Indonetwork, Featured – Ketika melakukan pekerjaan di kantor, tentu Anda membutuhkan sarana yang dapat menunjang proses kerja. Untuk menunjang proses kerja ini, dibutuhkan alat tulis kantor atau ATK yang sangat umum ditemukan seperti pulpen, buku, kertas, kalkulator, hingga mesin seperti printer. 

Alat tulis kantor atau ATK merupakan sarana penunjang yang memiliki peran penting pada berjalannya fungsi administrasi perusahaan. Oleh karena itu, untuk dapat menunjang dengan baik, diperlukan ATK yang berkualitas. Meskipun saat ini pekerjaan ditunjang dengan penggunaan mesin seperti komputer, tidak menghilangkan fungsi ATK dalam aktivitas bekerja di kantor.

Baca juga: 7 IDE MERCHANDISE UNTUK KLIEN PERUSAHAAN ATAU KARYAWAN BARU

Jenis Alat Tulis Kantor (ATK)

Terdapat berbagai jenis alat tulis kantor yang digunakan untuk menunjang pekerjaan dan administrasi perusahaan. Berikut ini adalah jenis ATK  atau alat tulis kantor Malang yang dapat Anda jumpai, diantaranya:

1. Alat Tulis

Alat tulis pulpen

Alat ini digunakan untuk kebutuhan menulis catatan, tanda tangan, atau menandai suatu tulisan. Mulai dari pensil, pulpen, dan spidol biasa digunakan di kantor. Pensil biasanya digunakan untuk membuat tulisan atau coretan sementara yang dapat dihapus. 

Lalu pulpen merupakan mata pena yang dilengkapi dengan kantong tinta untuk menulis diatas kertas. Spidol memiliki prinsip yang sama dimana membutuhkan tinta yang membuat tulisan yang dihasilkan permanen. Terdapat berbagai jenis pulpen yang memiliki harga sesuai dengan kualitasnya.

2. Kertas

kertas

Meskipun perkembangan dunia digital, hal ini tidak menggeser penggunaan kertas untuk melampirkan dokumen penting. Kertas digunakan untuk menjadi media cetak dokumen penting, surat, laporan, dan lain sebagainya. Terdapat berbagai jenis kertas yang dapat Anda jumpai, seperti kertas foto, kertas HVS, art paper, karton, dan masih banyak lagi.

3. Buku

buku

Buku merupakan kumpulan kertas yang disusun menjadi satu sehingga mudah untuk digunakan dan dibawa kemana saja. Penggunaan buku cukup penting, dimana dapat menyimpan catatan tanpa tercecer. Tidak hanya untuk mencatat, beberapa jenis buku juga digunakan sebagai tanda bukti suatu pembayaran. Misalnya, seperti buku kwitansi, buku nota, buku kas, buku surat jalan, dan masih banyak lagi.

4. File Organizer

file organizer

Alat pengelola file atau file organizer merupakan salah satu ATK yang cukup penting. Alat ini digunakan untuk menyimpan dokumen penting agar terlindung dari air, debu, dan faktor lain yang dapat menyebabkan kertas dokumen robek atau kotor. File organizer ini terdiri dari map, box file, binder clip, dan lainnya. 

5. Peralatan Umum

alat kantor

Jenis peralatan umum ini terdiri dari alat-alat yang berperan penting untuk memudahkan pekerjaan di kantor. Peralatan ini dapat menunjang pekerjaan kantor agar lebih efisien dibandingkan dengan tangan. Berikut ini adalah ATK yang termasuk dalam kategori peralatan umum, diantaranya:

  • Penjepit kertas, atau paper clip merupakan perlengkapan kantor yang berguna untuk menyatukan lembaran kertas untuk sementara. Alat ini berukuran kecil sehingga mudah dilepas serta memiliki warna yang beragam. Terdapat juga jenis binder-clip dengan daya jepit yang lebih kuat.
  • Stabilo, alat ini berfungsi untuk meng-highlight kalimat yang ada pada tulisan di suatu dokumen, buku, atau catatan lainnya. Stabilo memiliki warna terang yang bervariasi agar dapat terlihat dan mudah ditemukan.
  • Sticky Notes, untuk membuat catatan kecil dan cepat Anda dapat menggunakan alat ini. Sticky notes berukuran kecil dan mudah diletakkan di area yang mudah terlihat, terutama dengan warna kertas warna-warni.
  • Stapler, digunakan untuk menyatukan kertas-kertas menjadi satu secara permanen. Alat ini memiliki isi berupa besi berbentuk huruf “U” yang dijepit untuk menyatukan kertas suatu dokumen.
  • Perforator, alat ini digunakan untuk melubangi kertas dokumen yang akan diarsipkan pada sebuah file organizer.
  • Tipe-X dan correction tape, digunakan untuk menghapus tulisan permanen yang dihasilkan oleh tinta. Tipe-x memiliki tekstur cair, sedangkan correction tape memiliki bentuk lembaran tipis yang dapat menempel pada permukaan kertas yang akan dihapus.
  • Kalkulator, berfungsi untuk membantu pekerjaan menghitung cepat dengan jumlah yang banyak. 

Jenis Alat Kantor Digital

alat kantor digital

Perkembangan era digital saat ini mempengaruhi berbagai hal, salah satunya adalah alat kantor yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Alat-alat ini digunakan untuk membuat pekerjaan kantor lebih efisien dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Berikut ini adalah alat kantor yang digunakan pada era digital saat ini, diantaranya:

1. Flashdisk dan Memory Card

Kedua alat ini digunakan untuk menyimpan data-data secara digital dari komputer. Selain itu, alat ini dapat memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya dengan mudah. Ukuranya yang kecil, membuat flashdisk dan memory card mudah dibawa kemana saja dan digunakan.

2. Printer

Printer merupakan sebuah mesin digital yang digunakan untuk mencetak dokumen atau foto di kertas. Untuk dapat mencetak tulisan atau foto, printer membutuhkan tinta berwarna. Dengan adanya alat ini dapat memudahkan pekerjaan agar tidak perlu menulis atau menggambar ulang. Terdapat berbagai jenis printer mulai dari berukuran kecil yang digunakan di kantor  maupun ukuran besar yang digunakan oleh jasa percetakan  produk digital printing.

3. Mesin Fotocopy 

Alat ini memiliki peran penting dalam menunjang pekerjaan di kantor. Mesin fotocopy digunakan untuk menggandakan suatu dokumen dalam waktu yang cepat dan mudah.

Baca juga: 5 FUNGSI ID CARD UNTUK KARYAWAN KANTORAN

Penyedia Kebutuhan Alat Tulis Kantor

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membuat hadirnya berbagai jenis alat yang memudahkan pekerjaan manusia. Meskipun begitu, banyak orang yang masih menggunakan alat-alat manual karena dapat sudah terbiasa digunakan sejak lama, salah satunya adalah alat tulis kantor. 

Alat tulis kantor digunakan karena mudah dalam penggunaannya dan praktis untuk dibawa kemana saja, seperti pulpen, pensil, buku, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika alat penunjang pekerjaan ini masih digunakan dan dicari oleh banyak orang. Salah satu penyedia kebutuhan alat tulis kantor berkualitas adalah Toko Agung Mas yang berlokasi di Malang. Disini Anda dapat menemukan berbagai jenis ATK dan ATS yang berkualitas dengan harga terjangkau.

 


Author

%d bloggers like this: