Indonetwork, Konsultan dan LayananBagi sebagian orang, membersihkan rumah adalah hal yang penting karena kondisi rumah yang bersih akan membuat lingkungan nyaman untuk ditinggali. Sebaliknya, jika rumah kotor dan berantakan akan membuat pemilik rumah dengan mudah terserang penyakit karena banyak kotoran dan kuman yang bersarang. 

Maka dari itu menjaga kebersihan rumah cukup pening, namun jika seseorang memiliki kesibukan tentu saja tidak memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan rumah secara menyeluruh. Akan tetapi jangan khawatir kini sudah banyak penyedia jasa cleaning service. 

Cleaning service sendiri merupakan jasa yang diberikan oleh agen untuk bertugas membersihkan ruangan kantor, apartemen, atau tempat–tempat umum. Namun apakah Anda tahu jika ternyata ada banyak jenis yang ditawarkan oleh jasa cleaning service. Berikut ini pembahasan mengenai jenis layanan yang dimiliki oleh cleaning service.

Jenis-Jenis Layanan Cleaning Service

Penyedia jasa cleaning service rumah tidak hanya menyediakan satu layanan saja, ada beberapa jenisnya seperti sebagai berikut. 

1. Home cleaning

jasa cleaning service home cleaning
Sumber: Unsplash

Pertama adalah jasa home cleaning. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis layanan yang satu ini, bukan? Jika Anda menggunakan jasa home cleaning jenis ini, maka tempat tinggal Anda akan dibersihkan secara menyeluruh dan detail, bahkan hingga area yang sulit dijangkau. Sehingga, rumah Anda akan menjadi bersih dan terasa nyaman.

Layanan home cleaning jenis ini mencakup:

  • Membersihkan atap, plafon, dinding, tangga, pagar, railing, kap-kap lampu, jendela, kaca, wallpaper,
  • Membersihkan lantai dan karpet,
  • Membersihkan toilet, meja wastafel, closet, urinoir, lantai dan dinding toilet,
  • Merawat taman (menyiram, menggemburkan tanah, rutin memberi pupuk, memberantas hama),dan
  • Membersihkan furnitur rumah bahkan yang membutuhkan perlakuan khusus guci, sofa, dan lain sebagainya

Biasanya, layanan jenis ini akan memakan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk 1 ruang agar proses pengerjaan bisa menyeluruh dan bersih.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Rumah Saat Musim Hujan

2. Commercial Cleaning

jasa cleaning service commercial cleaning
Sumber; Unsplash

Selanjutnya ada layanan Commercial Cleaning. Jenis layanan yang satu ini biasanya dikhususkan untuk membersihkan area komersial seperti perkantoran, hotel, restoran, sekolah, dan sebagainya. Jenis layanan ini merupakan jenis yang paling sering dicari karena hemat biaya dan efisien waktu bagi para pengusaha.

3. General Cleaning

layanan cleaning service bathroom cleaning
Sumber: Pexels

Jenis general cleaning adalah layanan yang biasa digunakan pada suatu waktu tertentu, misalnya saat ingin membersihkan gedung usai pernikahan atau saat ingin membersihkan satu area rumah tertentu seperti kamar mandi. Oleh karena itu jenis layanan ini hanya digunakan saat dibutuhkan saja.

Harga untuk menggunakan jasa general cleaning pun cukup terjangkau, mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

4. Specialized Cleaning

layanan cleaning service membersihkan mobil
Sumber: Unsplash

Jenis satu ini berbeda dengan general cleaning. Specialized cleaning membutuhkan keterampilan dan pembersih khusus untuk membersihkan material tertentu. seperti membersihkan interior mobil, keramik, tempat tidur, sofa, hiasan/pajangan rumah, karpet, kaca, dan sebagainya.

5. Perawatan Taman

pembersihan taman
Sumber: Pexels

Jenis jasa perawatan taman ini menyediakan jasa seperti pemotongan tanaman, pemupukan dan penyiraman, pemangkasan tanaman perdu dan rumput, pembentukan pohon, penggantian pohon yg rusak/mati dan lain-lain.

Jenis layanan ini cocok bagi Anda yang memiliki taman di teras rumah atau gedung perkantoran dan ingin membuatnya terlihat rapi serta terawat.

Rekomendasi perusahaan cleaning service

Demikian informasi mengenai jenis layanan yang ditawarkan jasa cleaning service, semoga dapat membantu Anda yang sedang ini mencari layanan cleaning service. Jika Anda sedang membutuhkan layanan atau rekomendasi perusahaan cleaning service terpercaya, Anda bisa menghubungi PT. Indonesia Bersih Rapi. 

Indonesia Bersih Rapi merupakan perusahaan yang melayani jasa cleaning service untuk berbagai perumahan yang membutuhkan kemudahan dalam menjalankan kebutuhan aktivitas rumah, khususnya dalam hal kebersihan. Selain harga yang ditawarkan terjangkau, Indonesia Bersih Rapi juga melayani permintaan hingga ke wilayah seluruh Indonesia. Meskipun Anda tinggal di luar Jakarta. Anda dapat melakukan pemesanan melalui telepon, website, atau pesan WhatsApp.

Penulis: Najmia Chaerunnisa
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks