Indonetwork, Konsultan dan Layanan – Berencana ingin memperbaiki rumah dalam waktu dekat? Biasanya, renovasi rumah dibutuhkan saat terdapat bagian rumah yang rusak sehingga harus diperbaiki. Selain itu, saat sewa rumah lama atau saat hendak menjualnya pun terkadang butuh dipugar ulang.

Tidak hanya soal anggaran, penggunaan jasa renovasi rumah juga menjadi salah satu aspek penting yang perlu dipikirkan. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu atau cukup skill untuk ikut terjun langsung dalam proses renovasi rumah.

Ada banyak pihak yang menyediakan jasa renovasi rumah, oleh karena itu Anda perlu cermat dalam memilihnya. Karena tidak jarang dijumpai jasa renovasi yang “nakal” dan merugikan. Nah, berikut tips memilih jasa renovasi rumah yang harus Anda ketahui.

Lihat portofolio yang sudah dikerjakan

tips memilih jasa renovasi rumah
Sumber: Pexels/ThisIsEngineering

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Portofolio sangat penting di setiap proyek manapun, termasuk pembangunan atau renovasi rumah. Portofolio biasanya memuat nama klien, jenis perbaikan, waktu, lokasi, hingga skala proyek yang pernah dikerjakan.

Adanya portofolio akan memudahkan Anda dalam melihat lebih awal bagaimana kinerja layanan mereka. Sekaligus melihat apakah desain dan proyek yang dikerjakan sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

Apabila memungkinkan, Anda dapat mengontak klien yang pernah bekerja sama dengan jasa renovasi incaran. Tanyakan bagaimana testimoninya, mulai dari cara kerja, penggunaan material, hingga daya tahan hasil perbaikannya.

Perhatikan status lisensi dan garansi

Layanan usaha yang terpercaya tidak hanya memiliki portofolio saja, melainkan status lisensinya, sehingga kelayakan usaha dapat dipastikan. Pihak yang menerbitkan lisensi untuk jasa renovasi rumah yakni Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Lalu, selain lisensi, akan lebih bagus jika mereka juga menawarkan garansi. Bagaimanapun, setelah selesai pengerjaan, mereka tidak bisa begitu saja lepas tanggung jawab. Dengan adanya garansi dapat mengantisipasi apabila ada kerusakan dalam kurun waktu tertentu setelah perbaikan.

Biasanya, pihak renovasi rumah berlisensi memiliki berbagai jalur komunikasi yang mudah untuk calon klien. Baik dihubungi melalui telepon customer service, chat box di website, maupun datang langsung ke kantornya.

Baca Juga: TIPS DAN INSPIRASI RENOVASI RUMAH MURAH MERIAH DAN NYAMAN

Bandingkan dengan beberapa jasa renovasi rumah

Disarankan untuk mengontak beberapa jasa renovasi rumah agar bisa mendapat lebih banyak referensi. Tentunya, setiap jasa renovasi memiliki layanan, fitur, keunggulan, serta kekurangan masing-masing. Jadi, Anda bisa membandingkannya.

Pastikan jasa renovasi yang dipilih memiliki visi dan misi sama dengan Anda. Lalu, sebelum memutuskan, pastikan pula pertanyaan berikut memiliki jawaban yang positif dan jelas.

  • Seberapa responsif mereka ketika ditanya?
  • Apakah memiliki customer service?
  • Berapa anggaran yang diajukan mereka untuk renovasi?
  • Berapa lama waktu pengerjaannya?

Mintalah untuk mensurvei dulu 

tips memilih jasa renovasi rumah
Sumber: Pexels/Mikael Blomkvist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jangan ragu untuk meminta mereka meninjau langsung kondisi rumah Anda sebelum dieksekusi. Hal ini ditujukan agar mereka mendapat gambaran lebih detail area dan bagian yang harus diperbaiki. Sangat memungkinkan Anda berdiskusi lebih jelas terkait material, desain, hingga metode yang akan digunakan.

Umumnya, tahap ini tidak dipungut biaya jika jarak tempuhnya dekat. Namun, Anda perlu menyediakan ongkos transportasi bila jasa renovasi yang dipilih jauh atau berasal dari luar kota.

Baca dengan teliti proposal denah dan RAB

Setelah survei, Anda akan menerima rancangan denah atau area yang akan direnovasi beserta Rancangan Anggaran Belanja (RAB) secara mendetail. Beberapa jasa renovasi rumah memberlakukan biaya tertentu yang apabila denah dan RAB tidak disepakati, maka uang tidak akan kembali. Namun, ada pula yang menggratiskan pembuatan rancangan denah dan RAB.

Oleh karena itu, Anda perlu teliti dalam meninjau proposal denah dan RAB yang diajukan. Mulai dari

  • total biaya renovasi;
  • kesesuaian struktur denah;
  • alternatif solusi apabila ada bagian yang tidak bisa diubah tapi perlu diperbaiki;
  • transparansi material bangunan yang akan digunakan;
  • apakah kontraktor bisa fleksibel menyesuaikan RAB dengan anggaran yang ada.

Pastikan kontrak kerjanya jelas

Setelah Anda yakin dan setuju dengan proposal dan RAB yang ditawarkan, selanjutnya Anda akan menerima kontrak kerja. Jika ternyata mereka tidak membuatnya, usahakan untuk memintanya.

Keberadaan kontrak kerja sangat penting dalam setiap bentuk kerja sama. Tentunya, hal ini berguna apabila ada permasalahan yang muncul saat proses pengerjaan berlangsung. Beberapa hal yang harus termuat dalam kontrak kerja, yaitu

  • jam kerja;
  • tarif harga yang disepakati;
  • metode pembayaran;
  • hak dan kewajiban;
  • konsekuensi jika salah satu pihak melanggar perjanjian, hingga
  • masa retensi atau berlakunya garansi.

Baca Juga: JASA DAN LINGKUP KERJA KONTRAKTOR BANGUNAN SIPIL

Sepakati ketentuan pembayaran dengan jelas

Terakhir, bicarakan mengenai bagaimana sistem pembayarannya. Apakah memberi opsi cicilan atau harus kontan. Bila ada down payment (DP) maka besarannya biasanya berkisar 20 hingga 30 persen dari anggaran. Pembayaran selanjutnya dilakukan ketika pengerjaan renovasi telah berjalan 50 persen. Barulah pelunasan dilakukan di akhir tahap renovasi.

Rekomendasi Jasa Renovasi Rumah Surabaya

Bagi Anda yang tinggal di Surabaya, sedang mencari jasa renovasi rumah terpercaya dan profesional dapat menghubungi CV. Focus Mandiri Perdana. Mereka telah berdiri sejak tahun 2014 dan berlokasi di Jl. Manyar Tirtoasri I No. 4, 60117, Kota Surabaya. Selama bertahun-tahun CV. Focus Mandiri Perdana telah berpengalaman menangani berbagai proyek pembangunan, mulai dari renovasi kantor, kontraktor sipil, desain interior dan eksterior, konstruksi baja, mekanikal elektrikal, perpipaan, dan masih banyak lagi. Bekerja dengan berpegang pada asas manfaat yang optimal bagi Pengguna Jasa, tentunya Anda bisa mengandalkan CV. Focus Mandiri untuk kebutuhan konstruksi dan perbaikan.

Enable Notifications OK No thanks