa instalasi IPAL rumah sakit, klinik, komunal, industry dan puskesmas.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk tangki IPAL, septic tank biotech, toilet portable, atap transparan, tangki air fiberglass, talang air fiberglass, dan masih banyak lagi. Produk-produk yang dijual oleh PT. Global Inti Fibertech bergaransi dan terjamin mutu serta kualitasnya, karena tidak memakai bahan recycle.

Untuk mendapatkan produk maupun layanan jasa disediakan, Anda bisa langsung menghubungi melalui kontak yang tersedia atau langsung menuju ke website PT. Global Inti Fibertech.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Author

Enable Notifications OK No thanks