Indonetwork, BudidayaBeberapa orang mungkin nampak asing bila mendengar istilah mist maker. 

Mist maker adalah suatu alat yang bisa menghasilkan embun atau uap yang tidak panas ataupun dingin. Selain digunakan pada akuarium dan menjaga kelembaban pada sarang walet, mist maker juga dapat digunakan sebagai penghasil aroma terapi. Anda hanya perlu memberikan cairan aroma terapi ke dalam air.

Mist maker juga memiliki berbagai jenis yang dibedakan dari jumlah matanya, mulai dari 1-12 mata yang tentu saja memiliki kegunaan yang sama namun dengan hasil yang lebih memuaskan.

Berikut artikel ini akan membahas prinsip mist maker dan kegunaannya beserta daftar harganya. 

Prinsip Mist Maker 

mist maker burung walet
Sumber: Unsplash

Prinsip kerja mist maker adalah berdasarkan prinsip yang menghasilkan osilasi yang dapat menyebabkan air berubah menjadi tetesan kecil yang menguap menjadi awan seperti kabut. 

Akibatnya, pada getaran positif, gelombang tekanan tinggi akan memaksa air kavitasi melalui permukaan air sebagai kabut yang sangat halus sehingga mudah diserap ke dalam aliran udara. Itulah cara kerja mist maker secara sederhana.

Kegunaan Mist Maker

Seperti yang sudah diketahui, mist maker merupakan alat yang dapat mengubah air biasa menjadi awan kabut seperti dinginnya es yang biasa terlihat pada biang es. Alat ini bekerja menggunakan proses atomisasi ultrasonik yang mengubah air menjadi kabut. 

Kegunaan mist maker biasanya untuk membuat kabut sebagai hiasan atau pengatur kelembaban. Kelembaban yang dapat diatur seperti pada sarang walet dan lain lainnya. 

Baca Juga: Tips Memilih Ampli Burung Walet

Harga Jual Mist Maker

mist maker 10 mata harga
Sumber: Tokopedia

Mist maker memiliki mata yang berbeda mulai dari 1-12 mata, oleh karena itu harga mist maker beraneka ragam sesuai dengan jumlah matanya. 

Berikut ini daftar harga mist maker.

1. Harga Mist Maker 1 Mata

1 Paket Mist machine, Termasuk Mist Machine dan Adaptor: 12 LED Mist Maker, 17 mm Mist Generated Disk, 450ml/hour Mist Generated, Power Adaptor (Input AC 220V-240V, Output 24V, 800mA)

Harga: Rp135.000 kurang lebih tergantung spesifikasi yang tersedia.

2. Harga Mist Maker 3 Mata

Kelebihan mist maker 3 mata: Lebih tahan lama dan awet, daya lebih hemat hanya 50W, ukuran mini hasil maksimal

Kelengkapan: Mist Maker mesin kabut 3 mata, adaptor AC220V

Harga: Rp450.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

3. Harga Mist Maker 4 Mata

Kelebihan mist maker 4 mata 20 mm: Lebih tahan lama dan awet, daya lebih hemat hanya 50W, ukuran mini hasil maksimal, dan menggunakan adaptor besar

Kelengkapan: Mist Maker mesin kabut 4 mata 20 mm, adaptor AC220V

Harga: Rp Rp625.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

Baca Juga: Penggunaan Mist Maker Dalam Budidaya Burung Walet

4. Harga Mist Maker 5 Mata

Kelengkapan Mist Maker 5 Mata: Mata mist maker 20 mm, membran mesin kabut, dan kunci Khusus utk membuka Tutup Membran pada Mesin Pembuat Kabut (Mist Maker)

Harga: Rp 100.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

5. Harga Mist Maker 6 Mata

Kelebihan mist maker 6 mata: lebih tahan lama dan awet, aya lebih hemat hanya 50W, ukuran mini hasil maksimal, dan menggunakan adaptor besar

Kelengkapan: mist Maker mesin kabut 6 mata, adaptor AC220V

Harga: Rp 850.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

6. Harga Mist Maker 10 Mata

Spesifikasi produk mist maker 10 mata: Size: 254 x 90 x 30mm, Mist output: 3500-5000 ML/H, Input Voltage: DC 48V, Input Current: 4 – 5A, belum termasuk adaptor 48V

Type: Ultrasonic Humidifier

Humidity control: Manual

Seharga: Rp1.425.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

7. Harga Mist Maker 12 Mata

Spesifikasi produk mist maker 12 mata: Mist maker 12 mata + adaptor waterproof, Adaptor / power supply 400W 48V, Input 175-265 VAC, Output DC 48V 8.4A

Harga: Rp 2.300.000 tergantung spesifikasi yang tersedia. 

Beli Mist Maker Murah Di CV. Karunia Walet 

Itulah informasi mengenai mist maker. Jika Anda tertarik untuk beli mist maker, Anda dapat mendapatkannya di Karunia Walet. Selain jual mist maker karunia walet juga menyediakan Perlengkapan Gedung Walet yang paling lengkap dan berkualitas. 

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks