Indonetwork, Bahan Kimia – Bagi Anda pengusaha di Bidang Industri Olahan Makanan Kemasan pastinya tidak asing dengan butylated hydroxytoluene atau lebih akrab dikenal dengan sebutan BHT. Produsen jual BHT food grade biasa memasarkan produknya untuk digunakan pada makanan olahan dalam kemasan sehingga  dapat menjaga kualitas produk dari kerusakan dan menjadikan produk dapat disimpan dengan jangka waktu yang lama. BHT terbukti dapat menjaga nutrisi, bau, rasa, dan warna agar tidak rusak dan berubah. Makanan yang  biasa menggunakan BHT  adalah makanan kemasan seperti sereal, biscuit, permen atau keripik dan masih banyak lagi.

Apa itu BHT Food Grade?

BHT adalah senyawa kimia sintetis yang biasanya berbentuk bubuk dan berwarna putih, lebih jauh lagi  BHT memiliki karakteristik yang sama dengan vitamin E, sehingga sifatnya pun sama  yaitu sebagai antioksidan. Produk olahan makanan membutuhkan antioksidan untuk mencegah kerusakan karena biasanya makanan olahan yang dikemas seperti keripik dan serial memiliki lemak didalamnya, lemak ini mengalami reaksi oksidasi yang menyebabkan makanan mengalami kerusakan dan menimbulkan bau makanan berubah menjadi bau tengik, tekstur tidak renyah dan rasa berubah tidak sesuai seharusnya.

BHT Food Grade
Sumber: Thegoodhuman.com

Cara Kerja BHT Food Grade

BHT sebagai antioksidan, yang berarti  BHT dapat melindungi senyawa lain dari efek merusak paparan oksigen. BHT memiliki karakteristik yang sama dengan vitamin E, yang juga merupakan antioksidan. Maka dari itu bahan ini dapat digunakan juga sebagai pengawet makanan yang dapat  menjaga kualitas rasa, warna, dan bau dari makanan.

Baca Juga: PENGGUNAAN BHT FOOD GRADE DALAM MAKANAN KEMASAN

Apakah BHT halal dan aman untuk dgunakan dalam makanan?

Tidak ditemukan bahan yang bersifat haram dalam komposisi BHT sebagai senyawa kimia sintesis sehingga diputuskan bahwa mengkonsumsi makanan olahan kemasan mengandung bahan BHT itu halal dan diperbolehkan. Dalam tingkat keamanan untuk kesehatan dapat kita lihat pendapat dari Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) yang menganggap BHT aman digunakan dalam makanan olahan. Beberapa pakar kesehatan juga mengatakan bahwa penggunaan BHT pada makanan kemasan tidak merusak nutrisi yang ada pada makanan itu sendiri, sehingga aman dikonsumsi, kemudian dari Pemerintah Indonesia tidak melarang peredaran BHT. BHT aman dikonsumsi namun pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula dengan penggunaan BHT pada makanan, para pakar kesehatan merekomendasikan penggunaan BHT food grade pada makanan harus sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.

Jual Pengawet Makanan
Sumber: Yummymummyclub.ca

Produk-produk  Industri yang menggunakan BHT

  1. Produk Makanan: Makanan Olahan yang biasa menggunakan BHT adalah sereal, keju, mentega, keripik, roti dan masih banyak lagi.
  2. Produk Kecantikan : BHT pada bidang kecantikan biasa ditemukan di bedak wajah, sabun mandi, sabun pencuci muka, pewangi badan dan masih banyak lagi.
  3. Produk Industri : Industri yang menggunakan BHT tidak hanya terbatas pada produk olahan makanan saja tetapi industri lain seperti karet, minyak goreng juga menggunakan BHT.
  4. Produk Kesehatan : BHT dalam bidang kesehatan sedang dilakukan pengembangan atau penelitian sebagai obat.

Baca Juga : FAKTA MINYAK GORENG HARGA DAN KESEHATAN

Profil Perusahaan Jual BHT Food Grade Terpercaya

Dapatkan berbagai kebutuhan produksi Anda di PT. Iniko Karya Persada yang juga jual BHT food grade. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini tidak perlu diragukan lagi dalam menjamin kualitas yang ditawarkan dengan harga produk yang kompetitif. Tidak hanya terpercaya dalam menyediakan produk yang berkualitas tetapi PT.Iniko Karya Persada  juga sudah dipercaya banyak konsumen untuk melakukan distributor karena pengiriman yang dilakukan tepat waktu. Hal ini telah dibuktikan dengan keberhasilan PT. Iniko Karya Persada  memasok ke banyak pelanggan secara nasional tak hanya wilayah Jabodetabek, tetapi mencakup wilayah lain seperti Bandung,Semarang, Surabaya, dan Medan.

Selain BHT, PT.Iniko Karya Persada juga menyediakan produk lain yang Anda butuhkan dalam melakukan usaha seperti:

1. POLYSORBATE 80 EX EROPA

Senyawa sintetik yang merupakan surfaktan dan emulsifier nonionik yang berasal dari sorbitan dan asam oleat polietoksilat, berupa cairan kuning yang kental dan larut dalam air. Memiliki banyak kegunaan, yaitu:

– Makanan; sebagai pengemulsi, misalnya untuk membuat es krim lebih halus. Senyawa ini juga memberikan tekstur yang lebih kencang sehingga menahan bentuknya saat meleleh dan tidak cepat cair

– Kecantikan; untuk sabun dan kosmetik, termasuk obat tetes mata, hingga obat kumur

– Kesehatan; untuk menstabilkan formulasi obat, sebagai eksipien dalam vaksin influenza, atau juga granulasi untuk stabilitas obat

– Laboratorium; sebagai tes untuk mengidentifikasi fenotipe strain atau isolat

2. Hydrogen Peroxide (H2O2) Samator

Bahan kimia yang berbentuk cairan bening, tidak berwarna.Penggunaan untuk bahan pemutih dan sebagai water treatment limbah.

3. Versene NA2 Crystal

Bahan pengkelat kelas makanan yang secara kimiawi mengikat dan membuat ion logam tidak aktif seperti besi, tembaga, dan seng. Bahan ini berfungsi untuk meningkatkan warna, rasa, kejernihan, umur simpan, dan kandungan vitamin dari makanan dan minuman serta aplikasi perawatan pribadi. Ethylenediaminetetraacetic (EDTA) biasa digunakan dalam industri medis, kosmetik, dan makanan.

Masih banyak lagi produk yang ditawarkan PT. Iniko Karya Persada. Jangan ragu dan tunggu lama lagi, segera hubungi dan lakukan pemesanan ke PT.Iniko Karya Persada dan dapatkan informasi lebih lengkap.

TEMUKAN JUGA BERBAGAI KEBUTUHAN BAHAN KIMIA LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Author

Enable Notifications OK No thanks