Indonetwork, Konsultan dan Layanan – Saat ini pembangunan fasilitas umum sedang gencar-gencarnya. Hal ini dipengaruhi oleh tuntutan kebutuhan dari kurangnya sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sehingga, salah satu pendorong dari pembangunan fasilitas umum ini merupakan kebijakan yang wajib dijalankan oleh pemerintah.

Pembuatan fasilitas umum sangat membutuhkan peran dari kontraktor bangunan sipil agar proses pembangunan akan lebih terarah dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk lebih jelasnya, artikel di bawah ini akan mengulas tentang hal-hal seputar kontraktor bangunan sipil.

Gambaran Umum Kontraktor Bangunan Sipil

person writing on white paper

Menurut bahasa, kontraktor berasal dari istilah “kontrak” yang memiliki arti surat kesepakatan atau perjanjian. Tetapi secara umum, kontraktor diartikan sebagai tenaga profesional yang memberikan layanan serta keterampilan kepada perorangan, perusahaan, atau juga negara dalam waktu tertentu.

Pengertian kontraktor secara luas yaitu suatu pekerjaan yang tugas-tugasnya dituntaskan berdasarkan biaya, waktu, serta hal-hal lain sesuai kontrak atau kesepakatan. Di samping itu, dalam dunia properti, kontraktor diartikan sebagai pihak yang bertanggung jawab dari keseluruhan atau sebagian pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

Kontraktor bangunan sipil sendiri merupakan badan hukum atau perorangan yang disewa oleh seseorang yang hendak melakukan proyek konstruksi atau lainnya. Proyek ini dikerjakan melalui kontrak atau perjanjian yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yakni pihak kontraktor dan penyewa. Selain itu, proyek dari kontraktor sipil dibatasi oleh bagian pekerjaan yang dilaksanakan seperti waktu, biaya, dan juga penyelesaian sebuah proyek.

Proyek yang dikerjakan umumnya bersifat umum dan dapat digunakan oleh masyarakat luas, sehingga ada kata-kata sipil di belakangnya.

Baca juga: KONSTRUKSI BAJA GEDUNG: JENIS-JENIS DAN KELEBIHAN

Jasa-jasa yang Ditawarkan Kontraktor Bangunan Sipil

jasa kontraktor sipil

Menurut Canadian Home Builders Association (CHBA), Anda perlu memeriksa calon kontraktor secara menyeluruh sebelum memutuskan siapa yang akan dipekerjakan. Walaupun Anda mendapatkan referensi positif dari teman atau orang terpercaya, periksa juga reputasi kontraktor dan pahami layanan yang dapat dikerjakan oleh kontraktor tersebut.

Secara umum jasa kontraktor bangunan sipil menyediakan layanan desain, bangunan dan material, serta renovasi atau remodelling. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

1. Jasa desain

Setelah berdiskusi dengan pemilik proyek dan melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan dibuat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan bujet pemilik proyek.

2. Bangunan dan Material

Pada tahap ini, kontraktor bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, kontraktor akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran proyek.

3. Renovasi atau Remodelling

Pada tahap ini, kontraktor akan melakukan renovasi atau remodeling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

Ruang Lingkup Pekerjaan Kontraktor Bangunan Sipil

peran kontraktor sipil

Kontraktor Sipil umumnya berbeda dengan kontraktor rumah pada umumnya. Pekerjaan mereka umumnya lebih banyak berkecimpung dalam hal membangun infrastruktur dan fasilitas umum.

Tujuan pembangunan fasilitas umum adalah untuk memudahkan akses masyarakat guna meningkatkan sistem perekonomian secara umum. Selain itu dapat meningkatkan kualitas Kesehatan dan penanggulangan permasalahan yang kerap terjadi di kawasan maju dan sedang berkembang.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

1. Infrastruktur Jalan

Jalan raya, tol dan sebagainya merupakan penunjang peningkatan sistem perekonomian sebuah daerah. Akses ini biasanya ditunjang dengan standar pembangunan kualitas jalan yang baik, dan biasanya dibangun oleh kontraktor sipil profesional dan berpengalaman.

Selain membangun, kontraktor sipil biasanya juga mengerjakan proses perawatan. Memperbaiki jalan berlubang dan infrastruktur penunjang lain, seperti saluran pembuangan untuk memperlancar akses jalan dan sebagainya.

2. Jalur Perkeretaapian

Selain membangun akses jalur darat, kontraktor sipil juga bekerja membangun jalur perkeretaapian. Proses ini juga termasuk pengerjaan perawatan pasca proses pembangunan.

3. Jalur Udara

Jalur udara meliputi pembangunan bandara termasuk fasilitas di dalamnya. Seperti pembangunan fasilitas bandara, landasan, dan infrastruktur penunjang lain. Termasuk di dalamnya perawatan saat terjadi kerusakan.

4. Pelabuhan

Di jalur laut, pekerjaan kontraktor sipil juga membangun Pelabuhan, termasuk fasilitas dermaga dan sebagainya. Proses pengerjaan meliputi membangun, pemeliharaan dan perawatan jika terjadi kerusakan di kemudian hari.

5. Fasilitas Jembatan

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur penting perekonomian yang juga dibangun berkat kerja kontraktor sipil. Seperti jalan raya, pekerjaan ini juga meliputi proses perawatan. Pembangunan fasilitas yang lain juga meliputi jalan layang, terowongan atau jalan bawah tanah, dan sejenisnya.

6. Saluran Perpipaan Kota

Banjir merupakan masalah musiman yang terjadi di perkotaan, akibat pesatnya pembangunan dan perekonomian. Saluran drainase sangat dibutuhkan untuk membuang kelebihan air akibat curah hujan dengan intensif tinggi. 

Proses pembangunan ini juga termasuk penanggulangan bencana, dengan membangun bendungan jika dibutuhkan. Termasuk pengerukan sungai yang keruh dan sejenisnya merupakan tugas yang biasa dikerjakan oleh kontraktor sipil.

7. Peremajaan Bangunan

Tak hanya membangun, kontraktor sipil juga melakukan tugas peremajaan bangunan atau gedung. Tahap awal proses ini biasanya dilakukan dengan aktivitas penghancuran bangunan lama.

Baca juga: INSPIRASI GAYA ARSITEKTUR BANGUNAN RUMAH HUNIAN

Rekomendasi Kontraktor Bangunan Sipil

PT. Triputra Jaya Makmur merupakan perusahaan kontraktor bangunan sipil yang sudah didirikan sejak tahun 2001 sehingga sudah memiliki pengalaman yang panjang dalam melayani pelanggannya. Perusahaan ini memiliki filosofi “Right and Loyalty is Our Business”. Selain menyediakan jasa konstruksi, perusahaan ini juga bergerak pada bidang perdagangan besi dan baja maupun bahan konstruksi lainnya yang sudah berstandar SNI. Segera hubungi PT. Triputra Jaya Makmur untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik.

TEMUKAN BERBAGAI LAYANAN DAN JASA PROFESIONAL DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: